Cara Menulis Footnote dari Internet yang Benar



Sahabat Teknoget yang belum tahu cara menulis footnote dari internet yang benar, artikel ini akan menjawab pertanyaan kalian.

Tentu penting juga untuk mengetahui cara membuat footnote dari internet yang baik dan benar. Adapun panduannya bisa kalian simak dalam artikel ini.

Fungsi utama membuat catatan kaki yaitu mengetahui sumber rujukan secara langsung pada suatu halaman tulisan ilmiah.

Cara Menulis Footnote dari Internet yang Benar

Cara menulis footnote dari internet bisa kamu lakukan secara otomatis di Microsoft Word caranya dengan Buka tab Reference, kemudian pilih Insert Footnote.

Cara menulis footnote ini akan langsung memunculkan angka 1 untuk dilanjutkan diisi informasi sumber rujukan.

Selain itu, cara membuat footnote bisa dengan pintasan Ctrl + Alt + F pada keyboard. Sebelum ke cara menulis footnote dari internet ada baiknya kamu tahu dulu apa itu footnote.

Footnote berisi daftar penjelasan yang ada pada karya tulis ilmiah, kemudian dijelaskan pada bagian bawah tiap lembaran atau akhir karya ilmiah tersebut.

Tidak hanya karya tulis ilmiah, footnote juga sering digunakan pada karya tulis non ilmiah. Catatan kaki juga untuk memberi keterangan juga komentar yang menjelaskan sumber dari kutipan.

Bahkan catatan kaki (footnote) juga dipakai untuk pedoman dalam penyusunan bibliografi (daftar bacaan). Adapun beberapa fungsi dari catatan kaki, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sebagai bahan diskusi tambahan atas suatu permasalahan yang dibahas.
  • Untuk petunjuk dari bahan yang dijadikan bahasan.
  • Untuk menyertakan keterangan, seperti menampilkan bahan pada lampiran, permasalahan yang dibahas pada sebuah halaman, bab dan sub-bab pada karya ilmiah.
  • Supaya memperkuat keterangan dan pernyataan yang dibuat pada karya ilmiah.


Cara Menulis Footnote dari Internet

Nah setelah agak paham apa itu catatan kaki atau footnote, mari saatnya kita bahas cara menulis footnote dari internet yang benar. Baik itu yang sama atau tidak ada nama pengarang.

Langkah ini wajib sekali, bahkan dalam cara membuat daftar pustaka juga nama penulis mesti ditulis terlebih dahulu. cara menulis footnote dari internet yang benar dengan menuliskan nama depan terlebih dahulu, Misalnya: Aeh Fariah.

Beda pada cara menulis daftar pustaka dari internet, membuat judul pada catatan kaki pada internet tida ditulis dengan huruf miring, melainkan dengan huruf biasa dan tanda penanda petik dua (” “). Misalnya: “Seperti apa Cara Publikasi Jurnal?”

Setelah nama pengarang dan judul tulisan ditulis, selanjutnya adalah menulis alamat situs atau blog yang tulisannya kamu kutip. Contoh: https://teknoget.wiharjo.com/2022/11/cara-menulis-footnote-dari-internet.html

Langkah terakhir dalam cara menulis footnote dari internet adalah penulisan waktu di mana situs atau blog itu diakses.

Cara menulisnya adalah dengan menuliskan frasa “diakses pada” yang kemudian diiukti oleh tanggal situs diakses, dan waktu situs tersebut diakses dan kesemua itu ditulis di dalam satu tanda kurung ( ( ) ).

Contoh Menulis Footnote dari Internet

Berikut ini adalah panduan menulis catatan kaki, terutama yang mengambil sumber dari internet:

1. Alamat Situs dari Sumber, Judul, serta Link


Contoh catatan kaki berikut ini harus menyebutkan alamat situs dari sumbernya, judul, serta link yang menuju pada sumber tersebut. Lak lupa juga menyertakan tanggal, bulan, dan tahun dalam pembuatannya.

Misalnya saja sebagai berikut:

Indonesia Students: “Pengertian Administrasi Negara” https://teknoget.wiharjo.com/teori-administrasi-negara-klarifikasi-dan-sifatnya/ diakses tanggal 3 Desember 2021.

2. Menyebutkan  Nama Penulis dalam Website


Contoh yang berikutnya, dalam panduan catatan kaki ialah dengan menyebutkan nama penulis dalam website tersebut.

Judul, link yang mengarah pada sumber, serta yang terkhir tanggal, bulan, serta waktu pengambilan sumber dalam pembuatan catatan kali yang kalian buat:

Harja, “Pengertian Perubahan Sosial”, Indonesia Student, diakses dari: https://teknoget.wiharjo.com/pengertian-perubahan-sosial-contoh-perubahan-sosial/, pada tanggal 11 Desember 2021 pukul 15:01 Wib.

3. Dengan Bahasa Inggris


Contoh catatan kaki yang terkhir, dalam sajian contoh catatan kaki ini ialah dengan menggunakan Bahasa Inggris yang bisa kamu lakukan dengan menyebutkan nama penulis, bulan, serta tahunnya saja. Panduan ini bisaasanya dipergunakan untuk catatan kaki dalam situs bahasa inggris.

Contohnya sebagai berikut:

Harja, “Macam-macam sosialisasi” Open Dictionary Indonesia Student, (https://teknoget.wiharjo.com/macam-macam-sosialisasi/, Acessed On February 12, 2022).

Demikianlah tadi tata cara penulisan catatan kaki yang sumbernya dari internet. Semoga ulasan ini bisa membantu para pembaca sekalian yang sedang kebingungan atau mencarai referensi bagaimana menulis catatan kaki dari internet atau bagimana menulis footnote dari internet.



Next Post Previous Post