Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat



Artikel ini berisi tentang penjelasan mengenai aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah sebagaimana yang dijabarkan dibawah ini. Silahkan dibaca sampai tuntas agar Anda bisa mendapatkan pemahaman yang tepat.

Menyinggung tentang internet, tentu ada banyak aplikasi yang dikaitkan dengan internet dan kali ini kita bahas dalam postingan singkat ini. Terdapat aplikasi yang memudahkan pengambilan file secara cepat yang mungkin belum Anda pahami.

Untuk Anda ketahui, bahwa aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah File Transfer Protocol (FTP). Adapun salah satunya yang paling populer yakni File Zilla, yang mana ini gratis dan dapat digunakan secara mudah.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunggah (upload) file dalam ukuran besar dengan sangat mudah. Adanya aplikasi-aplikasi seperti yang kita bahas ini dapat membantu Anda untuk memudahkan dalam proses mengambil file secara instan.

Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah

Diatas sudah dijelaskan bahwa aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat FTP. Anda dapat menggunakan File Zilla yang mana ini adalah yang sangat familiar bagi kebanyakan orang serta gratis.

aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat FileZilla
Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat FileZilla

Pengertian internet adalah jaringan nirkabel (tanpa kabel) yang tersebar luas ke seluruh dunia dan membentuk jaringan yang sangat besar. Sehingga dengan demikian itu, memungkinkan para pengguna untuk saling terhubung satu sama lain dalam jaringan internet.

Lantaran dengan internet akan ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh para pengakes, misalkan untuk berkomunikasi, shopping, menonton video, dan juga bisnis, untuk Anda yang sering berhubungan dengan internet, acap kali dihadapkan dengan urusan pengambilan file di internet.

Uraian untuk Pengertian Aplikasi Internet yang dapat digunakan untuk Pengambilan File dengan Cepat 

Secara ringkas diatas tadi sudah dijelaskan mengenai apa itu FTP yang fungsinya adalah untuk memudahkan pengguna internet dalam mengambil file dengan ceat.

Pengertian FTP

aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah ftp


File Transfer Protocol atau yang juga familiar dengan sebutan FTP adalah protokol di Internet yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer data antar server atau mengambil file melalui jaringan TCP.

Aplikasi internet untuk transfer file


Aplikasi internet yang bisa digunakan untuk keperluan transfer file dengan cepat merupakan aplikasi yang sering digunakan oleh banyak orang di dunia teknologi, dalam hal ini FTP yang sangat dikenal oleh masyarakat untuk mentransfer data.

FTP digunakan dengan alasan sebagai aplikasi transfer data yang lebih mudah untuk mentransfer data dengan FTP daripada dengan perangkat lain. Dengan adanya FTP, Anda juga dapat mengambil dan mentransfer data dari jarak jauh

Fungsi FTP


FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol dan merupakan aplikasi Internet yang dapat mengambil file dengan cepat, yaitu sebuah protokol standar yang digunakan untuk mengirim dan mengambil file antar komputer menggunakan Internet.

Pengguna bisa menggunakan FTP ini untuk menghubungkan perangkat Anda ke perangkat web server hosting sehingga Anda dapat mengakses semua data yang Anda punya.

Akan tetapi tidak semua pengguna internet dapat mengakses data melalui FTP. Pengguna internet harus memiliki izin untuk mengakses data di Internet. Otorisasi digunakan agar pengguna internet yang mengakses data dapat terhubung ke server FTP dan juga perlu memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Hal ini juga dilakukan untuk keamanan data yang Anda miliki.

Kelebihan FTP


Terdapat sejumlah kelebihan dan manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan protokol transfer, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan FTP mampu memberikan Anda kemudahan dalam mentransfer data berukuran besar dengan cepat dan mudah. Ini pasti akan berguna bagi Anda jika sering mentransfer file berukuran besar.
  • Aplikasi internet yang dapat mengambil file dengan cepat yaitu FTP, dimana Anda tidak hanya dapat mengirim file tetapi juga beberapa folder sekaligus.
  • Penggunaan protokol transfer ini membuat Anda juga memiliki keuntungan karena FTP memiliki fungsi backup data otomatis sehingga dapat mencegah hal-hal perlu diantisipasi dari awal.
  • Terdapat fungsi reset di FTP yang dapat Anda gunakan jika koneksi internet Anda turun sewaktu-waktu atau komputer Anda tiba-tiba restart.
  • Memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal transfer data karena ada software FTP client yang memiliki fungsi penjadwalan sehingga tidak mengganggu jadwal kerja Anda.

Kekurangan FTP

Jika yang diatas merupakan beberapa kelebihan dari FTP, lalu apa saja kekurangan FTP? Berikut ini beberapa diantaranya.

FTP tentunya tak lepas juga dari meninggalkan sejumlah celah, beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan aplikasi ini, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Lewat FTP ini data yang ditransfer dikirim dalam teks biasa dan tanpa enkripsi tambahan, memungkinkan peretas untuk mengakses data.
  • Sejumlah aplikasi FTP mungkin tidak aman, jadi berhati-hatilah saat memilih layanan FTP agar Anda tidak terkena ancaman seperti serangan spoofing, dan packet sniffing.
  • Kekurangan lain dari FTP adalah aplikasi transfer data ini tidak ditujukan untuk pemula di dunia TIK karena aplikasi ini mungkin dirasa agak sulit bagi seorang pemula.
  • Ketika Anda mengirimkan data, Anda tidak dapat melacak data tersebut, sehingga akan sulit bagi Anda untuk mengetahui file mana yang telah berhasil ditransfer.


Kesimpulan tentang aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah berupa FTP atau File Transfer Protocol yang mana uraiannya sebagaimana sudah dijelaskan diatas tadi.

Demikian juga dengan kelebihan serta kekurangan FTP yang sudah dibahas diatas yang diharapkan dapat menambah pengetahuan Anda dalam ilmu informatika. Sebuah informasi yang ringan, namun mungkin akan berguna bagi Anda.



Next Post Previous Post