Cara Mengatasi Printer Lambat Ngeprin

Kemungkinan Anda pernah menjumpai perangkat pencetak atau printer berjalan dengan sangat lambat saat digunakan untuk ngeprin. Apa penyebab priter lambat dan cara mengatasinya?

Printer Anda mencetak lebih lambat jika Anda mencoba mencetak dokumen secara massal. Kami biasanya mengabaikan printer yang lambat sekali atau dua kali. Namun, jika masalah berlanjut lebih lama, mungkin ada yang salah dengan perangkat, dan Anda harus khawatir.

Jika Anda baru saja beralih dari laser ke printer inkjet, Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena inkjet umumnya lebih lambat daripada laser. Banyak pengguna melaporkan masalah ini saat tingkat tinta printer hampir habis atau saat koneksi jaringan lemah.

Pada artikel Teknoget ini, kita akan melalui beberapa cara untuk memperbaiki masalah ini.

Kemungkinan Penyebab Masalah

Printer Lambat Ngeprin

Mari kita lihat beberapa penyebab masalah sebelum pindah ke bagian perbaikan:

  • Printer yang terlalu panas
  • Mencetak dokumen ukuran besar
  • Mencetak dalam kualitas tinggi
  • Layanan spooler cetak tidak responsif
  • Mode senyap diaktifkan
  • Pencetakan dua arah yang dinonaktifkan
  • Driver printer yang kedaluwarsa
  • Firmware kedaluwarsa

Perbaikan untuk Pencetakan Printer Lambat


Ada banyak skenario mengapa printer Anda mencetak lebih lambat. Anda dapat me- restart printer Anda sebagai perbaikan awal. Namun, itu mungkin tidak selalu berhasil.

Ada beberapa perbaikan terbukti lainnya yang berfungsi untuk memperbaiki printer yang mencetak lambat. Mari kita langsung ke mereka.

Istirahatkan Printer Anda


Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memberikan istirahat pada printer Anda. Jika Anda telah menggunakan printer untuk waktu yang lama, printer dapat menjadi terlalu panas dan melambat untuk melindungi dirinya dari kerusakan.

Anda dapat mencabut printer dari stopkontak listrik, diamkan selama beberapa menit, hidupkan kembali dan coba mencetak. Jika panas berlebih yang menyebabkan masalah, Anda seharusnya tidak lagi menghadapi masalah.

Periksa Apa yang Anda Cetak


Ukuran dokumen memang penting dalam hal kecepatan pencetakan. Jika Anda mencetak dokumen berukuran besar, komputer Anda dapat memakan waktu lebih lama untuk memproses file, yang pada akhirnya menurunkan kecepatan pencetakan.

Jika memungkinkan, Anda dapat mencoba memperkecil ukuran file sebelum mencetak. Tetapi perhatikan bahwa mengurangi ukuran dapat menurunkan kualitas, jadi harap bertindak dengan tepat. Anda dapat beralih ke printer laser jika Anda menginginkan kecepatan yang lebih cepat daripada printer inkjet.

Periksa Kecepatan Internet Anda


Jika Anda berkomunikasi dengan printer melalui Wi-Fi , koneksi Internet yang lambat dapat menjadi penyebab lain mengapa Anda menghadapi pencetakan yang lambat. Verifikasi apakah jaringan lambat untuk menangani pekerjaan cetak. Jika Anda memiliki tugas pengunduhan lain atau aplikasi yang membutuhkan Internet yang berjalan di komputer Anda, tutuplah sampai Anda menyelesaikan pekerjaan pencetakan Anda.

Selain itu, jika Anda menggunakan kabel USB untuk menyambungkan komputer ke printer , pertimbangkan untuk memeriksa kabel apakah ada kerusakan, seperti keausan. Juga, coba ubah port dan lihat apakah masalahnya ada di dalam port.

Periksa Baki Kertas dan Kartrid


Level tinta yang lebih rendah dan kertas yang tidak mencukupi di baki kertas adalah alasan lain untuk pencetakan yang lambat. Periksa apakah Anda memiliki cukup kertas di baki dan tinta di dalam kartrid. Jika Anda melihat level tinta terlalu rendah, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengisi ulang tinta atau memasang kartrid baru.

Sebagian besar printer menggunakan lebih dari satu kartrid. Biasanya printer menggunakan dua atau empat kombinasi kartrid. Mencetak menggunakan satu kartrid dapat menghabiskan banyak waktu, jadi pastikan tersedia cukup tinta pada setiap kartrid.

Gunakan Pencetakan Kualitas Draf


Kualitas pencetakan yang telah Anda tetapkan untuk printer Anda juga penting dalam hal kecepatan. Jika Anda mengatur pencetakan berkualitas tinggi, ini akan menghabiskan lebih banyak tinta dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencetak daripada saat Anda melakukannya dengan kualitas draf.

