6 Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelepon di HP Android



Apakah layar ponsel Android Anda mati secara otomatis selama panggilan? Ini bukan kesalahan teknis tetapi sebenarnya ini adalah fitur yang melindungi layar Anda dari sentuhan yang tidak disengaja saat Anda mendekatkan ponsel ke wajah Anda. Tidak ada masalah dengan layar menjadi hitam saat tidak digunakan tetapi masalah muncul saat Anda perlu menggunakan ponsel selama panggilan dan layar tidak menyala kembali.

Biasanya, layar akan menyala secara otomatis setelah ponsel dipindahkan dari wajah Anda. Tetapi jika itu tidak terjadi, maka situasi seperti itu bisa sangat mengganggu karena Anda bahkan tidak dapat memutuskan panggilan. Masalah ini terutama terjadi ketika sensor jarak pada ponsel Android Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena beberapa penghalang.

Pada artikel ini, kita akan membahas semua kemungkinan penyebab yang dapat menyebabkan layar ponsel Android Anda mati saat melakukan panggilan. Bersamaan dengan itu, kami akan memberi Anda solusi untuk setiap masalah. Panduan ini berlaku untuk semua smartphone Android termasuk OnePlus, Xiaomi, Redmi, Mi, Poco, Samsung, dan lainnya.

1. Bersihkan sensor jarak


Cara Mengatasi Layar Mati Saat Menelepon

Ada sensor jarak di setiap perangkat Android yang bertanggung jawab untuk mematikan layar selama panggilan. Sensor ini mendeteksi keberadaan objek di sekitar. Itu terletak di bagian atas ponsel di dekat kamera depan. Ketika ponsel Anda dekat dengan telinga Anda selama panggilan suara , sensor jarak diaktifkan dan membuat layar menjadi hitam untuk mencegah sentuhan yang tidak disengaja pada layar Anda.

Saat tidak ada objek di sekitarnya, layar kembali menyala. Jika tidak berhasil seperti ini, mungkin ada penghalang di depan sensor jarak Anda. Terkadang partikel debu juga bisa menyebabkan masalah ini. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membersihkan sensor jarak dengan kain lembut. Jika Anda telah membeli ponsel baru, pastikan untuk melepas film pelindung transparan yang menutupi layar sentuh.

2. Uji sensor jarak


Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah mengkalibrasi sensor jarak untuk memeriksa apakah berfungsi atau tidak. Ada alat bawaan di sebagian besar ponsel Android yang dapat membantu Anda melakukan ini. Inilah cara Anda dapat melakukan kalibrasi sensor jarak pada ponsel Xiaomi, Redmi, Mi, dan Poco –

  1. Buka aplikasi Setelan dan buka Tentang ponsel > Semua spesifikasi .
  2. Sekarang temukan versi Kernel dan ketuk beberapa kali. Anda akan melihat kotak dialog yang mengatakan bahwa " Anda * selangkah lagi memasuki CIT ".
  3. Ini akan membawa Anda ke layar Tes FQC yang tersembunyi . Di sini Anda akan menemukan berbagai tes untuk perangkat Anda. Temukan Tes sensor jarak dan buka.
  4. Tes sensor jarak
  5. Ketuk tombol Kalibrasi untuk memulai pengujian. Sekarang tutupi sensor jarak dengan tangan Anda dan kemudian jauhkan tangan Anda. Sensor jarak terletak di bagian atas ponsel di dekat kamera. Saat Anda menjauhkan tangan dari perangkat, Anda akan melihat nilainya meningkat dari 0,0. Saat mengkalibrasi, pastikan tidak ada benda apa pun di antara sensor dan tangan Anda (misalnya penutup layar pelindung atau sarung tangan).

Jika Anda tidak dapat menemukan tes sensor jarak dengan langkah-langkah di atas, Anda dapat menggunakan metode lain. Ini berfungsi pada smartphone Samsung. Anda perlu membuka aplikasi Telepon dan mengetik *#0#* pada papan tombol. Ini akan membuka antarmuka tersembunyi di mana Anda akan melihat berbagai tes untuk perangkat Anda.

Temukan sensor Proximity dan jalankan tes untuk memeriksa apakah berfungsi atau tidak. Anda perlu meletakkan tangan Anda di atas sensor jarak pada perangkat Anda dan kemudian mengambilnya. Jika layar menunjukkan bacaan, itu berarti sensor jarak Anda berfungsi dengan baik.

