8 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Memasang RAM Baru



RAM adalah perangkat penyimpanan yang menyimpan sementara data elektronik sehingga prosesor dapat mengakses dan memprosesnya lebih cepat. Oleh karena itu, Anda memerlukan RAM dengan latensi, frekuensi, dan kapasitas yang lebih baik jika Anda mencari kinerja yang lebih baik dari OS Anda.

Jika Anda baru saja meningkatkan RAM Anda, pemikiran awal Anda mungkin adalah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Namun, Anda tidak perlu menggaruk kepala karena tidak ada yang benar-benar tersisa untuk Anda lakukan. Karena RAM mengadopsi fitur plug-and-play, itu akan berfungsi dengan baik setelah tongkat dipasang di slot yang tepat.

Nah, Anda mungkin berpikir untuk menginstal driver khusus untuk menjalankan RAM. Tetapi sebenarnya Anda tidak memerlukan perangkat lunak tambahan untuk membuat perangkat memori ini berfungsi. Meskipun demikian, Anda pasti dapat memeriksa latensi dan frekuensi RAM untuk menentukan apakah itu berfungsi sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, kami telah menyajikan panduan sederhana ini tentang apa yang harus dilakukan setelah memasang RAM baru.

Manfaat Memasang RAM Baru


Kemungkinan besar, Anda telah menginstal RAM baru untuk meningkatkan kinerja PC Anda. Tentu saja, tidak hanya sebatas itu, karena RAM yang ditingkatkan menawarkan banyak fitur tambahan.
Jadi, di bawah ini adalah beberapa manfaat utama setelah Anda menginstal atau meng-upgrade RAM baru pada motherboard komputer Anda:

  • Komputer Anda memulai jauh lebih cepat dari sebelumnya
  • Pengalaman bermain game yang lebih baik dengan kecepatan bingkai yang ditingkatkan
  • Komputer menyimpan lebih banyak data, mengurangi beban CPU
  • Meningkatkan aktivitas online, seperti meningkatkan streaming dan menjalankan browser secara efisien
  • Dapat meningkatkan kinerja PC Anda secara keseluruhan.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Memasang RAM Baru


Setelah Anda mengetahui manfaat memasang RAM baru, Anda perlu memeriksa apakah Anda mencapai semua yang disebutkan di atas. Pada dasarnya, kami akan memandu Anda dalam membandingkan RAM lama Anda dengan yang baru saja diinstal untuk memastikan bahwa peningkatan Anda sepadan.

Jadi, tanpa penundaan lebih lanjut, mari kita langsung ke tujuh hal yang dapat Anda lakukan setelah menginstal RAM baru di laptop atau komputer desktop Anda.

Panduan Dasar Saat Memasang RAM


Pertama, jika Anda belum memasang stik RAM baru, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Tetapi jika Anda sudah melakukannya, Anda dapat melewati bagian ini dan melanjutkan dengan langkah kedua.

Jika RAM tidak terpasang dengan benar, PC Anda tidak bisa boot sama sekali. Ini karena ini adalah salah satu komponen perangkat keras penting yang bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan CPU.

Jadi, jika Anda belum memasang RAM dengan benar, sistem Anda akan mencapai self-test power-on dan mungkin berbunyi bip terus menerus. Selain itu, Anda bahkan mungkin mendapatkan pesan kesalahan, atau PC Anda mungkin menampilkan layar hitam.

Jadi, kami sarankan untuk memeriksa apakah RAM Anda telah disejajarkan dengan benar dengan motherboard. Di sini, Anda akan belajar melakukannya di laptop dan desktop.

Di Komputer Desktop


Di desktop, Anda perlu membuka pelat penutup casing PC Anda untuk mengakses RAM. Karena Anda telah memasang RAM baru, Anda harus tahu tentang ini. Sekarang, inilah cara Anda dapat memeriksa apakah RAM terpasang dengan benar dan sejajar pada slot khusus di motherboard:

  1. Matikan komputer Anda dan lepaskan semua kabel dari port.
  2. Lepaskan casing atas PC Anda dengan hati-hati. Jika Anda memiliki prosesor yang lebih lama, Anda mungkin memerlukan obeng untuk membuka semua sekrup dari casing.
  3. Temukan slot RAM dan lepaskan setiap stik dengan hati-hati.
  4. Saat memasang kembali, pastikan takik sejajar dengan slot motherboard.
    RAM komputer

  5. Terakhir, pasang kembali semua komponen dan nyalakan CPU. Kali ini, sistem Anda akan mulai tanpa gangguan.

Di Laptop


Tidak seperti komputer desktop, chip RAM terletak di bawah permukaan laptop. Jadi, Anda perlu membukanya dan memeriksa apakah sudah terpasang dengan benar:

  1. Pertama, matikan Windows, dan cabut kabel daya jika dicolokkan.
  2. Selanjutnya, cari kait baterai dan lepaskan dengan hati-hati jika baterai laptop eksternal. Kemudian, gunakan obeng dan buka semua sekrup laptop untuk melepas casing bawah.
  3. Tetapi, jika baterai laptop internal, lepaskan penutup belakang laptop terlebih dahulu dan temukan baterainya. Biasanya, konektor digunakan untuk menghubungkannya ke motherboard. Jadi, cabut kabel dengan hati-hati menggunakan alat berkepala datar. Terakhir, buka semua sekrup dan tarik keluar dengan hati-hati.
  4. Selanjutnya, cari chip RAM dan lepaskan dengan hati-hati.
  5. Sekarang, sejajarkan punggungan dan takik chip RAM dan pasang dengan hati-hati. Anda harus mendengar bunyi klik untuk memastikannya terpasang dengan benar.
    ram laptop

