Cara download dan install Android 12

Beta publik Android 13 sekarang aktif, tetapi itu tidak berarti ini adalah waktu pemutakhiran. Hanya sejumlah kecil smartphone yang dapat mengakses beta publik Android 13, dan itu berarti, untuk saat ini, Android 12 masih merupakan penawaran Android terbaru dan terhebat.

Tetapi bagaimana Anda mengunduh dan menginstal Android 12 ke ponsel cerdas Anda? Bagaimana Anda tahu jika ponsel cerdas Anda memenuhi syarat untuk Android 12? Kami memiliki lowdown di sini, dengan beberapa tip menarik tentang kapan Anda mungkin dapat mengharapkan Android 12 mendarat di ponsel cerdas Anda, ditambah cara mengunduhnya saat mendarat.

Kapan Anda bisa mengharapkan Android 12 tiba?


Cara download dan install Android 12

Ini bisa menjadi pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab, dan itu karena cara kerja Android. Ponsel Pixel milik Google akan selalu menjadi ponsel pertama yang mendapatkan versi Android baru, diikuti oleh merek-merek yang menggunakan versi "stok" Android yang tidak berubah, seperti Nokia. Namun, setelah itu, tanggal rilis menentukan seberapa cepat masing-masing produsen dapat membuat "kulit" merek mereka untuk versi baru. Dengan demikian, dibutuhkan waktu lebih lama bagi merek seperti Samsung atau OnePlus untuk merilis versi Android baru mereka. Untungnya, mereka juga umumnya cukup vokal tentang rilis, dan kami telah mengumpulkan semua info itu ke dalam jadwal rilis Android 12 kami .

Adapun apakah ponsel Anda akan mendapatkan Android 12 sama sekali, itu cenderung disebabkan oleh beberapa faktor. Yang pertama adalah usia: Perangkat yang lebih baru lebih cenderung menerima pembaruan besar, dan seiring bertambahnya usia perangkat Anda, kecil kemungkinannya untuk mendapatkan versi berikutnya. Faktor berikutnya adalah harga: Perangkat yang lebih mahal mendapatkan lebih banyak pembaruan. Beberapa perangkat yang lebih murah bahkan tidak mendapatkan satu pun pembaruan Android, yang merupakan sesuatu yang benar-benar tidak kami sukai — versi Android baru sangat penting untuk pembaruan keamanan berkelanjutan setidaknya, dan tidak mendapatkan pembaruan dapat sangat menghambat masa pakai ponsel cerdas.

Jika Anda tidak yakin apakah ponsel Anda akan mendapatkan pembaruan Android 12, periksa jadwal rilis Android 12 kami yang disebutkan sebelumnya . Jika Anda tidak dapat menemukan model ponsel Anda dalam daftar itu, maka ada baiknya Googling pertanyaan Anda untuk melihat apakah ada berita terbaru tentangnya.

Fitur baru apa yang dapat Anda harapkan di Android 12?


Sebelum Anda benar-benar mengunduh Android 12, Anda pasti ingin tahu apakah itu layak untuk diunduh. Singkatnya, apa yang Anda dapatkan dari versi Android ini yang tidak Anda dapatkan dari Android 11?

Perubahan terbesar adalah perubahan dramatis dalam gaya. Android 12 adalah debut bahasa desain baru Google, yang disebut Material You. Tombol lebih besar dan lebih berani, dengan tepi yang lebih membulat. Munculnya perangkat besar berarti Google tidak terlalu khawatir tentang ruang layar lagi, dan itu terlihat dalam desain Android 12. Tombol dan penggeser yang lebih besar ini membuat semuanya lebih mudah dikenali dan — yang terpenting, bagi banyak orang — lebih mudah bagi jari yang bergerak cepat untuk memilih secara akurat.

Tombol yang lebih besar berarti bayangan pemberitahuan mendapat pengerjaan ulang yang besar, dengan tombol sekarang menjadi jauh lebih besar dan lebih mudah untuk beralih. Ada juga kontrol privasi baru, berkat Dasbor Privasi, yang memungkinkan Anda melihat aplikasi mana yang telah Anda beri izin, serta garis waktu kapan aplikasi telah mengakses data lokasi Anda.

Itu adalah beberapa fitur baru terbesar, tetapi itu bukan satu-satunya. Pos berita Android 12 kami memiliki rincian lengkap tentang semua yang dibawa Google ke meja dengan Android 12.

Cara menginstal Android 12


Tapi cukup tentang semua itu — bagaimana Anda benar-benar memulai? Nah, mulailah dengan mencadangkan perangkat Anda. Pembaruan besar seperti ini tidak menghapus data Anda seperti dulu, tetapi kecelakaan memang terjadi, dan perlu dicadangkan untuk berjaga-jaga. Kami memiliki panduan untuk mencadangkan ponsel Android Anda , jadi pastikan untuk melakukan uji tuntas sebelum memulai, karena tidak ada yang ingin kehilangan data.

Setelah selesai, ikuti langkah-langkah ini.

Langkah 1: Buka aplikasi Pengaturan


Langkah 2: Buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan sistem . Itulah jalur di ponsel Google, tetapi jalur pasti Anda mungkin berbeda. Misalnya, pada ponsel Samsung, Anda hanya perlu menggulir ke bawah hingga menemukan Pembaruan perangkat lunak di menu utama Pengaturan.

Langkah 3:

Terlepas dari bagaimana Anda sampai di sana, pilih Unduh dan instal


Langkah 4: Ponsel Anda akan memeriksa pembaruan

Jika tersedia, cukup ikuti petunjuk untuk menginstalnya. Ingatlah bahwa perangkat Anda akan dimulai ulang dan sibuk selama sekitar setengah jam, jadi jangan memulai ini jika Anda mengharapkan panggilan telepon penting.

Setelah ini selesai dan ponsel Anda telah dihidupkan ulang, Anda harus menjalankan Android versi baru. Selamat, dan selamat bersenang-senang.

Next Post Previous Post