Daftar Oli Motor Matic yang Bagus dan Awet

Punya motor matic mengharuskan Anda untuk memilih oli matic yang bagus dan awet agar tidak ada kendala dengan kendaraan Anda, baik untuk motor matic Yamaha, Honda, atau Suzuki.

Dipasaran telah ada banyak merek oli matic terbaik yang bisa kalian gunakan untuk memenuhi pelumas matic kendaraan Anda agar tetap nyaman saat digunakan.

Tentu saja memilih oli matic berkualitas menjadi prioritas bagi para pemilik motor matic. Selain dengan mempercayakan hal ini ke mekanik, Anda juga bisa mencari referensi dan review oli matic terbaik yang tahan lama.

Pilihan Oli Motor Matic Berkualitas dan Awet

Daftar Oli Motor Matic yang Bagus dan Awet

Sahabat TEKNOGET, berikut ini beberapa pilihan oli motor matic berkualitas yang bisa kalian temukan dengan mudah di sejumlah bengkel motor terdekat.

Daftar merk oli motor matic bagus dibawah ini bisa kalian andalkan untuk membuat kondisi mesin motor matic Anda tetap prima.

1. Oli TOP 1 Action Matic


TOP 1 merupakan salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berpusat di San Mateo, California. TOP 1 Oil sudah memasarkan produk oli mesinnya di Indonesia lebih dari 40 tahun.

Memang banyak pilihan yang direkomendasikan untuk lini produk motor matic. Bagi kamu yang mencari spesifikasi oli full sintetik, produsen ini juga menyediakannya dengan nama produk TOP 1 Evolution Matic.

Sebelumnya memang perlu diketahui bahwa tersedia banyak tipe oli seperti full sintetik, semi sintetik, dan oli mineral. Full sintetik sendiri memang sedikit lebih mahal, namun bisa mencari alternatif dengan oli semi sintetik.

TOP 1 Action Matic merupakan oli mesin motor matic semi sintetik yang direkomendasikan untuk menjaga kinerja motor tetap nyaman sejak pertama kali mesin dihidupkan.

Produk satu ini juga memiliki harga yang terjangkau untuk oli motor matic di kelasnya dengan berbagai teknologi terbaik, antara lain:

  • JASO MA2 Terbaru 2016: Memberikan pengalaman perpindahan transmisi yang lebih halus sesuai dengan standar pelumas motor Jepang.
  • Aditif Anti Karat & Anti Korosi: Menjaga dan merawat kebersihan mesin dengan aditif khusus yang mampu membersihkan, mencegah kotoran, dan membentuk endapan.
  • Smooth Riding: Menghasilkan perlindungan tahan lama dan menyeluruh sehingga kinerja transmisi motor matic menjadi lebih halus serta terawat.


2. Oli TOP 1 Evolution Matic


TOP 1 Evolution Matic salah satu oli yang dapat kamu pertimbangkan sebagai oli mesin motor matic kamu.

Oli Premium dari pabrikan pelumas asal Amerika Serikat ini memiliki spesifikasi Full Sintetis dan memiliki viskositas 10W-40.

Pengalaman memakai oli memberikan saya karakter mesin yang minim getaran dan suara bising. Oli ini juga memberikan performa mesin yang stabil sejak pertama kali dihidupkan hingga suhu mesin dalam kondisi tinggi.

Performa maksimal oli ini saya rasakan hingga 3.500 km, setelah itu secara perlahan motor akan mengalami penurunan performa karena kualitas oli juga menurun.

3. Oli Motul Scooter Expert


Oli ini sangat cocok bagi kamu yang sering menempuh perjalanan lebih dari 50 km setiap harinya.

Pendapat saya mengenai produk dari Motul ini adalah performa maksimal yang diberikan saat mesin mencapai temperatur sedang hingga tinggi.

Saat motor pertama kali dijalankan, saya merasa karakter mesin sedikit kasar. Namun, hal tersebut berubah setelah motor mencapai jarak tertentu dan temperatur mesin meningkat, motor menjadi lebih halus dan responsif.

Saat mencapai suhu tertentu, saya merasakan tenaga optimal pada rpm sedang hingga tinggi dengan oli ini.

Oleh karena itu, saya berpendapat bila oli ini ideal bagi kamu yang rutin menempuh perjalan lebih dari 50 km setiap harinya. Satu lagi, saya melakukan pergantian oli mesin motor matic saya setelah 2,500 km dengan oli Motul Scooter Expert ini. Menandakan produk Motul ini memiliki daya tahan yang cukup baik.
 

4. Oli Buzz


Buzz merupakan salah satu oli premium yang dapat menjadi pilihan kamu yang menginginkan oli berkualitas untuk motor matic kamu.

Catatan penting saya mengenai oli ini adalah durabilitas atau daya tahan oli yang istimewa. Saya menyebut bahwa oli ini ideal bagi pengendara dengan mobilitas tinggi.

Oli ini memberikan mesin suara yang halus dan minim getaran sejak pertama kali dihidupkan hingga saat temperatur mesin tinggi.

Kualitas oli tetap konsisten hingga setelah melewati 2,500 km. Bahkan saat melakukan penggantian oli di 4,000 km. Saat di-tap, warna oli tidak hitam pekat, masih terdapat siluet warna asli oli. Selain itu, volume oli tidak berkurang signifikan.

5. Pertamina Enduro Matic


Pertamina Enduro Matic merupakan oli mesin kedua yang dicoba setelah menggunakan oli SPX 2 bawaan pabrikan Honda.

Memiliki tingkat viskositas 10W-30 yang cukup encer, sehingga sejak pertama kali dihidupkan oli dapat segera mengisi celah-celah terkecil mesin motor.

Kesan saya terhadap oli keluaran Pertamina ini adalah kemampuannya memberikan performa maksimal saat temperatur mesin rendah hingga sedang. Namun, saat mesin dalam temperatur tinggi, saya merasakan penurunan performa yang bertahap.

Selain itu, daya tahan oli motor ini menurut sangat kurang mengingat gaya berkendara saya yang menempuh jarak kurang lebih 50 km dengan kecepatan konstan di angka 60 – 80 km/jam.

Setelah menempuh jarak 1500 km mulai terasa penurunan kualitas yang cukup signifikan, suara mesin mulai terdengar kasar serta tarikan menjadi kurang responsif sehingga menuntut penggantian oli dengan segera.

Nah, kesimpulan dari Oli Enduro Matic adalah oli yang cocok untuk motor yang menghadapi medan perkotaan dengan lalu-lintas yang padat dengan jarak tempuh sedang.

Anda pun bisa mempercayakan oli motor matic paling bagus dengan memilih oli TOP 1 yang terbukti baik untuk kendaraan jenis matic.

Next Post Previous Post