Kenapa Laptop Windows 10 Sangat Lemot bin Lambat? Ini Jawaban Pastinya!!

Menggunakan laptop sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, khususnya bagi mereka yang memiliki tugas perkantoran seperti membuat dokumen, membuat laporan akutansi, dan lain sebagainya.

Kendala yang cukup sering mengganggu bagi orang yang menggunakan komputer dalam aktivitas pekerjaan mereka adalah saat mendapati loading laptop mereka sangat lemot.

Saat ini sebagian besar pengguna laptop di berbagai negara, termasuk di Indonesia menggunakan operating system (OS) Windows 10. Masalah yang dihadapi sejumlah pengguna adalah loading laptop Windows 10 sangat lemot bin lambat.

Kenapa laptop Windows 10 ini sangat lemot?


Kenapa Laptop Windows 10 Sangat Lemot bin Lambat
Gambar ilustrasi laptop Windows 10 lemot

Dalam artikel Teknoget ini kita akan membedah penyebab nyata dibalik lambatnya loading komputer Windows 10 yang secara umum dialami oleh banyak pengguna, entah itu yang menggunakan PC desktop maupun perangkat laptop.

Penyebab Windows 10 sangat lambat di laptop dan PC desktop menjadi keluhan tersendiri, namun dalam kebanyakan kasus, ini lebih dominan pada perangkat laptop karena saat ini tidak sedikit laptop yang beredar di pasar memiliki specs yang cukup buruk (rendah) namun "dipaksa" mengaplikasikan OS Windows 10.

Tahukah Anda bahwa dibalik fiturnya yang lebih lengkap, Windows 10 itu membutuhkan resources atau sumberdaya yang besar. Jadi, Anda bisa menilai sendiri seperti apa nantinya jika Windows 10 yang buuh sumberdaya besar tersebut diterapkan pada laptop dengan spesifikasi RAM 2gb, CPU Clockspeed 1.1 Ghz - sudah pasti laptop ngadat akan kalian jumpai setiap hari.

Berikut ini realitas dari penyebab laptop Windows 10 lemot yang adalah sangat penting bagi Anda untuk memilih laptop dengan specs terlihat "wajar" saat ingin membeli laptop baru jika tidak ingin dibuat jengkel akibat laptop Anda sering hang saat dioperasikan.

1. Windows 10 Berat


Hal pertama yang menyebabkan laptop dengan OS Windows 10 sangat lambat adalah karena Windows 10 ini membutuhkan sumberdaya tinggi. Jadi, saat spesifikasi laptop Anda pas-pasan, maka dapat dipastikan laptop Anda akan sering macet - bukan hanya lemot.

Artikel yang Relevan:


2. CPU Clockspeed Rendah


Banyak sekali type laptop yang dijual di pasaran hanya dibekali CPU clockspeed 1.1Ghz. Untuk brand, ada Asus, Lenovo, dan lain sebagainya.

Untuk Anda ketahui, CPU clockspeed 1.1Ghz itu jauh dari cukup. Anda tidak perlu membuka program berat untuk membuat lapto Anda lemot dengan CPU clockspeed 1.1Ghz, bahkan untuk membuka program ringan pun laptop Anda akan kehabisan sumberdaya CPU yang pada akhirnya laptop terasa seperti ogah berjalan.

3. Windows 10 Auto Update


Update otomatis sebenarnya memberikan dua dampak. Pertama, bagus untuk mengatasi file system yang corrupt. Kedua, akan menyebabkan laptop lambat karena pada saat terjadi auto update tersebut sumberdaya akan banyak teralokasikan.

Saat terjadi auto update Windows 10, sederhananya bisa dibilang 50% dari sumberdaya lapto Anda akan hilang karena teralokasikan untuk keperluan tersebut. Alhasil, laptop menjadi sangat lambat.

4. Terdapat File System yang Rusak


Saat laptop Anda memiliki file system yang telah rusak, maka laptop akan memperlihatkan penurunan performa, khususnya dalam hal kecepatan.

Indikasi ada masalah dengan system komputer Anda sangat banyak, misalkan mouse sering berkedip-kedip, komputer sering tiba-tiba macet, copy-paste tidak fungsi, dan lain sebagainya.

5. Antivirus Windows Aktif


Windows 10 dilengkapi program security bawaan yang secara default akan aktif dan berjalan secara otomatis saat komputer dihidupkan.

Bagusnya, program security ini akan membuat komputer Anda terlindungi dari ancaman virus dan malware. Tidak bagusnya, program security real-time protecting tersebut akan menguras sumberdaya RAM dan juga CPU.

Tonton video tutorial mengatasi laptop Windows 10 lemot berikut ini:


Artikel Rekomendasi:


Konklusi Untuk yang Mengalami Laptop Windows 10 Lambat


Dari uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa jika dipersentase - 90% penyebab laptop Windows 10 lemot adalah dikarenakan sumberdaya yang tidak memadai karena untuk menjalankan Windows 10 itu sejatinya niminal membutuhkan laptop dengan specs RAM 4-6gb dan CPU clockspeed 2Ghz keatas. Ini batas aman jika Anda ingin mengoperasikan laptop Windows 10 secara nyaman.

Oleh karena itu, sangat penting untuk kalian yang baru akan membeli laptop, belilah laptop dengan spesifikasi RAM diatas 4GB dan CPU clockspeed minimal 2Ghz.

Percuma beli lapto baru kalau spesifikasi perangkat tersebut dibawah standar (sebagaimana yang telah digambarkan diatas). Ujung-ujugnya akan mengganggu aktivitas dan produktivitas Anda.
Next Post Previous Post