Cara menghilangkan noda menempel di jok mobil kain

Bagi Anda yang punya mobil dengan jok berbahan kain, hal ini sebenarnya akan membuat Anda harus mau lebih ekstra hati-hati karena jok dengan bahan kain jika ada noda yang menempel akan sedikit sulit untuk menghilangkannya.

Joka dengan bahan kulit lebih mudah dibersihkan. Berbeda halnya dengan jok mobil yang terbuat atau dibalut kain. Jika terdapat noda membandel yang terlanjut menempel, maka Anda membutuhkan langkah-langkah khusus untuk menghilangkan noda tersebut.

Ada beberapa penyebab yang membuat jok mobil ditempeli noda yang sulit dihilangkan apabila menggunakan jok berbahan kain, misalkan karena ada tumpahan air minum, sisa makanan basah, hingga kotoran tertentu yang sifatnya basah.

cara membersihkan jok mobil kain

Cara membersihkan jok mobil kain bukannya sebegitu sulitnya, hanya saja prosesnya akan sedikit memakan waktu jika dibandingkan dengan jok yang dibungkus kulit. Nah, dibawah ini kita akan share cara menghilangkan noda di jok mobil berbahan kain yang sulit untuk dibersihkan.

Cara membersihkan jok mobil kain yang menempel

Agar jok berbahan kain yang terdapat noda menempel tersebut bisa dibersihkan secara total, maka Anda perlu membersihkannya secara bertahap. Tujuannya agar setelah dibasuh bukannya bersih, malah menjadi jamuran.

Baca juga: Cara menghilangkan bau amis ikan di Mobil

Berikut ini langkah-langkah untuk membersihkan noda yang menempel di jok mobil dengan bahan kain:

  • Ambil satu bak air.
  • Siapkan deterjen cair.
  • Ambil sikat dengan tekstur yang halus (agar tidak merusak serat kain pada jok).
  • Siapkan juga handuk.
  • Sediakan spon.

Jika sudah disiapkan semua, sekarang:

  1. Masukkan deterjen cair pada air yang ada di bak, lalu aduk sampai deterjen tersebut merata.
  2. Masukkan spon ke air, peras, lalu gosokkan pada noda yang menempel di jok. (jangan terlalu basah).
  3. Jika suah digosok menggunakan spon selama sekitar 1 menit, lanjutkan dengan menyikat jok mobil Anda.
  4. Dalam menyikat, sebaiknya sekiat searah agar serat kain jok mobil tidak rusak.
  5. Apabila sudah, dan dirasa noda sudah hilang, silahkan bersihkan bekasnya menggunakan handuk.
  6. Sampai disini, apabila Anda punya hair drayer, silahkan gunakan hair drayer untuk membersihkan sisa air yang menempel di jok. Jika tidak punya hair drayer, usahakan untuk membersihkan sisa air secara sabar dengan handuk.
  7. Agar nantinya sisa air tidak menjamur, usahakan untuk membuat kabin mobil Anda menjadi panas - misalkan dengan parkir mobil di area terbuka.

Nah itulah cara membersihkan noda di jok mobil kain. Anda bisa mempraktekkannya sekarang. Dan untuk diketahui, setelah Anda melakukan langkah-langkah diatas, biasanya akan muncul bercak-bercak, untuk menghilangkannya secara total, lakukan pembersihkan selama beberapa kali. 

Tips menghindari noda menempel di jok mobil

Jika sudah terlanjut ada noda yang menempel, tentunya tidak mudah untuk membersihkannya, terlebih jika jok mobil Anda dibalut kain. Berikut ini beberapa tips menghindari noda yang sulit dibersihkan di jok mobil:

  • Senantiasa memperhatikan kebersihan mobil, khususnya jika habis digunakan bepergian bersama banyak orang.
  • Jika Anda mendapati ada noda, segera bersihkan sebelum noda tersebut menjadi semakin menempel yang pada akhirnya akan lebih sulit untuk dihilangkan.
  • Apabila mobil Anda menggunakan jok dari bahan kain, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan menggunakan pembungkus jok anti air yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau.
  • Pastikan tidak ada kebocoran pada kabin mobil. Selain membuka peluang untuk terkena jok, hal ini juga dapat menyebabkan aroma kabin mobil menjadi tidak sedap.

 

Penutup

Itulah cara membersihkan noda bandel di mobil jok kain. Anda juga bisa menyimak video dibawah ini apabila kurang puas dengan masukan yang dijabarkan diatas.


Simak juga:

Demikian, semoga berguna, dan selamat mencoba.

Next Post Previous Post