Penyebab Wifi tidak ada Internet



Penyebab wifi tidak ada internet tentu cukup beragam. Bagi Anda yang sedang dibuat kurang nyaman karena wifi tidak bisa tersambung ke internet, silahkan dibaca artikel ini sampai tuntas supaya bisa mengerti persoalannya.

Saat ingin mengakses internet, selain dengan berlangganan paket internet di kartu prabayar, umumnya orang menggunakan jaringan hotspot - wifi dirumah. Tentu akan menjadi kurang mengenakkan tatkala ingin internetan namun wifi tidak bisa connect.

Wifi tidak ada internet bisa disebabkan oleh beragam hal. Adapun pembahasan lebih lanjut mengenai kenapa wifi tidak ada internet bisa disimak dalam ulasan ini. Baca terus penjabarannya seperti ditulis dibawah ini.

Penyebab Wifi tidak ada Internet

Penyebab Wifi tidak ada Internet

Ketika Anda mendapati wifi di rumah tidak ada internet, Anda tidak perlu bingung. Jika sudah mengetahui permasalahannya, nantinya Anda bisa mengatasi permasalah tersebut. Wifi tidak ada internet juga bisa saja terjadi di kantor.

Pada intinya, jika wifi di kantor tidak ada internet, maka Anda bisa mengetahui penyebabnya. Sehingga Anda tidak lagi perlu dibuat tertanya-tanya. Penyebab wifi tidak ada internet di hp juga sangat sering kita jumpai.

1. Terdapat kendala pada Router

Penyebab wifi tidak ada internet yang cukup sering terjadi adalah dikarenakan terdapat masalah atau kendala pada sektor router. Jika sudah meyakini bahwa masalahnya ada pada perangkat router, kemudian bisa dilakukan langkah susulan sebagaimana dijelaskan dibawah.

2. Driver adaptor Wifi

Kemungkinan lain ketika wifi di rumah tidak bisa terhubung ke internet adalah dikarenakan terdapat kendala pada driver adaptor wifi. Jadi, selain karena router, penyebab lain yang juga cukup mungkin menjadi pemicunya adalah masalah pada driver adaptor wifi.

3. Perangkat diblokir

Apakah Anda pernah mencoba menghubungkan hp ke wifi di rumah namun di ponsel tertera keterangan tidak ada internet? Mungkin saja perangkat ponsel Anda masuk dalam daftar blokir, jadi ada baiknya Anda cek untuk bagian ini.

Cara mengatasi Wifi tidak ada Internet

Selain beberapa hal yang disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak kemungkinan lainnya yang menyebabkan wifi tidak ada internet. Dan dibawah ini dijelaskan cara mengatasi wifi tidak ada internet.

1. Restart router

Cara mengatasi wifi tidak ada internet yang paling mudah adalah dengan melakukan restart pada router.

Silahkan menuju ke tempat router ditaruh, kemudian matikan router dengan cara mematikan tombol power-nya.

Setelah itu, tunggulah sekira 30 detik, kemudian hidupkanlah kembali router tersebut.Setelah lampu DSL terlihat stabil, periksalah perangkat Anda.

Sambungkan kembali perangkat dengan jaringan Wi-Fi yang tersedia. Jika router masih dalam keadaan baik, biasanya cara ini sangat ampuh mengatasi masalah WiFi tersambung tapi tidak bisa internet.

2. Ubah mode Wifi

Penyebab wifi tidak ada internet juga bisa karena terdapat kesalahan pada pengaturan mode koneksi WiFi.

Untuk mengubahnya, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk browser melalui perangkat (bisa lewat PC atau HP).
  2. Ketik 192.162.0.1 di address bar.
  3. Login dengan user name dan password yang sudah diatur sebelumnya (bila belum pernah mengubah pengaturan, masukkanlah "Admin" sebagai username dan password).
  4. Cari opsi Wireless Settings dan ubah menjadi mode 11bgn mixed
  5. Klik Save
  6. Selanjutnya restart router

3. Perbaharui driver adaptor

Tidak selalunya gangguan wifi tidak ada internet dikarenakan kesalahan pada router. Dalam beberapa kasus, gangguan pada driver adapter Wi-Fi pada perangkat laptop adalah penyebab koneksi internet terganggu.

Dalam kasus ini Anda perlu memperbarui driver adapter Wi-Fi. Kemungkinan driver adaptor Wi-Fi tersebut sudah tidak bisa lagi digunakan. Adapun hal tersebut ditandai dengan satu perangkat tersebut tidak bisa mengakses internet, sementara perangkat lain tetap bisa mengakses internet secara baik.

Berikut ini cara memperbarui driver adapter:

  1. Jika menggunakan PC, klik kanan pada ‘My Computer’.
  2. Kemudian klik ‘Properties’.
  3. Kemudian, klik kanan pada driver adaptor Wi-Fi.
  4. Pilih ‘Update Driver Software’.

4. Mengganti DNS


Cara lain untuk mengatasi WiFi tidak ada internet adalah dengan mengganti DNS menggunakan DNS Google. Untuk mengubah pengaturan tersebut juga cukup mudah.

Berikut adalah cara mengganti DNS menggunakan DNS Google Public:

  1. Buka laptop atau PC.
  2. Masuk ke menu Control Panel.
  3. Pilih menu Network and Internet.
  4. Klik nama wifi yang terhubung untuk membuka jendela informasi.
  5. Pilih Properties dan klik RCP/IPV4.
  6. Pilih alamat DNS.
  7. Ketikkan alamat Google.
  8. Klik OK.
  9. Lakukan proses yang sama untuk IPV6.
  10. Silahkan restart router.

5. Hilangkan daftar blokir

Silahkan di unblock perangkat yang terblokir yang menjadi penyebab kenapa wifi tidak ada internet. Diblokirnya router atau modem penyebab kita tidak bisa mengakses internet.

Cara mengatasinya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan masuk ke konfigurasi router.
  2. Kemudian, lihatlah MAC address yang berada dalam daftar blokir.
  3. Terakhir, lakukanlah unblock pada MAC address tersebut.

Penutup

Sebagaimana sudah dijelaskan, banyak penyebab wifi tidak bisa konek ke internet. Jika Anda dihadapkan dengan kendala ini, ada baiknya Anda melakukan langkah-langkah sebagaimana yang dijelaskan diatas agar segera bisa menggunakan internet wifi secara normal.



Next Post Previous Post