Cara Mengolah Video TikTok Terbaru 2023

Apakah kalian suka video di TikTok atau sering menonton video melalui aplikasi yang lagi trending ini?

Berikut TEKNOGET hadirkan sebuah ulasan singkat tentang cara mengelolah video TikTok terbaru di tahun 2023 ini.

TikTok dengan cepat muncul sebagai salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan.

Aplikasi ini telah diunduh di lebih dari 154 negara dan memiliki lebih dari 1,534 miliar pengguna, dengan lebih dari 210 juta penginstalan dari Amerika Serikat saja.

Ini adalah favorit di antara mereka yang berusia 19 hingga 29 tahun, yang telah bermigrasi ke internet untuk mencari banyak pengikut dan status berpengaruh.

Saat ini adalah saat yang tepat untuk mulai menggunakan TikTok, dan semua yang Anda butuhkan ada di sana. Ini adalah panduan lengkap tentang Dimensi video TikTok.

Untuk mempermudah Anda, kami telah menjawab semua pertanyaan Anda di posting ini, termasuk format video terbaik untuk TikTok, cara mengonversi video menjadi vertikal dan mengadaptasinya secara online gratis, dan ukuran cerita yang sempurna untuk pesaing jaringan sosial. 

Ukuran Video TikTok Versi Web


video tiktok

TikTok versi online diterbitkan oleh ByteDance pada tahun 2021. Meskipun formatnya lebih besar, edisi online TikTok menyiarkan film dengan cara yang sama seperti versi ponselnya. Namun, ini bukan duplikat yang tepat, dan ada beberapa variasi ukuran video TikTok seperti yang terlihat di bawah ini.

Rasio Aspek Video: Di TikTok, rasio aspek yang ideal adalah 9:16. Video dengan rasio tinggi lebar 1:1 atau 16:9 akan diikuti dengan bilah hitam.

Resolusi Video: 7201280 atau lebih tinggi. Namun, video dengan kualitas lebih tinggi, seperti 4K, akan dikurangi oleh TikTok dan mungkin tidak memberikan efek menonton yang sama seperti rekaman sebenarnya.

Ukuran File: Versi browser TikTok memungkinkan Anda untuk mengunggah file berukuran hingga 1GB dari PC atau Mac Anda.

Format video: WebM, MP4 (H.264) (VP8)

Batas durasi video: TikTok mendukung video yang lebih panjang, meskipun fitur ini belum tersedia di versi online. Di PC, durasi maksimum video adalah tiga menit.

Batasan Ukuran Video TikTok Berdasarkan Versi Aplikasi


Sulit untuk menentukan apakah TikTok memaparkan kita pada video vertikal tunggal atau video vertikal pendek yang mengambil alih TikTok, tetapi itu memengaruhi kebiasaan menonton kita. TikTok membuat video vertikal (atau potret) lebih menarik dengan menampilkannya dalam mode layar penuh. Selain itu, ada kriteria lain untuk memposting video ke aplikasi seluler TikTok. Cobalah mereka sekarang.

Dimensi File: TikTok untuk iOS memungkinkan video berukuran hingga 278,6MB, namun, TikTok untuk ponsel Android hanya mendukung video hingga berukuran 72MB.

Format Video: MP4, MOV (H.264)

Rasio Aspek Video TikTok: Rasio aspek tipikal untuk video TikTok adalah 9:16. Video dengan rasio aspek 1:1 dan 16:9 juga dapat diterima, tetapi tidak akan memenuhi seluruh layar.

Dimensi Video: Untuk hasil yang optimal, video untuk aplikasi TikTok harus berukuran 10801920. TikTok lebih menyukai video vertikal dan akan menambahkan bilah hitam ke video horizontal.

Durasi video maksimum: Aplikasi TikTok saat ini memungkinkan Anda mengunggah film hingga 10 menit dari galeri lokal Anda dan merekam video hingga 3 menit.

Ukuran Video Iklan TikTok: TikTok, seperti YouTube dan Instagram Reels, memungkinkan pengguna mempromosikan bisnis dan produk mereka untuk menghasilkan lebih banyak penayangan, lalu lintas, dan pendapatan. Iklan video TikTok dibagi menjadi dua jenis: Standar dan Umpan Berita, masing-masing dengan serangkaian fiturnya sendiri.

Cara Meningkatkan Ukuran Video TikTok dan Spesifikasi Lainnya


Dengan pemahaman yang begitu jelas tentang format video TikTok yang tersedia, kini Anda dapat menggunakan VideoProc Converter untuk mengubah video Anda dengan tepat. Alat ini mungkin menjadi pendamping ideal Anda jika Anda lebih suka mempublikasikan video melalui aplikasi TikTok atau versi online-nya, berbagi vlog pendek atau film panjang, atau menyiarkan video atau iklan umum di TikTok.

