Cara Agar Cendet Mau Makan Voer Kering



Burung cendet sebenarnya pemakan sejenis serangga, mulai ulat, jangkrik, kroto, belalang, dan sebagainya. Namun, sebagian orang lebih memilih untuk memberi makan cendet voer kering.

Tujuannya adalah karena dengan voer itu lebih mudah dan praktis. Berbeda dengan memberi makan cendet menggunakan jangkrik atau serangga tertentu, hal ini dirasa merepotkan bagi sebagian breeder.

Lalu, bagaimana jika cendet tidak mau makan voer? Memang, tak jarang kita menjumpai cendet tidak mau makan voer kering maupun jenis voer lainnya. Padahal, sudah dibelikan voer dengan harga yang paling mahal sekalipun.

Nah, Teknoget akan memberikan solusi untuk mengatasi burung cendet yang malas makan voer atau bahkan sama sekali tidak mau memakan voer yang Anda sajikan untuk burung tercinta Anda.

Penyebab Burung Cendet Tidak Mau Makan Voer

Cara Agar Cendet Mau Makan Voer Kering

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab cendet tidak mau makan voer kering. Berikut ini adalah beberapa diantaranya yang perlu Anda perhatikan:

1. Belum dilatih untuk makan voer

Agar cendet mau makan voer, maka diperlukan proses pelatihan sedikit demi sedikit. Jadi, misalkan biasanya dikasih makan kroto, latihlah burung Anda untuk mau makan voer dengan cara membagi porsinya; 70% kroto dan 30% voer.

Silahkan dilatih terus sampai burung cendet tersebut mau makan voer 100%. Namun, akan lebih baik jika Anda tetap memberinya makan alami mereka, namun Anda bisa mengurangi jumlahnya.

2. Berganti-ganti voer

Penyebab cendet tidak ingin makan voer yang berikutnya adalah karena Anda sering mengganti jenis voer. Ini akan membuat cendet perlu adaptasi lagi sehingga yang tadinya mau makan voer kemudian menjadi tidak mau memakannya.

Solusinya, usahakan untuk tidak mengganti voer. Misalkan cendet Anda dari awal memakan voer SKM, maka tidak perlu diganti dengan jenis voer baru.

BACA : Cara Merawat Burung Cendet Cepat Gacor

Cara Agar Cendet Mau Makan Voer Kering


Diatas sudah dijelaskan beberapa hal yang menyebabkan burung cendet tidak mau memakan voer. Nah, berikut ini adalah beberapa kiat agar burung cendet peliharaan Anda bisa terbiasa makan voer.

1. Melatih cendet agar mau makan voer

Seperti dijelaskan diawal, Anda perlu melatih cendet agar mau makan voer. Caranya yakni memberinya makan voer secara bertahap. Jika sudah mau memakan voer, maka selanjutnya Anda bisa menjadikan voer sebagai makan utama sehari-hari burung tersebut.

2. Masukkan jangkrik pada wadah yang berisi voer


Diawal, cendet pasti enggan memakan voer. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memasukkan jangkrik (2-3 ekor) ke wadah makanan yang berisi voer. Dengan begitu, saat cendet mencari jangkrik untuk dimakan dalam wadah tersebut, maka voer yang menempel pada jangkrik akan ikut dimakan. Nah, darisii nantinya burung tersebut akan terbiasa dengan memakan voer.

3. Pastikan kondisi voer masih bagus


Jangan memberikan voer yang sudah berjamur. Selain tidak bagus untuk kesehatan burung, hal ini juga bisa membuat burung malas makan voer tersebut. Perhatikan kondisi voer sebelum Anda memberikannya ke burung Anda. Jika sudah berjamur, sebaiknya beli voer yang masih bagus.

Burung cendet sudah dilatih makan voer tapi tetap tidak mau?

Anda perlu lebih bersabar. Jika dicoba selama 3-5 hari masih tidak mau memakan voer, silahkan dicoba terus menggunakan metode yang dijelaskan diatas tadi. Nantinya cendet akan terbiasa dengan makanan voer.

Hanya saja, waktu untuk membuat cendet bisa terbiasa makan voer memang beragam, jadi tidak ada patokan berapar hari. Intinya, Anda perlu terus melatihnya sampai burung tersebut benar-benar mau mengkonsumsi voer.

Anda juga bisa mempraktekkan cara diatas untuk pemberian makan pada cendet dewasa yang baru didapat dari hutan yang memang lebih sulit untuk mau makan voer.



Next Post Previous Post