Cara Menggunakan ATM Tanpa Biaya Beda Bank

Ketika kita menggunakan mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) berbeda bank, maka kita akan dikenai biaya administrasi. Untuk saat ini sepertinya besaran biaya admin tersebut adalah sebesar Rp 7.500.

Oleh karenanya, jika memang terdapat mesin ATM untuk bank yang sama (sesuai nomor rekening kita), maka sebaiknya tidak usah menggunakan mesin ATM beda bank agar bisa menggunakan ATM gratis dan bebas biaya penarikan atau untuk transaksi lainnya.

Namun, sebenarnya ada cara untuk menggunakan ATM beda bank yang tidak dikenai biaya serupiahpun. Bagaimana caranya?

Catatan:

Apa yang Teknoget paparkan dibawah ini bukan untuk transfer atau tarik tunai. Jika untuk transfer beda bank atau melakukan tarik tunai di mesin ATM beda bank, tentu Anda tetap akan dikenai biaya admin.

Cara Menggunakan Mesin ATM Tanpa Biaya Administrasi Berbeda Bank

Cara Menggunakan ATM Tanpa Biaya Beda Bank

Dalam gambaran ini, misalkan Anda ingin mengetahui apakah dana yang di transfer ke rekening Anda sudah masuk atau belum, maka cara untuk mengetahuinya dan Anda pun terbebas dari biaya administrasi adalah seperti dijelaskan berikut ini.

Situasinya seperti ini:

Misalkan sisa saldo di rekening Anda terakhir adalah sekitar Rp 200.000, kemudian Anda menjadwalkan akan ada transfer dana masuk ke rekening Anda namun disisi lain Anda tidak tahu secara pasti kapan dana tersebut akan masuk.

Jadi, caranya adalah coba kalian lakukan percobaan penarikan dengan nominal diatas 150.000. Jika berhasil, maka itu artinya saldo rekening Anda sudah bertambah karena ketika sisa saldo kurang dari 50.000 setelah penarikan maka tarik tunai tidak dapat diproses.

Lalu dimana gratisnya?

Saat Anda mencoba melakukan tarik tunai sebesar Rp 150.000 atau nominal diatas tidak berhasil, maka itu artinya transfer ke rekeing Anda belum masuk sehingga tarik tunai tidak bisa diproses.

Nah, seperti sahabat Teknoget ketahui, untuk mengecek saldo rekening beda bank itu tetap dikenai biaya. Namun, jika Anda menggunakan metode yang dijelaskan tadi maka Anda akan terbebas dari biaya admin.

Tapi, tentu saja Anda tetap akan dikenai biaya admin jika ternyata tarik tunai berhasil dilakukan.

Dengan kondisi sebagaimana yang digambarkan diatas, Anda bisa cek di mutasi rekening melalui aplikasi bank Anda nantinya akan ada riwayat transaksi keluar (admin penggunaan mesin ATM beda bank) sebesar Rp 7.500, tetapi diatasnya juga akan tertera saldo masuk (+ Rp 7.500) karena transaki tidak dapat diproses.

Jadi, biaya administrasi menggunakan mesin ATM beda bank itu hanya akan men-charge Anda jika transaksi yang Anda lakukan berhasil dilakukan, baik itu untuk transfer, cek sisa saldo, maupun tarik tunai.

Ringkasan artikel

Sekalipun tidak ada cara khusus untuk membebaskan kita dari biaya admin saat menggunakan mesin ATM beda bank, namun metode yang dijelaskan diatas tentunya bisa dimanfaatkan sekedar untuk mengetahui sisa saldo yang disisi lain momennya kalian juga pas butuh mengambil uang.

Demikian, semoga informasi ringan tentang perbankan ini bermanfaat bagi sahabat pembaca. Jangan lewatkan juga artikel berkaitan lainnya yang sudah di publish sebelumnya.

Next Post Previous Post