  6. Terakhir, pasang kembali laptop Anda dan hidupkan. Ini akan memulai PC Anda tanpa kesalahan.

Periksa Apakah RAM Baru Terdeteksi


Saat memasang beberapa RAM, motherboard Anda mungkin tidak kompatibel dengan semuanya. Jadi, Anda perlu membaca manual pengguna untuk mempelajari RAM apa yang didukung motherboard Anda.

Misalnya, jika motherboard memiliki slot RAM DDR4 dan Anda mencoba menggunakan DDR3, CPU Anda tidak akan mendukungnya. Dengan cara ini, chip RAM Anda yang ditingkatkan mungkin tidak berfungsi, dan hanya chip yang kompatibel yang terdeteksi.

Selain itu, jika Anda membeli RAM murah, ada kemungkinan Anda telah ditipu. Jadi, sangat penting untuk memeriksa apakah RAM memiliki kapasitas yang sama seperti yang tertera pada stik.

Untungnya, OS Windows memungkinkan kita untuk memeriksa beberapa pengaturan RAM tanpa masuk ke BIOS.

Baca juga:

Jalankan Alat Diagnostik Memori Windows


Memang, penting untuk mengetahui apakah RAM baru Anda memiliki kesalahan memori. Pada dasarnya, menggunakan utilitas ini membantu Anda mendeteksi dan mendiagnosis masalah ini.

Oleh karena itu, sebelum melanjutkan ke langkah lain, kami sangat menyarankan untuk menjalankan alat Diagnostik Memori Windows yang memeriksa apakah ada kesalahan RAM pada sistem Anda.

Instal Aplikasi yang Berguna


Segera setelah Anda memasang RAM yang tepat dan menyalakan CPU, itu akan aktif dan berjalan. Jadi, Anda tidak benar-benar memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Meskipun demikian, beberapa aplikasi berguna memungkinkan Anda memeriksa berbagai pengaturan RAM yang tidak dapat diakses di dalam OS Windows Anda. Misalnya, Anda dapat memeriksa frekuensi DRAM, Latensi CAS, dan bahkan informasi penting prosesor Anda.

Beberapa aplikasi populer antara lain CPU-Z, Memtest86, Piriform Speccy, dan masih banyak lagi. Anda dapat mengunduhnya melalui situs resmi masing-masing produsen.

Periksa Kecepatan RAM


Alasan utama Anda mungkin telah menginstal RAM baru mungkin untuk meningkatkan kecepatan RAM. Jadi, setelah stik RAM terpasang, penting juga untuk memeriksa ulang apakah Anda mendapatkan kecepatan yang diinginkan.

Periksa Latensi RAM


RAM Latency, sering disebut CAS Latency (CL), diukur dalam siklus clock. Sementara kecepatan RAM menyatakan seberapa cepat RAM dapat mengambil atau mengirim data ke CPU, Latensi Cache adalah tentang waktu yang dibutuhkan RAM untuk merespons permintaan CPU.

Aktifkan Profil XMP


Mengaktifkan XMP adalah cara mudah dan efektif untuk meng-overclock memori Anda, memungkinkan kecepatan clock yang lebih tinggi yang sebenarnya dapat didukung oleh RAM Anda. Namun, ini hanya kompatibel dengan beberapa motherboard.

Secara default, profil ini dinonaktifkan sehingga RAM Anda bekerja sesuai dengan spesifikasi DDR standar. Jadi, Anda perlu mengaktifkan XMP dari BIOS.

Pastikan Mode Saluran Ganda Berfungsi


Mode saluran ganda hanya tersedia pada CPU dan laptop tertentu. Jadi, sebelum melanjutkan, pastikan sistem Anda kompatibel dengan ini.

Pada dasarnya, ketika Anda mendapatkan RAM stick baru, mereka diberi nomor A1, B1, A2, dan B2 atau memiliki dua warna berbeda, biasanya biru dan hitam. Beberapa chip RAM ini memiliki saluran terpisah, sehingga transfer data menjadi lebih cepat.

Nah, mengaktifkan mode saluran ganda didasarkan pada bagaimana Anda telah menginstal beberapa chip RAM. Jika pengaturan dilakukan dengan benar, Anda tidak perlu membongkar bagian-bagiannya.

Jalankan Uji Tolok Ukur


Menjalankan tes benchmark memberi Anda gambaran tentang kinerja RAM Anda dan apakah upgrade telah berhasil. Selain itu, Anda juga dapat membandingkan kinerja PC Anda saat profil XMP diaktifkan dan saat dinonaktifkan.

Nah, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang andal yang memungkinkan Anda menjalankan tes benchmark. Beberapa program populer adalah UserBenchMark, Maxxmem2, AIDA64, dan masih banyak lagi.



Next Post Previous Post