Cara Mengatasi Mengatasi HP Realme Mati Secara Tiba-tiba

Realme merupakan salah satu brand smartphone berbasis Android dengan jumlah pengguna yang relatif tinggi di Indonesia. Untuk Anda pemilik HP Realme yang menjumpai HP tersebut tiba-tiba mati dan sulit untuk dinyalakan, berikut ini TEKNOGET bahas solusinya.

Ponsel Realme ini merupakan sub-brand OPPO smartphone. Seperti halnya OPPO, pengguna Realme juga tak kalah banyak dimana merk yang satu ini sepertinya juga sangat diperhitungkan oleh pengguna gadget di Tanah Air.

Mengenai Penyebab Realme Mati Sendiri

Cara Mengatasi Mengatasi HP Realme Mati Secara Tiba-tiba

Dalam artikel ini Teknoget tidak akan membahas merk ponsel lainnya, melainkan lebih ke Realme. Apakah HP Realme Anda tiba-tiba mati dan seperti sulit dihidupkan?

Artikel ditulis berawal karena ada masalah dengan hp REALME yang dimiliki oleh sahabat saya, saya merasa bertanggung jawab karena dulu yang merekomendasikan dia untuk membeli Realme, dan akhirnya diapun memutuskan untuk membeli Realme.

Permasalahan yang dialami adalah HP Realme teman saya tersebut tak ada hujan tak ada angin tiba-tiba mati dan tidak bisa dihidupkan secara normal, padahal HP boleh dibilang masih sangat baru, baru digunakan kurang lebih sekitar tiga bulan.

Karena awalnya normal-normal saja tidak pernah ada masalah apapun, namun tadi pagi HP dalam keadaan mati total, padahal baterai masih di atas 50 persen, dan ketika dicoba untuk dihidupkan dengan cara normal hp tidak mau hidup. mau cabut baterai, harus bongkar dan resikonya besar, karena baterai tanam.

Sempat memintanya untuk membawanya ke tukang service, namun untungnya setelah melakukan beberapa cara akhirnya HP tersebut sekarang bisa hidup dan digunakan kembali secara normal.

Mungkin saja anda mengalami hal serupa, jadi di artikel kali ini saya akan coba uraikan langkah-langkah mengatasi HP Realme mati dan sulit untuk dihidupkan, semoga saja ini bisa membantu anda yang kebetulan mengalami masalah serupa dengan perangkat realme anda.

Cara Mengatasi HP Realme yang Mati Total dan Sulit Dihidupkan

Jika ponsel Realme Anda mengalami kendala yang sama, silahkan dicoba beberapa kiat berikut ini untuk mengatasinya.

1. Hidupkan seperti biasanya

Cara pertama, silahkan Anda coba nyalakan secara normal dengan menekan tombol Power selama 30 detik, kemudian tunggu apakah hp tersebut bisa hidup.

Ini bisa anda coba, namun untuk kasus saya di atas cara pertama ini tidak membuahkan hasil, hp realme tidak mau menyala padahal saya sudah menekan tombol power cukup lama, bahkan sudah saya lakukan beberapa kali, hp realme tidak mau menyala.

2. Coba Force Start

Cara yang berikutnya, Anda bisa melakukan Force Start, caranya yaitu dengan menekan tombol Volume + dan tombol Power secara bersamaan, tahan selama kurang lebih 30 detik sampai HP getar dan menyala.

Untuk kasus saya cara kedua ini berhasil membuat HP Realme teman saya yang mati tiba-tiba dan sulit dinyalakan secara normal akhirnya bisa menyala dan bisa digunakan secara normal kembali.

Kenapa HP Realme Mati Sendiri?

Bagi para pengguna Realme, sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa hp android realme bisa mati secara tiba-tiba.

Jika ponsel realme Anda kebetulan mengalami berkendala demikian, silakan coba langkah-langkah berikut ini:

1.Apakah kendala terjadi saat menggunakan aplikasi tertentu, jika iya maka disarankan untuk menghapus aplikasi tersebut dan periksa apakah kendala masih terjadi.

2.Memastikan bahwa tombol power tidak tersangkut

3.Ponsel berkemungkinan restart dengan sendirinya ketika berada pada lingkungan dengan suhu yang sangat panas atau dingin.

4.Mencoba mengeluarkan kartu SIM dan memeriksa apakah ada kendala dari kartu SIM, dan memasukkanna kembali. Periksa apakah kendala masih terjadi.

5.Melakukan pengisian daya baterai selama 30 menit, dan melakukan Force Start. Periksa apakah kendala masih terjadi.

6.Untuk beberapa tipe ponsel; Periksa pengaturan [hidup/mati otomatis], dapat mengikuti langkah berikut [Pengaturan] > [Pengaturan tambahan] > [Hidup/mati otomatis].

7.Coba untuk melakukan pemindaian virus untuk menghilang software atau aplikasi berbahaya yang ada pada ponsel. Langkah: [Pusat Keamanan] > [Virus scan] > [Start scanning].

8.Melakukan pembaruan system. Pembaruan system dapat diperiksa melalui [Pengaturan] > [Pembaruan system]. Jika terdapat pemberitahuan tentang pembaruan system mohon dilakukan sesuai dengan instruksi yang diberikan.

9.Anda dapat menghubungi layanan bantuan realme atau membawa ponsel ke Service Center realme resmi untuk perbaikan, dengan melakukan pencadangan data, membawa perangkat, bukti pembelian dan kartu garansi.

Ringkas kata


Demikian informasi yang diharapkan berguna bagi sahabat TEKNOGET. Anda dapat mencoba langkah-langkah diatas untuk mengatasi HP Realme yang mati tiba-tiba dan disisi lain sulit dihidupkan.

Next Post Previous Post