Jika Anda dapat mengorbankan kualitas demi kecepatan, Anda dapat melanjutkan dengan mengubah kualitas cetak dari pengaturan printer Anda. Jika tidak, tidak apa-apa; Anda perlu menunggu cukup lama untuk mencetak dokumen Anda.

Sebagian besar printer memiliki opsi yang tersedia untuk mengubah kualitas cetak. Disini saya akan menggunakan printer Epson seri L110 untuk penjelasannya.


  • Tekan Windows + R.
  • Ketik control lalu tekan Enter untuk membuka Control Panel .
  • Pada Control Panel, klik menu Hardware and Sound , lalu klik Devices and Printers .
  • Di bawah bagian Printers , klik kanan printer yang kualitas pencetakannya ingin Anda pilih.
  • Klik Preferensi pencetakan dari menu konteks.
  • Di jendela baru, di tarik-turun Kualitas , pilih Draf .
  • Kemudian klik Terapkan > OK untuk menyimpan perubahan.


Mulai ulang Print Spooler


Sebuah spooler cetak adalah aplikasi kecil yang menangani semua perintah pencetakan yang Anda berikan ke printer menempatkan mereka dalam antrian printer. Saat Anda memberikan banyak perintah pencetakan sekaligus, spooler cetak mungkin berhenti merespons dan menimbulkan masalah. Ini dapat menyebabkan pencetakan lambat. Anda dapat mencoba memulai ulang layanan dan memeriksa apakah itu menyelesaikan masalah.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:


  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard.
  • Ketik di services.msc bidang teks, lalu tekan tombol Enter. Ini akan membuka aplikasi Layanan .
  • Di jendela baru, gulir ke bawah untuk menemukan layanan Print Spooler .
  • Klik kanan di atasnya dan pilih Restart .

Nonaktifkan Mode Diam


Printer memang menghasilkan suara saat mencetak. Jadi, untuk mengurangi kebisingan, beberapa printer, seperti HP dan Epson, telah mengintegrasikan fitur mode Diam. Saat mode ini diaktifkan, mode ini akan mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan printer saat mencetak. Namun, perlu diingat bahwa itu juga mengurangi kecepatan pencetakan.

Berikut cara menonaktifkan mode Diam pada printer Epson L110 Series :

  • Luncurkan aplikasi Run dengan menekan Windows + R pada keyboard Anda.
  • Ketik control di bidang teks dan tekan tombol Enter. Ini membuka Panel Kontrol .
  • Kemudian Navigasikan ke Hardware and Sound > Devices and Printers .
  • Temukan profil printer Anda di bawah bagian Printers dan klik kanan di atasnya.
  • Pilih Preferensi pencetakan dari daftar opsi.
  • Centang kotak di sebelah mode Diam.
  • Klik Terapkan dan OK, dan Anda selesai.


Aktifkan Pencetakan Dua Arah


Beberapa printer seperti itu dari Primera juga memiliki fitur pencetakan dua arah. Saat fitur ini diaktifkan pada pengaturan printer Anda, kepala cetak menyemprotkan tinta ke salah satu arah pergerakannya. Ini membantu mempercepat proses pencetakan Anda. Anda dapat menyalakannya jika Anda menghadapi pencetakan yang lebih lambat. 

Perbarui Driver Printer Anda


Driver printer bertanggung jawab untuk mengoordinasikan komputer dan printer Anda. Tetapi jika rusak atau kedaluwarsa, itu dapat menimbulkan masalah dengan pencetakan, dan Anda mungkin mengalami proses pencetakan yang lebih lambat. Tergantung pada pabrikan Anda, Anda dapat dengan mudah mencari dan mengunduh driver printer terbaru.

Perbarui Firmware Pencetak


Firmware adalah program kecil yang berjalan di perangkat itu sendiri. Dalam kasus printer, jika firmware-nya kedaluwarsa, ia dapat mulai bertindak lambat. Anda dapat mengunjungi situs web produsen dan mengunduh serta menginstal firmware terbaru dengan mudah. Atau, gunakan alat pemutakhiran terintegrasi untuk memperbarui firmware .

Mencari Bantuan Profesional


Jika Anda masih tidak dapat mengetahui apa yang menyebabkan printer Anda mencetak lebih lambat, mungkin ada beberapa masalah perangkat keras utama. Karena membongkar dan memperbaiki printer adalah pekerjaan yang agak sulit dan membutuhkan keahlian, Anda dapat berkonsultasi dengan profesional dan meminta untuk memeriksanya.

Next Post Previous Post