Bisnis Asuransi Adalah [Peluang, Tantangan, Tips Sukses]

Bisnis asuransi sekarang ini sudah tak asing lagi ditelinga sebagian besar masyarakat. Namun bagi Anda yang belum memahami pengertian bisnis asuransi dan bagaimana cara memulainya, Anda bisa baca artikel dari TEKNOGET ini.

Sebelumnya, mari dipahai dulu apa itu asuransi. Asuransi adalah perjanjian antara penyedia jasa layanan Asuransi (pihak yang memberi tanggungan) dan masyarakat (pihak yang pemegang polis).

Hak dan kewajiban antara jasa layanan Asuransi dan pemegang polis sudah diatur. Pemegang polis berhak mendapatkan perlindungan atas penggantian kehilangan, kerusakan, hingga kematian dari penyedia jasa layanan Asuransi.

Namun, hak akan diperoleh ketika pemegang polis melakukan kewajiban pembayaran premi kepada pihak perusahaan Asuransi sesuai perjanjian.

Jadi, asuransi menawarkan manfaat yang baik dalam meminimalisasi risiko akan ketidakpastian yang bisa datang tanpa diduga sebelumnya.

Tentang Bisnis Asuransi

bisnis asuransi

Jika Anda tertarik untuk mencoba masuk ke bisnis asuransi, ada baiknya Anda baca artikel TEKNOGET yang penjabarannya bisa dibaca dibawah ini.

Peluang bisnis asuransi terbuka lebar, tetapi tantangannya juga cukup besar. Jadi, ini yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum mulai mengambil langkah.

Sebagaimana diketahui, saat ini asuransi merupakan salah satu industri terbesar di dunia, dengan nilai pasar global lebih besar dari PDB pada sebagian besar negara.

Bisnis asuransi juga salah satu bidang yang paling beragam. Mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, kecelakaan, mobil, dan lain sebagainya.

Anda bisa merasakan kebahagiaan ketika konsumen para pembeli polis asuransi Anda selalu membayar premi secara rutin alias tanpa ada masalah.

Lalu, bagaimana jika mereka mengajukan klaim? Tentu saja Anda harus membayar risiko atas kemalangan yang mereka alami, dimana hal ini sesuai dengan ketentuan yang ada dalam polis.

Memang, mengganti rugi risiko pelanggan merupakan risiko yang dihadapi para pelaku bisnis asuransi. Jika Anda tertarik dan siap terjun ke dunia asuransi, ada baiknya Anda untuk lebih mempersiapkan diri terlebih dahulu.

Seperti apa Peluang Bisnis Asuransi Saat ini?


Apabila Anda adalah pemain baru yang ingin masuk ke bisnis asuransi, Anda harus punya faktor pembeda dari berbagai bisnis asuransi yang sudah ada. Salah satunya, dengan menerapkan teknologi yang paling mutakhir.

Berdasarkan Insurance Business Mag, inovasi digital membebaskan industri asuransi. Dengan teknologi asuransi yang bekerja sesuai spesifikasi, seluruh ekosistem asuransi dapat mengalami efisiensi melalui automatisasi.

Dimulai dari pencarian calon klien, penerbitan polis, penyesuaian klaim, hingga transaksi pembayaran premi asuransi, semuanya bisa dilakukan secara otomatisasi.

Semakin banyak perusahaan yang menyadari hal ini, maka terjadilah ledakan global dalam adopsi teknologi yang berhubungan dengan asuransi.

Efisiensi sering kali datang seiring dengan kecepatan. Saat konsumen menjadi lebih bergantung pada teknologi dalam kehidupan sehari-hari, mereka mendambakan kepuasan instan melalui aplikasi.

Aplikasi dapat memberikan layanan cepat hanya dengan sekali klik. Oleh karena itu, konsumen mengharapkan kecepatan dalam setiap layanan yang mereka terima, termasuk transaksi asuransi.

Dalam hal penggunaan teknologi asuransi, para agen asuransi juga menjadi konsumen teknologi tersebut.

Mereka ingin bertransaksi bisnis, baik di dalam ekosistem asuransi atau dengan klien eksternal, dengan kecepatan tinggi serta efisiensi. Teknologi merupakan salah satu the main key dalam hal itu.

Adapun kecepatan menjadi kata kuncinya. Tuntutan pasar terhadap kecepatan bisnis berlaku di semua lini, tidak hanya pada bisnis asuransi.

Menggabungkan perkembangan teknologi dengan bisnis asuransi merupakan peluang terbaik saat ini yang perlu Anda perhatikan.

Pertimbangan utama bagi bisnis asuransi yang melihat inovasi digital, yaitu memutuskan apa yang terbaik untuk mitra transaksional.

Tergantung pada jenis asuransi atau perusahaannya, mitra transaksional itu mencakup konsumen akhir, agen retail, pialang, dan sebagainya.

Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Dalam Bisnis Asuransi

Mungkin semua bisnis berubah dalam beberapa hal dan perubahan itu bisa berupa perubahan positif atau sebaliknya.

Dan dalam industri apapun, ada berbagai masalah yang akan dihadapi. Adapun berikut adalah tantangan bisnis asuransi terbesar yang perlu dipahami serta diantisipasi.

