Cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth



Bluetooth adalah salah satu piranti penting pada perangkat ponsel yang memudahkan pengguna hp untuk mengiri file dan juga bisa dimanfaatkan untuk mengirim aplikasi ke hp lain, baik itu smartphone Android maupun yang lainnya.

Jika Anda belum pernah mengirim aplikasi lewat bluetooth, caranya bisa Anda baca dalam artikel ini dimana sebenarnya untuk mengirim aplikasi via bluetooth tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya dengan sangat mudah.

Selama ini Anda mungkin sudah terbiasa mengirim file, foto, atau lagi lewat bluetooth. Anda pun bisa bertukar aplikasi untuk hp teman jika menginginkan aplikasi yang sama yang ada di ponsel Anda.

Tidak sedikit yang mencari informasi tentang cara mengirim apk lewat bluetooth tanpa aplikasi dan juga cara mengirim aplikasi lewat bluetooth ke laptop, nah melalui artikel ini Anda bisa menyimaknya jika ingin menggunakan piranti bluetooth sebagai alat transfer antar ponsel.

Mengenal apa itu Bluetooth

Bluetooth adalah teknologi komunikasi nirkabel jarak pendek yang memungkinkan perangkat seperti ponsel, komputer, dan periferal untuk mengirimkan data atau suara secara nirkabel melalui jarak pendek.

Tujuan terciptanya teknologi Bluetooth adalah untuk mengganti kabel yang biasanya menghubungkan perangkat, sambil tetap menjaga komunikasi di antara mereka tetap aman.

Nama "Bluetooth" diambil dari raja Denmark pada abad ke-10 bernama Harald Bluetooth, yang dikatakan menyatukan faksi-faksi regional yang berbeda dan berperang. Seperti namanya, teknologi Bluetooth menyatukan berbagai perangkat di banyak industri yang berbeda melalui standar komunikasi yang menyatukan.

Beberapa cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth

Dibawah ini Anda akan dipandu untuk melakukan kirim aplikasi lewat bluetooth dimana terdapat beberapa metode yang dapat Anda pilih yang menurut hemat Anda paling mudah, cepat, dan praktis.

Tutorial cara kirim aplikasi lewat bluetooth samsung maupun merk hp lainnya secara keseluruhan sama saja. Jadi, tidak ada langkah-langkah khusus yang perlu dilakukan ketika Anda ingin mengirimkan sebuah aplikasi tertentu.

Cara mengkoneksikan Bluetooth


Banyak perangkat seluler memiliki radio Bluetooth yang tertanam di dalamnya. PC dan beberapa perangkat lain yang tidak memiliki radio internal dapat mengaktifkan Bluetooth dengan menambahkan dongle Bluetooth, misalnya.

Proses menghubungkan dua perangkat Bluetooth disebut "penyandingan". Umumnya, perangkat menyiarkan kehadiran mereka satu sama lain, dan pengguna memilih perangkat Bluetooth yang ingin mereka sambungkan saat nama atau ID muncul di perangkat mereka.

Seiring berkembangnya perangkat berkemampuan Bluetooth, penting bagi Anda untuk mengetahui kapan dan ke perangkat mana yang Anda sambungkan, jadi mungkin ada kode yang harus dimasukkan yang membantu memastikan Anda tersambung ke perangkat yang benar.

Proses pemasangan ini dapat bervariasi tergantung pada perangkat yang terlibat. Misalnya, menghubungkan perangkat Bluetooth ke iPad Anda dapat melibatkan langkah-langkah yang berbeda dari langkah-langkah untuk memasangkan perangkat Bluetooth ke mobil Anda.

Batasan pada perangkat Bluetooth


Ada beberapa kelemahan dari Bluetooth. Yang pertama adalah dapat menguras daya baterai untuk perangkat nirkabel seluler seperti smartphone, meskipun seiring dengan kemajuan teknologi (dan teknologi baterai), masalah ini tidak terlalu signifikan dibandingkan sebelumnya.

Juga, jangkauannya cukup terbatas, biasanya hanya sekitar 30 kaki, dan seperti semua teknologi nirkabel, rintangan seperti dinding, lantai, atau langit-langit dapat mengurangi jangkauan ini lebih jauh.

Proses pemasangan juga mungkin sulit, seringkali tergantung pada perangkat yang terlibat, pabrikan, dan faktor lain yang semuanya dapat menyebabkan frustrasi saat mencoba menyambungkan.

