7 Fitur Mac Tersembunyi Yang Harus Anda Gunakan

Mac terkenal mudah digunakan, tetapi mereka juga memiliki banyak fitur hebat yang tersembunyi tepat di bawah permukaan yang tidak pernah disadari banyak orang. Apakah Anda seorang pemula Mac atau veteran Mac, berikut adalah sepuluh fitur hebat yang harus Anda gunakan.

1. Quick Look


Quick Look memungkinkan Anda mempratinjau file dengan cepat tanpa membukanya di Finder. Untuk menggunakannya, buka jendela Finder dan cari file yang ingin Anda pratinjau. Klik item sekali dengan mouse Anda untuk memilihnya, lalu tekan bilah spasi sekali untuk melihat pratinjaunya di jendela pop-up. Anda juga dapat menggunakan Quick Look pada folder untuk melihat informasi tentang konten folder.

2. Virtual Desktops (Spaces)


Spaces seperti desktop virtual untuk Mac, dan dapat membantu Anda mengatur jendela dan aplikasi yang terbuka ke dalam ruang kerja desktop yang berbeda. Anda dapat membuat ruang yang berbeda untuk tugas yang berbeda, lalu beralih di antaranya dengan cepat dan mudah.

Untuk melakukannya, tekan F3 pada keyboard Anda untuk membuka Mission Control, lalu gerakkan kursor mouse Anda ke bagian atas layar dan klik tombol plus (“+”) untuk menambahkan desktop baru. Dari sana, Anda dapat menarik dan melepaskan jendela aplikasi dari Mission Control ke gambar mini desktop di bagian atas layar—dan beralih di antaranya dengan mengeklik gambar mini itu sendiri.

3. Mode layar penuh


Fitur Mac Tersembunyi

Jika Anda mudah teralihkan saat bekerja atau bermain game di Mac, mode layar penuh membantu Anda fokus pada satu tugas dalam satu waktu. Saat Anda menggunakannya, satu aplikasi atau jendela akan mengambil alih seluruh layar Anda, dan desktop serta jendela lainnya akan disembunyikan untuk sementara.

Untuk masuk ke mode layar penuh, klik tombol kecil berwarna hijau di pojok kiri atas jendela (di dekat tombol "tutup jendela" berwarna merah). Atau Anda dapat mengarahkan kursor ke tombol hijau dan memilih "Masuk ke Layar Penuh". Sangat mudah untuk dilewatkan jika Anda belum mengetahuinya.

4. Tangkapan layar


Di Mac, mengambil jepretan layar menangkap konten persis layar Anda dan menyimpannya ke file gambar yang dapat Anda lihat nanti atau bagikan dengan orang lain. Untuk mengambil screenshot, tekan Shift+Command+3 di keyboard Anda, dan screenshot akan disimpan ke desktop Anda secara default. Anda juga dapat menekan Shift+Command+5 untuk opsi tangkapan layar lainnya dan fitur perekaman layar.

5. Pintasan Keyboard


Sistem operasi Mac menyediakan banyak pintasan papan ketik praktis yang dapat menghemat waktu Anda dengan mengurangi kebutuhan untuk mencari opsi di layar dengan penunjuk tetikus Anda. Misalnya, Anda dapat menggunakan Command+H untuk menyembunyikan jendela, Command+C untuk menyalin teks (dan Command+V untuk menempelkan), atau menggunakan Command+Tab untuk beralih di antara aplikasi yang terbuka. Ada puluhan pintasan keyboard lainnya yang akan membuat Anda produktif di Mac. Terlebih lagi, Anda dapat menyesuaikan pintasan keyboard di System Preferences > Keyboard > Shortcuts.

6. Pencarian Spotlight

Pencarian Spotlight seharusnya menjadi fitur yang jelas, tetapi kami telah melihat banyak pengguna Mac yang tidak mengetahui keberadaannya. Ini adalah alat pencarian canggih yang dapat digunakan untuk menemukan apa saja di Mac Anda. Anda juga dapat menggunakannya untuk meluncurkan aplikasi dengan cepat .

Untuk menggunakan Spotlight, klik ikon kaca pembesar di pojok kanan atas layar dan mulailah mengetik apa yang Anda cari. Atau Anda dapat menekan Command+Spasi di keyboard Anda. Spotlight akan mencari seluruh sistem Anda dan menampilkan daftar hasil. Setelah Anda memahaminya, Anda mungkin tidak perlu melakukan rooting melalui Finder untuk menemukan sesuatu lagi.

7. Otomasi


Automator adalah alat yang ampuh yang memungkinkan Anda mengotomatiskan tugas berulang di Mac. Untuk menggunakan Automator, buka aplikasi Automator (buka Launchpad dan ketik "Automator" untuk menemukannya) dan pilih dari berbagai tindakan yang disertakan, seperti "Ubah Nama Item Penemu" atau "Salin File dan Folder". Anda kemudian dapat merangkai serangkaian tindakan untuk membuat alur kerja. Setelah Anda membuat alur kerja, Anda bisa menyimpannya dan menjalankannya kapan pun Anda mau.

Next Post Previous Post