1. Minim Kepercayaan


Tantangan pertama bisnis asuransi adalah relatif minimnya kepercayaan. Kebanyakan orang yang ditawari asuransi tidak berpikir jauh ke depan.

Mereka cenderung merasa kondisinya baik-baik saja, sehingga tidak merasa butuh asuransi. Tak jarang agen asuransi sering ditolak mentah-mentah, bahkan pada saat pertama kali mencoba.

Ada banyak alasan lain mengapa banyak orang tidak peduli dengan asuransi. Salah satunya, banyak bisnis asuransi yang gagal membayar klaim dan mereka tidak berani menawarkan sejumlah benefits.

Oleh karena itu, kebanyakan orang hanya melihat asuransi sebagai salah satu pengeluaran yang tidak penting.

Banyak perusahaan asuransi yang tutup karena masalah keuangan. Selain itu, individu yang menjadi korban kerugian bahkan tidak berpikir dua kali untuk membeli polis asuransi.

2. Atmosfer Kompetisi


Saat ini sudah terdapat sekian banyak bisnis asuransi. Oleh karena itu, ada tantangan intensif bagi perusahaan asuransi.

Setiap perusahaan mencari cara terbaik untuk menjual produk asuransi mereka dengan cara terbaik dan menargetkan kelompok individu tertentu.

Sebagian besar bisnis asuransi, terutama yang baru, merupakan perusahaan yang paling diragukan. Dalam hal ini mreka tentu butuh bekerja dengan lebih ekstra lagi.

Faktanya, kebanyakan orang cenderung menaruh kepercayaan kepada perusahaan asuransi yang ada dibandingkan dengan bisnis asuransi baru.

Hal ini karena perusahaan yang baru dioperasikan berada pada garis tipis antara kegagalan dan kesuksesan. Tidak ada yang mau mengambil risiko gagal klaim.

3. Salah Kelola


Sebagai pemilik bisnis asuransi, seseorang bertanggung jawab penuh atas semua masalah yang mungkin dimiliki kliennya terkait pengelolaan bisnis asuransi.

Semua perusahaan asuransi yang salah urus, tidak dapat menyembunyikan kesalahan mereka untuk waktu yang lebih lama tanpa diketahui oleh klien.

Seiring berjalannya waktu, jumlah keluhan klien akan terus meningkat. Jika perusahaan asuransi tidak transparan, bisnis ini akan kehilangan lebih banyak pelanggan.

Selain itu, manajemen yang tidak kompeten dapat merugikan perusahaan. Terutama jika mereka memiliki komunikasi yang buruk dengan klien.

Oleh karena itu, dalam menjalankan bisnis asuransi, Anda harus menerapkan sistem manajemen yang sangat baik. Jangan sampai masalah internal yang tak terurus menyebabkan penurunan penjualan polis asuransi.

4. Kondisi Ekonomi yang Tidak Stabil


Saat perekonomian negara sedang kurang bergairah, semua perusahaan asuransi akan terkena dampaknya.

Pada situasi seperti itu, tarif dapat dipengaruhi, sehingga perusahaan asuransi mungkin terpaksa menaikkan tarifnya.

Misalnya, krisis ekonomi memengaruhi suku bunga fasilitas kredit yang disediakan oleh lembaga keuangan.

Tentu saja, tidak ada klien yang akan menghargai kenaikan tarif premi. Meskipun dinyatakan dengan jelas dalam kontrak bahwa tarif premi asuransi dapat berubah dari waktu ke waktu.

Oleh karena itu, situasi seperti itu dapat menciptakan citra buruk bagi perusahaan yang mana hal ini karena pelanggan dapat menyebarkan informasi tentang layanan atau produk yang tidak memuaskan dengan sangat cepat.

5. Tenaga Kerja Tidak Sesuai


Saat ini banyak pihak non-profesional yang menjalankan perusahaan asuransi. Ini tidak salah, tetapi tidak ideal.

Faktanya memang banyak orang berpikir bahwa untuk menjadi profesional asuransi sangatlah mudah.

Misalnya hanya dengan memiliki beberapa pengetahuan tentang studi moneter tanpa pelatihan khusus, bisa menjadi agen asuransi profesional.

Partikan bisnis asuransi Anda mempekerjakan tenaga kerja yang memang ahli di bidang asuransi. Jangan ragu membayar mahal untuk gaji, jika hasilnya sepadan.

6. Politisasi Industri Asuransi Didramatisir


Tak bisa dimungkiri lagi ahwa politik memainkan peran penting dalam operasi bisnis asuransi.

Hal ini tergantung pada permainan kekuasaan dan perhitungan yang dominan dalam domain operasi perusahaan asuransi.

Premi yang harus dibayar, hasil investigasi risiko, dan kerugian serta manfaat yang harus dibayar, terkadang bergantung pada konspirasi politik.

Ini merupakan tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan asuransi. Tak jarang pula asuransi dijadikan ladang untuk penipuan.

Tentu Anda harus hati-hati dan mengantisipasi berbagai tantangan ini, agar bisnis Anda dapat bersaing dengan para pemain lama.

Penutup

Peluang bisnis asuransi cukup terbuka lebar, namun untuk menjalankannya dibutuhkan semangat kuat dan tata kelola yang sehat agar dapat membangun trust sehingga bisnis Anda mampu bersaing dengan perusahaan yang sudah lebih dulu ada dan punya nama.

Next Post Previous Post