Cara Merawat Burung Cendet Cepat Gacor

Burung cendet merupakan diantara jenis burung berkicau yang mudah didapat dan cara merawat burung ini tidak tergolong sulit. Teknoget caraberhenti-i.blogspot.com kali ini akan berbagi tips cara burung cendet cepat gacor yang dapat Anda praktikkan dengan mudah.

Di Indonesia, burung cendet adalah salah satu jenis burung peliharaan yang mudah didapat dengan harga yang relatif murah. Dibanding burung murai batu, burung cendet memiliki ciri khas tersendiri meski keduanya sama-sama berstatus sebagai burung kicau.

Merawat burung cendet atau burung pentet / bentet agar cepat gacor sebenarnya tidak sulit. Namun, breeder memang perlu memahami seperti apa seharunya cara membuat cendet bisa gacor dengan mental fighter yang bahkan siap untuk diadu di ajang lomba burung cendet.

Tentang Burung Cendet

Salah satu jenis cendet adalah burung bentet kelabu. Bentet kelabu juga disebut dengan nama cendet, pentet atau toet yang dalam bahasa Inggris yaitu The Long-tailed Shrike atau Rufous-backed Shrike.

Sementara dalam bahasa Latin adalah Lanius schach. Merupakan spesies burung dari keluarga Laniidae, dari genus Lanius. Burung cendet merupakan jenis burung pemakan hewan, belalang, kumbang, tonggeret, serangga besa dan memiliki habitat di daerah terbuka, padang rumput, perkebunan, tegalan. Burung ini tersebar hingga di ketinggian 1.600 m dpl.

Burung bentet kelabu dapat dijuluki sebagai jagal pengintai lantaran perilakunya yang mana burung yang juga tersebar dari Iran hingga di Papua ini sangat suka memakan hewan lain. Misalkan yang sering dilihat adalah serangga seperti belalang, jangkrik, dan kumbang, bahkan kadal, kodok dan juga burung lain.

Cendet kelabu atau masyarakat sekitar sering menyebutnya Cendet adalah jenis burung kicau dengan suara merdu dan lantang. Burung ini bisa menirukan suara burung lain bahkan suara binatang lain atau suara-suara di dekatnya yang sering ia dengar.

Sebenarnya di alam habitat aslinya, burung cendet termasuk hewan aktif serta cukup ganas karena burung ini tergolong dalam kelompok predator. Cendet biasanya dengan ganasnya akan menyambar sesuatu yang berada didekatnya secara sangat agresif.

burung cendet kelabu - teknoget

Cara Burung Cendet Cepat Gacor

Cara merawat burung cendet trotol agar cepat gacor dimulai dengan pola pemberian maka yang tepat, memandikan burung, memperhatikan keshatannya, dan seterusnya. Lebih lanjut tentang cara merawat cendet yang benar bisa diikuti dan dipraktikkan seperti dijelaskan dibawah ini.

Dan satu hal yang perlu jadi catatan, cendet termasuk jenis burung yang mudah stress. Jika sedang stress, burung ini biasanya akan terlihat malas makan dan cenderung diam alias tidak mau berkicau. Untuk itu, pola perawatan yang bagus akan membuat burung cendet Anda terhindar dari stress.

Berikut ini beberapa kiat merawat burung cendet anakan agat bisa cepat gacor dan bahkan siap untuk mengikuti lomba kontes burung berkicau dikelasnya.

1. Pilih merawat burung cendet Jantan

Cara membedakan cendet jantan dan betina
Cara membedakan cendet jantan dan betina

Jika Anda ingin memiliki burung kicau yang bisa berkicau gacor maksimal, maka sebaiknya pilihlah burung peliharaan jantan karena burung jantan lebih memiliki mental petarung dibanding burung betina. Biasanya, burung betina cenderung kalah gacor jika disandingkan dengan burung jantan.

Memang agak sulit untuk membedakan burung jantan dan betina ketika masih anakan atau trotol. Namun, Anda bisa mempelajari ciri-ciri burung jantan atau betina melalui berbagai referensi. Jika teliti, sepertinya tidak sulit-sulit amat untuk membedakannya.

2. Tempatkan di area yang membuat burung nyaman

cendet dibawah teras rumah
Burung cendet dibawah teras rumah

Jika Anda ingin memancing burung cendet Anda agar cepat gacor, maka sangat penting untuk memperhatikan lingkungan tempat burung tersebut. Pilihlah area yang bisa membuat burung nyaman. Namun, sebenarnya ini tidak terlalu sulit. Yang penting, Anda perhatikan, apakah burung itu terlihat nyaman atau tidak.

Apabila terlihat kurang menikmati tempatnya, silahkan memindahkannya ke area lain. Misalkan dibawah teras rumah, dibawah pepohonan depan rumah, atau di area-area tertentu yang bisa mendongkrak performa kiacu dari burung tersebut.

3. Atur pola makan yang benar

memberi makan cendet
Pola makan cendet yang benar

Ini termasuk salah satu poin yang sangat penting. Seperti sudah dijelaskan diawal tadi, bahwa burung cendet adalah termasuk jenis burung pemakan hewan lain. Umumnya, burung ini menyukai belalang, jangkrik, hingga kroto. Namun, biasanya para breeder juga memberinya makan voer sebagai makanan sehari-hari. Adapun untuk jangkrik dan belalang merupakan makanan ekstra atau extra fooding.

Atur pola makan yang benar agar tidak membuat cendet stress, karena dari cara makan ini biasanya cendet bisa dengan mudah mengalami stress apabila dilakukan secara asal-asalan.