VideoProc Converter adalah aplikasi yang ringkas dan mudah digunakan. Ini menawarkan teknik lengkap untuk dengan mudah mengonversi, mengedit, mengompresi, dan mengubah ukuran video apa pun untuk TikTok, seperti cuplikan acak di iPhone/Android Anda, dan video 4K pada FPS tinggi.

Instal VideoProc Converter untuk freeware di PC Anda. Mulai VideoProc Converter. Pilih "Video" dari UI utama, seret dan lepas file video ke dalamnya, lalu ikuti petunjuk di bawah untuk meminimalkan ukuran video TikTok.

1. Mengubah Ukuran Video TikTok


Pilih "Opsi Codec" dari menu drop-down. Ukuran video dan rasio aspek kemudian dapat disesuaikan. Anda dapat memilih Kustom dalam pilihan resolusi untuk TikTok dan memasukkan 1920×1080 atau menyesuaikan resolusi layar video ke 9:16. Untuk menutup halaman, gunakan tombol "Selesai".

2. Potong Video Melebihi Panjang Maksimum Video TikTok


Pilih "Potong" dari bilah alat teks. Seret bilah hijau untuk mengubah panjang video, lalu pilih "Potong" untuk menghapus detail yang tidak relevan dari video TikTok Anda. Untuk melakukan penyesuaian, pilih tombol "Selesai".

3. Balikkan video TikTok dari horizontal ke vertikal.


Untuk mengubah video lanskap menjadi potret, pilih "Putar" di menu editor, lalu putar ke kiri atau kanan. Selanjutnya, pilih tombol "Selesai". Anda juga dapat melakukan operasi ini dengan pemotong video VideoProc Converter.

4. Kurangi ukuran video yang terlalu besar


Pilih "Opsi Codec" dari submenu. Setel "Hitung Otomatis" ke "Manual", lalu kurangi kecepatan yang diinginkan untuk melihat pengurangan ukuran file yang disarankan. Sebagai gantinya, Anda cukup menyeret penggeser di bawah "Kualitas" ke kiri untuk membuatnya memenuhi ukuran TikTok yang diperlukan.

5. Konversi Video ramah TikTok


Format global dan penyandian untuk video TikTok adalah MP4 H.264. Selanjutnya, pilih folder ekspor dan klik tombol "RUN" untuk mulai mengonversi video. Anda sekarang dapat mempostingnya ke TikTok dan melihat kesesuaiannya dengan layar TikTok.

Cara Membuat Video TikTok Lebih Pendek


Apakah Anda ingin memangkas durasi konten Anda setelah Anda memiliki video yang dipangkas dalam hal ukurannya? Berdasarkan apakah Anda menggunakan klip yang disimpan di aplikasi atau mengunduh video yang disimpan ke ponsel Anda, ada 2 metode terpisah namun sebanding untuk memotong video TikTok.

  • Untuk membuat video baru, luncurkan aplikasi TikTok Anda dan pilih ikon + di bagian bawah layar.
  • Untuk menyimpan video Anda, tekan tombol merah terang, lalu klik tanda centang merah saat Anda selesai merekam.
  • Jika Anda juga ingin memperkecil video, pilih opsi "Sesuaikan Klip" di sisi kanan layar. Anda dapat menyesuaikan klip Anda dengan memindahkan batas merah pada video Anda.
  • Setelah selesai, pilih tombol rekam dan Anda siap melakukannya.


Pengaturan Terbaik Video TikTok Terbaik


Pengaturan video optimal TikTok adalah:

Resolusi: 640640 piksel (rasio aspek 9:16) atau 7201280 piksel (rasio aspek 16:9)

Tingkat: bingkai 30fps atau 60fps

Bitrate: Bitrate adalah 2Mbps.

Format Audio: AAC-LC adalah format audio.

Laju sampel: 44,1 kHz

Saluran: 2 saluran (stereo) dengan kecepatan bit 128kbps

Jadi, berapa durasi dan ukuran video TikTok terbaik? Jika Anda ingin membuat promo atau teaser cepat untuk bisnis atau produk Anda, Anda harus melakukannya dalam waktu singkat hanya 10 detik.

Namun, jika Anda ingin membuat video yang lebih panjang yang menceritakan sebuah narasi atau menampilkan produk Anda secara lebih mendalam, pilihlah durasi hingga 60 detik. Dalam hal ukuran file, targetkan antara 500KB dan 2MB, berdasarkan kualitas video Anda.

Next Post Previous Post