Cara Mengatasi Disk Laptop Penuh Agar Tidak Lemot

Jika Anda mendapati laptop lelet, maka ada beberapa parameter yang perlu dipahami yang membuat laptop lemot. Ketika Anda menjumpai kinerja laptop Anda sangat lamban, perhatikan pada bagian CPU usage, RAM, dan Disk yang ada di Taskbar.

Apabila terdapat salah satunya yang menyentuh persentase hingga 100%, maka dapat dipastikan komputer Anda akan menjadi lemot. Oleh sebab itu, Anda perlu memastikan bahwa seluruh resources masih berada dibawah 100% agar kinerja PC Anda tetap normal.

Dalam artikel ini kita akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi disk laptop penuh yang menjadi penyebab laptop lemot. Caranya sangat mudah, dan Anda tidak perlu untuk install ulang Windows.

Dan sebagai informasi tambahan, saat ini kebanyakan laptop (khususnya keluaran baru) sudah menggunakan Windows 10 dan Windows 11. Dari sisi fitur memang semakin mutakhir, namun OS tersebut membutuhkan resources yang besar, sehingga apabila RAM atau CPU Clock Speed komputer Anda rendah, maka dapat dipastikan kinerjanya akan sering ngadat.

Penyebab Laptop Lemot Saat Digunakan


Sebagaimana sudah disinggung diatas tadi, setidaknya ada tiga parameter yang menyebabkan laptop lemot, yakni RAM penuh, CPU Usage menyentuh 100%, dan juga disk usage yang sudah penuh. Nah, jadi secara keseluruhan penyebab laptop lemot adalah karena ketiga faktor tersebut.

1. Kapasitas RAM


Ada baiknya ketika memilih laptop Anda memilih yang dibekali RAM setidaknya berukuran 4 GB. Ini merupakan batas minimal apabila di laptop Anda menggunakan OS Windows 10 atau Windows 11.

2. CPU


Sebaiknya Anda memilih laptop yang memiliki kecepatan diatas 1.1 Ghz. Semakin besar semakin baik. Untuk diketahui, pada umumnya CPU yang hanya mampu mencapai 1.1 GHz masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda.

3. Disk


Seiring berjalannya waktu, jumlah file di komputer Anda akan bertambah. Usahakan untuk memilih laptop yang sudah memiliki disk 500 GB. Selain itu, pastikan juga dilakukan partisi agar semua file tidak hanya ada di drive C. Jika tanpa partisi, kondisi ini dapat mengganggu kinerja laptop Anda.

Cara Mengatasi Disk Laptop 100% Full Penyebab Lemot


Bagaimana cara mengatasi disk penuh 100% pada laptop agar tidak lemot? Caranya sangat mudah, silahkan disimak panduannya dibawah ini.

  1. Silahkan buka Windows Explorer.
  2. Klik pada This PC.
    Cara Mengatasi Disk Laptop Penuh Agar Tidak Lemot
  3. Lalu, pilih folder Downloads.
  4. Dalam folder Downloads biasanya terdapat berbagai file atau dokumen yang menumpuk. Yang perlu Anda lakukan adalah memindahkan file yang ada di folder Downloads tersebut ke direktori D atau E. Tujuannya adalah agar ruang yang ada di drive C tidak penuh mengingat directory C merupakan tempat Windows terinstal.
  5. Setelah selesai, silahkan masuk ke Taskbar, dan bisa di cek apakah Disk Usage sudah kurang dari 100%.
  6. Jika sudah berada dibawah 100 persen, maka performa laptop akan Anda rasakan kembali normal.


Kesimpulan


Disk usage penuh merupakan salah satu kondisi yang cukup umum dimana tak jarang users yang dihadapkan dengan masalah yang satu ini. Dengan mengikuti panduan diatas, Anda dapat mengatasi disk penuh secara mudah dan laptop Anda akan normal kembali seperti sebelumnya.

Untuk mengetahui penyebab laptop lemot, Anda bisa cek di Taskabar karena di Taskbar tertera proses yang sedang berjalan dan program apa yang menjadi penyebab laptop lemot.

Jika sudah mengetahuinya, Anda tinggal lakukan tindakan yang seharusnya.

Next Post Previous Post