Cara Mendapatkan Sinyal Saat Mati Lampu

Kenapa sinyal hp mati saat mati listrik? Pertanyaan in mungkin sering hinggap dipikiran Anda. Ya, penyebab sinyal hp hilang saat listrik padam akan kita kupas disini.

Cara mendapatkan sinyal saat lampu mati memang relatif sulit karena pada dasarnya signal yang dipancarkan lewat cell tower atau BTS itu dalam pengoperasiannya membutuhkan tenaga listrik yang secara normal dipasok oleh listrik PLN.

Namun begitu, ada beberapa kiat yang bisa Anda praktikkan jika tetap ingin mendapatkan signal walaupun sedang mati listrik. Dibawah ini akan diuaraikan untuk Anda mengenai penyebab sinyal hilang saat mati lampu juga cara mendapatkan sinyal saat mati lampu yang pastinya penting untuk Anda ketahui.

Cara Mendapatkan Sinyal Saat Mati Lampu

Menggunakan ponsel bukan sekedar untuk keperluan hiburan semata. Dengan ponsel, Anda dapat melakukan komunikasi secara lancar, berkirim dokumen, transfer data, melakukan aktivitas perbankan yang berhubungan dengan uang, dan juga dapat mendukung kegiatan pekerjaan sehari-hari Anda.

Jika sinyal hp tiba-tiba hilang atau menurun karena masalah BTS yang tidak memiliki sumber daya listrik, maka kondisi ini tentunya akan sangat mengganggu sekali. Nah, disini kita akan mengupasnya dengan adanya beberapa solusi yang meskipun tidak sepenuhnya solutif tapi minimal bisa mendapatkan sinyal sekedar untuk berkomunikasi.
bts pemancar sinyal



Penyebab Sinyal Hilang Saat Mati Lampu


Secara singkat sudah disinggung dibagian awal artikel ini, bahwa untuk bisa bekerja sesuai fungsinya, BTS itu membutuhkan sumber listrik. Tanpa daya listrik, maka BTS tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Fungsinya yang tidak lain adalah sebagai pemancar sinyal, maka akan mengalami kendala.

Perangkat BTS membutuhkan pasokan daya listrik agar bisa menjalankan fungsinya. Sayangnya, listrik pada seringkali kita jumpai dimana pada saat hal itu terjadi, sinyal di hp yang sebelumnya full bar dengan begitu cepatnya akan menjadi lemah bahkan hingga sama sekali tidak ada sinyal.

indikator sinyal

Operator seluler sebenarnya sudah menyiasati kondisi listrik mati agar para pelanggan tetap bisa mendapatkan singanl saat mati lampu, yaitu dengan menggunakan genset atau baterai cadangan. Sayangnya, terkadang hal ini juga belum mampu mengatasi kendala yang muncul. Bisa jadi karena kondisi genset ada kendala, cadangan baterai habis, atau karena kendala teknis lainnya.

Terlepas dari itu semua, pada intinya, cara kerja BTS adalah mengharuskan adanya sumber daya listrik. Tanpanya, maka signal di HP akan melemah sampai dengan hilang sepenuhnya.

Cara Mendapatkan Sinyal Saat Mati Lampu


Bagaimana mungkin kita tetap bisa dapat sinyal ketika listrik mati sementara BTS itu membutuhkan listrik? Karena operator umumnya menyiapkan genset atau cadangan baterai, maka kita tetap berpeluang untuk mendapatkan sinyal walaupun tidak maksimal.

Jadi, kemungkinan besar tidak semua BTS dilengkapi dengan genset atau backup baterai, tetapi jumlah BTS itu kan banyak. Artinya, kita tetap bisa mendapatkan sinyal namun dengan perilaku yang sedikit berbeda dari kondisi normal, misalkan:

  • Refresh jaringan di hp Anda lewat berbagai cara; aktifkan lalu matikan mode pesawat.
  • Tempatkan ponsel pada sudut atau ruang yang memungkinkan hp Anda bisa menangkap sinyal secara lebih kuat.
  • Cari area yang paling kuat sinyalnya di sekitar Anda dengan membawa ponsel tersebut berputar-putar sebentar. Perhatikan indikator sinyal, jika sudah ditemukan daya tangkap sinyal yang paling kuat, silahkan stay disitu.

Itulah beberap tips mendapatkan sinyal saat mati lampu. Dan sebagaimana sudah disinggung diawal tadi, ini memang tidak secara 100 persen memberikan solusi karena sinyal tetap tidak akan bisa semaksimal pada saat listrik hidup. Namun, sekedar untuk mendapatkan sinyal 1-2 bar, sepertinya hal itu sangat mungkin.

listrik untuk bts


Dengan bekal sinyal 2 bar, Anda sudah bisa membuka internet, padahal pada umumnya internet akan sulit sekali diakses ketika listrik mati karena masalah pada kekuatan sinyal tersebut.

Yang mungkin ingin Anda baca:

Aplikasi penguat sinyal saat mati lampu


Diluar sana mungkin ada yang membagikan info aplikasi penguat sinyal saat mati lampu, sayangnya, saya tidak dapat merekomendasikan aplikasi apapun untuk Anda karena akurasinya yang tidak dapat saya ukur.

Namun, apabila Anda ingin internetan saat listrik mati dimana dalam kondisi itu kecepatan akses pasti menjadi sangat rendah, berikut ini adalah beberapa aplikasi penguat sinyal yang mungkin membuat Anda ingin mencobanya sekedar untuk memastikan apakah benar-benar work atau tidak, berikut ini beberapa aplikasi yang dimaksudkan:

  1. Aplikasi penguat Signal Network Signal Speed Booster
  2. Aplikasi penguat Signal Connection Stabilizer Booster
  3. Aplikasi penguat Signal Antenna Pointer
  4.  3G To 4G a Signal strength apps
  5. Aplikasi Internet Optimizations
  6. Aplikasi Internet Optimizer & Ping Faster

Jika ingin mencoba aplikasi penguat sinyal diatas barangkali berguna ketika listrik mati dan disaat yang sama Anda ingin membuka internet, Anda bisa download aplikasi diatas.

Antisipasi sinyal lemah saat mati lampu

Karena sinyal hp harus tetap ada, maka kemudian banyak yang bertanya yang berkaitan dengan hal tersebut, termasuk diantaranya yaitu sinyal xl hilang saat mati lampu, ada juga yang bertanya apa kartu yang bagus saat mati lampu, lalu pertanyaan lainnya adalah mengapa sinyal axis hilang saat mati lampu, serta yang juga jad pertanyaan lainnya adalah apa apn telkomsel saat mati lampu, dimana semua itu tentunya ditanyakan oleh para pengguna kartu prabayar ketika mereka mendapati sinyal di hp mereka lemah atau hilang.

Agar tidak dibuat kelimpugan, ada baiknya Anda mengantisipasi sinyal lemah saat mati lampu yang antara lain adalah dengan menerapkan beberapa kiat sebagaimana yang sudah dijabarkan dibagian atas artikel ini.

Karena lampu mati bisa terjadi kanapun dan disisi lain Anda pasti tetap membutuhkan sinyal, maka ada baiknya mencari solusi untuk mengantisipasi kendala ini yang antara lain dapat dilakukan dengan cara sederhana sebagaimana yang diinfokan diatas tadi.

Tidak mengapa sinyal yang didapat tetap tergolong lemah, yang terpenting adalah masih memungkinkan Anda untuk bisa berkomunikasi atau membuka internet, meskipun dengan speed yang relatif lambat dibanding dalam kondisi normal, yakni ketika listrik hidup.

Next Post Previous Post