Jika kode USSD juga tidak berfungsi di perangkat Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menguji sensor kedekatan Anda. Salah satu aplikasi tersebut bernama Tes Sensor yang tersedia di Play Store secara gratis.

3. Nonaktifkan sensor jarak


Jika sensor jarak tidak berfungsi di ponsel Android Anda, Anda dapat menonaktifkannya untuk menghentikan layar Anda mati selama panggilan. Inilah cara Anda dapat menonaktifkannya di Redmi, Xiaomi, Mi, atau Poco –

  1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda.
  2. Ketuk opsi Aplikasi .
  3. Selanjutnya, buka Pengaturan aplikasi sistem .
  4. Sekarang temukan dan buka pengaturan Panggilan.
  5. Setelah itu, klik opsi Incoming call settings .
  6. Di sini Anda akan menemukan Sensor jarak . Ini harus diaktifkan secara default. Anda hanya perlu mengetuk tombol sakelar untuk menonaktifkannya. Ini akan menghentikan layar Anda mati saat Anda mendekatkan perangkat ke telinga Anda selama panggilan.

Langkah-langkah di atas dapat bervariasi tergantung pada model ponsel yang Anda miliki dan versi Android yang Anda jalankan saat ini. Jika Anda tidak dapat menemukan sensor jarak dengan langkah-langkah di atas (misalnya, pada smartphone Samsung), Anda dapat mencoba cara lain untuk mengakses pengaturan panggilan di perangkat Anda. Buka aplikasi Telepon dan ketuk tombol menu (tiga titik). Setelah itu, ketuk opsi Pengaturan panggilan. Sekarang Anda akan menemukan tombol sakelar yang mengatakan Matikan layar selama panggilan . Ketuk tombol sakelar untuk menonaktifkan sensor jarak.

Ada cara lain untuk membangunkan layar Anda selama panggilan dengan mengetuk layar dua kali secara manual. Fitur ini dapat menimbulkan konflik dengan sensor jarak pada perangkat Anda. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat menonaktifkan fitur ketuk dua kali. Cukup buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda dan buka Aksesibilitas> Gerakan dan gerakan. Sekarang cari opsi bernama Ketuk dua kali untuk menghidupkan layar. Matikan tombol sakelar dan uji ulang jika sensor jarak Anda berfungsi. Sekali lagi, perhatikan bahwa langkah-langkah ini dapat bervariasi tergantung pada model ponsel dan versi Android Anda.

4. Lepaskan pelindung layar


Anda harus menggunakan pelindung layar atau kaca temper di ponsel Android Anda untuk melindungi tampilan dari kerusakan dan goresan yang tidak disengaja. Pelindung layar dapat menghalangi sensor jarak Anda dan menyebabkannya bertingkah buruk. Jika layar tidak menyala secara otomatis setelah Anda menjauhkan ponsel dari telinga, mungkin penyebabnya adalah pelindung layar Anda. Anda dapat menghapusnya dan kemudian memeriksa apakah masalah layar mati telah teratasi selama panggilan.

5. Lepaskan penutup telepon


Sensor jarak terletak di bagian atas ponsel yang sangat dekat dengan tepi. Jika Anda menggunakan casing ponsel yang menutupi bagian tepi perangkat, casing tersebut dapat menghalangi sensor kedekatan Anda. Lepaskan kasing telepon, lakukan panggilan telepon, dekatkan telepon ke telinga Anda, lepaskan dan kemudian periksa apakah layarnya menyala atau tidak. Jika menyala, Anda sudah mendapatkan solusi untuk masalah Anda. Coba dapatkan casing ponsel baru yang tidak memengaruhi sensor kedekatan Anda.

6. Perbarui perangkat lunak Android Anda


Terkadang bug dan gangguan teknis dalam sistem juga dapat menyebabkan sensor jarak tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ini biasanya terjadi ketika Anda menggunakan perangkat lunak Android yang sudah ketinggalan zaman. Untuk memperbaiki bug dan gangguan ini, cukup perbarui ponsel Android Anda ke perangkat lunak terbaru. Cukup buka aplikasi Pengaturan dan cari opsi Pembaruan perangkat lunak . Anda dapat menemukannya di About phone atau System settings. Sekarang pindai pembaruan perangkat lunak baru. Jika pembaruan baru tersedia, unduh dan instal di ponsel Anda segera. Ini mungkin memperbaiki masalah layar mati selama panggilan.


Previous Post