Cara Beralih ke Siaran TV Digital Tanpa STB

Akhir-akhir ini di suatu daerah harga STB melambung tinggi lantaran sinyal TV analog telah dimatikan, sehingga mau tidak mau masyarakat setempat harus beralih ke siaran TV Digital, baik dengan STB maupun tanpa STB.

STB (Set Top Box) adalah sebuah alat konverter sinyal UHV ke digital. TV yang belum mendukung teknologi DVB-t2 wajib memiliki STB agar dapat menangkap siaran TV Digital secara sempurna.

Diluar sana kita banyak mendapat pertanyaan, apa bisa mendapatkan siaran TV Digital tanpa STB? Jawabannya adalah bisa dan tidak - tergantung dari jenis TV yang Anda miliki.

Apabila televisi di rumah Anda sudah support DVB-t2, maka Anda tidak perlu membeli STB. Namun, jika TV Anda masih model lama seperti TV tabung dan TV LED biasa, maka Anda diharuskan untuk menambahkan STB.

Jadi, TV Anda harus sudah memiliki standar Digital Video Broadcasting Terrestrial Second Generation (DVB-T2) untuk bisa menyaksikan siaran digital tanpa perlu pasang STB.

Cara mengecek apakah TV Anda bisa mendapatkan siaran Digital atau tidak, bisa dilakukan melalui menu TV. Apabila Anda melihat terdapat pilihan DTV, maka itu artinya TV tersebut dapat menerima siaran digital.

Cara Cek TV Digital Atau Analog


Selain dengan metode yang disebutkan tadi, cara lain mengecek TV apakah sudah berstandar digital atau belum adalah dengan mengunjungi tautan berikut: https://siarandigital.kominfo.go.id.Berikut ini langkah-langkah untuk mengecek TV Digital atau analog:


  • Pertama, silahkan Anda klik menu perangkat TV digital di bagian atas layar.
  • Terdapat tiga pilihan kategori yakni nama perangkat, merek, dan model/type.
  • Silahkan pilih kategori Televisi pada bagian perangkat dan masukkan merek dan model TV yang Anda dimiliki.
  • Nama model TV akan tampil jika masuk dalam TV digital.

 

Nah itulah cara mudah untuk mengetahui apakah TV Anda sudah support digital signal atau sebaliknya. Sangat mudah dan praktis.

Cara Setting TV Digital Tanpa Pasang STB

Cara Beralih ke Siaran TV Digital Tanpa STB

Pertanyaan diawal, bagaimana cara beralih ke siaran Digital tanpa STB? Apabila TV Anda sudah mendukung fitur DVB-T2, berikut ini cara mendapatkan siaran TV Digital tanpa pasang STB:

  • Pertama-tama, harap dipastikan di daerah Anda sudah tersedia siaran digital.
  • Pasanglah antena UHF biasa, baik antena outdoor maupun indoor. Ketinggian dan arah antena sebaiknya disesuaikan dengan lokasi pemancar.
  • Berikutnya silahkan Anda cek televisi sudah mampu menerima siaran TV digital DVB-T2.
  • Lanjutkan dengan mengecek kabel antara antena dan TV tersambung dengan baik.
  • Pilih menu pengaturan atau setting untuk pencarian (tuning) sinyal. Biasanya terdapat pilihan DTV untuk siaran digital dan ATV untuk siaran analog.
  • Setelah itu, lakukan auto scan untuk mencari program siaran TV digital. Nama kanal (stasiun) tv digital akan ditampilkan secara otomatis.

 

Kata penutup


Sobat Teknoget, cara beralih ke siaran TV Digital dapat kalian lakukan dengan cukup mudah dan tanpa menggunakan STB jika TV di rumah kalian sudah support fitur DVB-T2. Jadi, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan diatas.

Setelah itu, Anda akan sepenuhnya menikmati siaran televisi digital. Tentunya dari sisi kualitas gambar dan audio jauh lebih berkualitas dibanding siaran TV analog yang masih kesemutan.

Next Post Previous Post