Baca juga:

Cara Mengirim Aplikasi Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi


Selain dengan aplikasi tambahan, Anda juga bisa memindahkan aplikasi lewat bluetooth tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth tanpa aplikasi ini sangatlah praktis untuk digunakan, dan Anda pun tidak perlu menambah isi dari memory ponsel Anda dengan memasang aplikasi tambahan.

Apabila memori internal ponsel Anda relatif kecil dan tidak cukup digunakan untuk mendownload aplikasi baru, Anda bisa memilih cara yang akan dijelaskan dibawah ini dalam mengirim aplikasi.

Cara yang satu ini bisa dilakukan buat Anda yang sedang cari cara mengirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi tambahan. Seperti apa langkah-langkahnya? Silahkan ikuti panduan sepert dijelaskan berikut ini.

  1. Silahkan memilih aplikasi apa yang ingin Anda transfer ke hp lain.
  2. Pada halaman depan, silahkan pilih aplikasi apa yang ingin Anda kirimkan via bluetooth.
    kirim aplikasi lewat bluetooth
  3. Selanjutnya, pilih menu Share untuk mulai menerapkan cara bagi aplikasi lewat bluetooth.
  4. Kemudian, silahkan Anda pilih menu Share lalu kirim menggunakan pilihan pengiriman melalui Bluetooth.
  5. Setelah itu, Anda bisa memilih nama bluetooth dari ponsel yang akan dikirimi aplikasi.
  6. Tungg sampai proses pengiriman aplikasi selesai.


Catatan:

Untuk diketahui, cara kirim aplikasi lewat bluetooth tanpa aplikasi tambahan sebagaimana yang dijelaskan diatas tidak berlaku untuk smartphone merk Xiaomi. Jadi, Anda perlu mengirim aplikasi ke hp lain dengan bantuan aplikasi tambahan.

Cara kirim APK lewat Bluetooth dengan ShareCloud


Sebenarnya banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirim aplikasi ke hp lain di Android. Jika Anda bertanya untuk cara mengirim aplikasi shareit lewat bluetooth, Anda juga dapat mengirim aplikasi lewat bluetooth dengan menggunakan aplikasi ShareCloud. Aplikasi ini fungsinya dalam hal pengiriman aplikasi antar ponsel tidak jauh berbeda dengan shareit.

Adapun cara mengirim aplikasi lewat bluetooth menggunakan aplikasi yang satu ini bisa Anda ikuti langkah-langkahnya seperti diterangkah dibawah ini.

  1. Terlebih dulu, silahkan Anda download aplikasi Sharecloud agar dapat mengirim aplikasi apapun melalui perangkat bluetooth.
  2. Jika sudah di download dan di install, selanjutnya silahkan pilih menu Aplikasi.
  3. Apabila sudah masuk ke halaman utama dari aplikasi ShareCloud, Anda dapat memilih menu Aplikasi. Nantinya tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.
    Cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth
  4. Selanjutnya, pilih aplikasi yang hendak dikirimkan.
  5. Kemudian adalah Anda perlu memilih aplikasi mana saja yang akan dikirimkan dengan cara tap dan tahan pada aplikasi tersebut sampai muncul ikon tanda centang.
  6. Lalu pilih menu icon Share.
  7. Berikutnya, pilih menu icon Share di pojok kiri-bawah. Lalu, pilih pilihan Bluetooth dan kirimkan ke HP Android yang Anda tuju.
  8. Silahkan ditunggu sampai proses transfer aplikasi selesai.

Cara mengirim aplikasi lewat Bluetooth dengan Sharecloud merupakan metode yang paling umum digunakan seperti halnya kirim aplikasi lewat Shareit. Anda bis mencobanya sekarang jika merasa memerlukannya.

Cara kirim aplikasi lewat bluetooth Samsung

Anda mungkin termasuk salah satu pengguna Samsung. Tak dipungkiri bahwa Samsung merupakan produsen smartphone berbasis Android dengan pengguna terbanyak setelah iPhone. Nah, bagi Anda yang ingin tahu cara kirim aplikasi lewat bluetooth samsung, silahkan tonton video dibawah ini.

Demikian informasi tentang cara berbagi aplikasi lewat bluetooth yang tentunya dapat dilakukan secara mudah. Selamat mencoba!



Next Post Previous Post