Cara bayar iuran BPJS Kesehatan (Update Terbaru)

Penting untuk mengetahui metode apa saja yang bisa dipilih dalam membayar iuran BPJS bagi Anda yang terdaftar dalam layanan BPJS Kesehatan.

Karena adanya iuran ini, pengguna BPJS Kesehatan wajib membayarkan pada periode tertentu. Pastikan kamu membayarnya tepat waktu agar tidak terjadi tunggakan yang tidak diinginkan.

Nah, sebelum melakukan pembayaran, tentunya kamu perlu mengetahui cara membayarnya. Berikut merupakan berbagai cara bayar BPJS Kesehatan.

7 Cara Bayar BPJS Kesehatan Terbaru


Cara bayar iuran BPJS Kesehatan

Pemerintah memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk bisa melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan mereka dengan mudah dan nyaman. Berbagai fasilitas pembayaran dimungkinkan agar masyarakat lebih mudah dan cepat dalam melakukan pembayaran tagihan iuran mereka setiap bulannya. Jika menjadi pengguna layanan BPJS Kesehatan, jangan khawatir mengenai tempat pembayannya. Sebab, kamu bisa memilih salah satu dari beberapa tempat pembayaran iuran BPJS di bawah ini. 

1. Bayar BPJS Kesehatan Lewat Kantor BPJS Kesehatan


Jika ingin membayarnya secara offline, kamu bisa langsung datang ke kantor BPJS Kesehatan. Tempat ini akan sangat tepat bagi yang memang berdomisili atau berkantor di sekitar wilayah kantor BPJS Kesehatan. Kamu cukup mendatangi kantor tersebut dan melakukan pembayaran pada loket pembayaran yang tersedia di sana. Pada saat bayar BPJS Kesehatan di loket, kamu akan diminta identitas diri, seperti kartu BPJS Kesehatan atau nomor kepesertaan.

2. Bayar BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi JKN


Masih menggunakan layanan langsung dari BPJS Kesehatan, kamu bisa melakukan pembayaran dan mengakses berbagai informasi lainnya melalui aplikasi JKN. Semua jadi lebih mudah, praktis, dan cepat dengan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile ini. Cara pembayaran menggunakan aplikasi ini berupa Auto Debit sehingga kamu tidak lagi lupa membayar iuran BPJS Kesehata, selama rekening yang digunakan ada saldonya. Berikut merupakan cara bayar BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN.

  • Unduh aplikasi JKN, baik di AppStore maupun PlayStore.
  • Masuk ke dalam aplikasi dan lakukan login.
  • Klik "Pendaftaran Auto Debit"
  • Pilih opsi pembayaran auto debit yang ingin digunakan, bisa auto debit dari bank maupun dari dompet digital.
  • Periksa tagihan BPJS Kesehatan yang muncul, lalu klik "Daftar Auto Debit".
  • Lakukan pengisian data pribadi, seperti nomor rekening, nama pemilik rekening, dan nomor HP.
  • Klik "Daftar Auto Debit" dan kamu akan mendapatkan kode OTP dari BPJS Kesehatan.
  • Lakukan verifikasi captcha, kemudian klik "Proses".
  • Auto debit sudah terdaftar dan pembayaran akan secara otomatis menarik saldo rekening bank yang didaftarkan.


3. Bayar BPJS Kesehatan Lewat Situs Resminya


Mirip dengan pembayaran melalui aplikasi JKN, pembayaran melalui situs resmi BPJS Kesehatan juga menggunakan layanan Auto Debit. Perbedaannya adalah layanan ini didaftarkan melalui situs BPJS Kesehatan. Beriku langkah bayar BPJS Kesehatan melalui website.

  • Buka situs di gadget milikmu.
  • Klik menu "Layanan".
  • Pilih menu "Autodebit".
  • Pilih lembaga bank (Mandiri atau BCA) atau non-bank yang diinginkan.
  • Baca syarat dan ketentuan. Jika sudah setuju, ceklis "Saya telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku." dan klik "lanjutkan".
  • Isi data pribadi yang diminta.
  • Klik "Proses" untuk memproses pendaftaran.


Ketika proses pendaftaran selesai, kamu tidak perlu lagi memikirkan tenggat waktu pembayaran, asalkan saldo di rekening yang didaftarkan cukup pada saat periode penagihan.

4. Bayar BPJS Kesehatan Lewat Perbankan


Selain menghubungkan akun perbankanmu dengan aplikasi BPJS melalui layanan auto debit, kamu juga dapat membayar iuran BPJS Kesehatan menggunakan ATM atau Mobile Banking. Berikut merupakan cara pembayaran BPJS Kesehatan melalui ATM dan Mobile Banking.

5. Bayar BPJS Kesehatan Lewat Kantor Pos


Pihak BPJS juga mempertimbangkan kemudahan bagi pengguna layanan BPJS Kesehatan yang tinggal di daerah. Kerja sama yang dilakukan dengan PT Pos Indonesia tentu akan memudahkan masyarakat yang tinggal di pedesaan untuk bisa mengakses pembayaran BPJS Kesehatan dengan mudah.

6. Bayar BPJS Kesehatan Lewat E-Commerce


Di era digital sekarang ini, pembayaran BPJS  Kesehatan sudah bisa dilakukan secara online melalui e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Tinggal instal dan bikin akun di aplikasi e-commerce yang dipilih dan ikuti langkahnya satu persatu hingga pembayaran selesai.

7. Bayar BPJS Kesehatan Lewat Minimarket


Saat ini pembayaran BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan melalui Indomaret dan Alfamart. Kedua minimarket ini sangat mudah ditemukan sehingga kamu tidak akan kesulitan lagi dalam membayar iuran tagihan BPJS Kesehatan setiap bulannya.

Cara membayar tagihan BPJS Kesehatan di kedua minimarket ini pun juga mudah. Kamu hanya perlu mendatangi staf minimarket dan beritahu nomor peserta BPJS Kesehatan. Staf akan memeriksa dan memberitahu tagihanmu. Lakukanlah pembayaran di kasir.

Next Post Previous Post