Misalkan voer yang Anda gunakan adalah SKM, maka sebaiknya jangan diganti-ganti karena akan membuat burung malas makan. Sementara itu, untuk ectra fooding seperti jangkrik atau kroto, usahakan untuk memberikan porsi yang terukur dan jangan dilebih-lebihkan atau terlalu sedikit. Jika hari ini Anda berikan 6 ekor jangkrik, maka sebaiknya pola tersebut dijaga dan diterapkan di hari-hari berikutnya agar cendet tidak perlu beradaptasi kembali untuk urusan makan.

4. Mandikan burung jika perlu

memandikan cendet
Cara memandikan cendet

Walaupun burung cendet ini tidak termasuk jenis burung berkicau yang terlalu suka air, namun tidak ada salahnya juga untuk memandikan burung Anda pada siang hari. Anda bisa mengambil momentum kapan perlu memandikan burung tersebut. Misalkan disaat cuaca sedang sangat panas.

Jika ingin memandikan cendet, gunakan botol semprotan dan jaraknya jangan terlalu dekat karena dikhawatirkan akan membuat cendet takut atau mengenai matanya.

5. Jemur burung cendet

menjemur cendet
Cara menjemur burung cendet

Baik memandikan dan menjemur, sebenarnya tidak terlalu prioritas menurut saya. Namun, ini juga penting. Hanya saja, masalahnya kan mungkin saja Anda tidak terlalu punya banyak waktu. Nah, jika kondisinya demikian, maka cukup fokus pada pola makannya saja.

Adapun untuk penjemuran burung cendet, Anda bisa menjemurnya sekitar 15 menitan. Setelah itu, silahkan letakkan ditempat yang teduh.

Dari sekian banyak metode merawat burung cendet agar cepat gacor, salah satu yang paling penting adalah menjaga pola makan, karena jika bermasalah pada poin ini, maka burung Anda pasti akan mengalami stress.

6. Lakukan pemasteran

pemasteran burung cendet
Cara pemasteran burung cendet

Terkhusus untuk burung cendet trotol atau pastol, sebaiknya Anda lakukan pemasteran secara teratur setiap hari atau minimal 3 kali dalam seminggu. Tujuannya adalah untuk melatih burung cendet milik Anda agar dapat merekam suara yang ia dengar. Dengen begitu, kedepannya burung Anda akan mulai bunyi sedikit demi sedikit.

Cara pemasteran burung cendet bisa dengan menggunakan burung lain atau putar suara mp3 cendet yang gacor dan punya bunyi yang menarik agar dapat ditiru oleh burun Anda.

Berapa lama burung cendet bisa gacor? Jawabannya adalah tergantung sejumlah faktor. Jika Anda merawatnya dengan baik dan rajin melakukan pemasteran, kemungkinan dalam hitungan sekitar 10 bulan burung Anda siap untuk menjadi raja kicau.

7. Kerodong burung saat malam hari

mengkrodong burung cendet
Cara mengkrodong burung cendet

Apa tujuan burung di kerodong? sederhananya burung di kerodong maksud dan tujuannya adalah untuk memberikan waktu yang nyaman bagi burung agar bisa istirahat secara maksimal ketika malam hari. Dengan begitu, pagi dan siang harinya burung punya stamina yang cukup untuk berkicau secara gacor.

Tanpa dilakukan kerodong saat malam hari, tidak menutup kemungkinan burung akan kesulitan untuk bisa isitirahat total, dan pada akhirnya hal ini akan berimbas pada kesehatan burung itu sendiri.

8. Berikan vitamin secara berkala

vitamin burung cendet
Berikan vitamin burung cendet

Burung juga membutuhkan vitamin untuk mendongkrak performanya. Kesehatan burung tentunya akan menentukan seberapa gacor burung Anda. Nah, agar burung Anda tetap sehat dan punya stamina bagus, usahakan untuk memberinya vitamin misalkan seminggu 3 kali yang bisa Anda larutkan dalam minumannya.

Jual vitamin burung murah banyak sekali pilihannya. Anda bisa beli langsung di toko burung terdekat atau memesannya secara online. Anda bisa membeli vitamin burung yang sesuai untuk jenis burung milik Anda.

9. Jaga kebersihan sangkar

kebersihan sangkar cendet
Pastikan kebersihan sangkar cendet

Satu lagi yang tak kalah pentingnya adalah selalu memastikan kebersihan sangkar karena sangkar yang bersih tentunya akan menghindarkan burung Anda dari berbagai potensi terkena penyakit atau virus.

Bersihkan sangkar burung setiap hari. dan pastikan tidak ada tumpukan kotoran disangkarnya agar semakin membuat burung Anda merasa nyaman dan juga sehat. Apabila Anda tidak punya banyak waktu luang, sebaiknya pilih sangkar burung yang mudah dibersihkan.


Kesimpulan tentang merawat cendet

Burung cendet merupakan jenis burung yang bisa berkicau lantang. Secara umum, cara merawat burung ini tidak terlalu sulit. Meskipun Anda breeder pemula, Anda bisa memiliki cendet gacor dengan catatan Anda harus memperhatikan pola makannya dan juga beberapa kegitan mendukung lainnya misalkan seperti melakukan pemasteran secara teratur ketika burung masih anakan.

Anda bisa memperhatikan beberapa poin yang dijelaskan diatas agar burung cendet milik Anda bisa gacor maksimal. Dan untuk cara burung cendet tidak miyik, dalam artikel ini kita tidak membahasnya. Jika dimungkinkan, kemungkinan akan kita bahas dilain waktu. Demikian, salam cendet mania.

Next Post Previous Post