Cara cas baterai iPhone secara cepat



Ada hari-hari ketika Anda tidak dapat menunda semuanya untuk menunggu ponsel Anda selesai mengisi daya. Ketika itu terjadi, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa Anda memiliki opsi untuk mengurangi waktu pengisian daya iPhone Anda secara signifikan.

Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui cara melakukannya, mulai dari menentukan apakah ponsel Anda memiliki kapasitas untuk pengisian cepat hingga peralatan yang akan mengurangi waktu pengisian daya Anda.

Apa itu pengisian cepat, dan mengapa pengisi daya saya tidak dapat melakukannya?


Cara cas baterai iPhone secara cepat

Kami telah menulis panduan komprehensif untuk pengisian cepat , tetapi mari kita tinjau. Pengisian cepat menggunakan teknologi USB yang lebih baru yang disebut USB Power Delivery (USB PD). Teknologi ini hanya tersedia dalam koneksi USB-C, yang dapat merutekan daya serta data dan cocok untuk mengisi daya berbagai perangkat. Ini adalah opsi yang sangat fleksibel dan efisien yang dapat mengoptimalkan manajemen daya. Dengan meningkatkan ke koneksi USB PD, Anda dapat mencapai kecepatan pengisian jauh lebih cepat daripada koneksi kabel Lightning Apple yang lebih lama.

Soalnya, pengisi daya 5W yang disertakan dengan sebagian besar iPhone tidak mampu mengisi daya dengan cepat. Ini dapat memasok daya yang cukup untuk mengisi ulang daya semalaman, tetapi tidak dapat mengirimkan daya dengan cukup cepat untuk mengisi daya apa pun dengan baterai berkapasitas lebih tinggi, seperti iPad . Sebagian besar iPad dilengkapi dengan blok pengisian daya 12W, jadi jika Anda memiliki iPad, Anda dapat menggunakan salah satunya untuk mempercepat tingkat pengisian daya iPhone Anda — ini tidak akan membahayakan ponsel Anda karena ponsel tidak akan pernah mengisi daya lebih dari itu bisa menangani.

IPhone 8 dan perangkat yang lebih baru mampu mengisi daya lebih cepat dengan dukungan untuk koneksi 18W dan seterusnya. Tetapi mendapatkan kecepatan seperti itu membutuhkan pengisi daya yang lebih baik.

Jika Anda bertanya-tanya seberapa cepat pengisian cepat, Apple mengklaim akan mengisi ulang hingga 50% baterai iPhone Anda hanya dalam 30 menit. Ini berarti Anda akhirnya dapat mengucapkan selamat tinggal untuk menunggu ponsel Anda mengisi daya dan mengucapkan selamat tinggal pada pengisian daya semalaman sepenuhnya. Tak perlu dikatakan, pengisian cepat akan mengurangi kecemasan yang Anda dapatkan ketika Anda akan keluar dari pintu dan menyadari ponsel Anda berada di 17%.

Perhatikan bahwa ini hanyalah awal dari tren pengisian cepat. Pada tahun 2020, Oppo mengungkapkan pengisi daya 125W yang dapat mengisi baterai 4.000 mAh dalam 20 menit . Ini adalah sektor yang sedang berkembang di pasar ponsel, dan kemungkinan kecepatan pengisian daya akan terus meningkat lebih cepat.

iPhone mana yang mendukung pengisian cepat?


IPhone pengisian cepat berikut tidak dijual dengan pengisi daya cepat:

  •     iPhone 8
  •     iPhone 8 Plus
  •     iPhone X
  •     iPhone XS
  •     iPhone XS Max
  •     iPhone XR (sebelum Oktober 2020)
  •     iPhone 11 (sebelum Oktober 2020)
  •     iPhone SE (2020) (sebelum Oktober 2020)


IPhone pengisian cepat berikut ini dijual dengan pengisi daya cepat:

  •     iPhone 11 Pro
  •     iPhone 11 Pro Max


IPhone pengisian cepat berikut tidak dijual dengan pengisi daya apa pun:

  •     iPhone XR (setelah Oktober 2020)
  •     iPhone 11 (setelah Oktober 2020)
  •     iPhone SE (2020) (setelah Oktober 2020)
  •     iPhone 12
  •     iPhone 12 Mini
  •     iPhone 12 Pro
  •     iPhone 12 Pro Max
  •     iPhone 13
  •     iPhone 13 Mini
  •     iPhone 13 Pro
  •     iPhone 13 Pro Max
  •     iPhone SE (2022)


Karena perangkat keras iPhone terus meningkat, kecepatan pengisian daya cenderung lebih baik dengan model iPhone terbaru, dan pengisian daya meningkat seiring waktu dengan pembaruan iOS, yang semuanya dapat menghasilkan perbedaan yang signifikan antara model iPhone. Faktanya, pengujian menunjukkan bahwa iPhone 11 Pro Max 2019 dapat mengisi daya 22,5W yang mengesankan dengan USB PD , lebih cepat dari standar yang dinyatakan Apple. Pengisian cepat juga berfungsi dengan semua model iPad Pro, iPad Air generasi ketiga dan yang lebih baru, serta iPad mini generasi kelima dan yang lebih baru.

Pengisi daya cepat resmi Apple


Meskipun Apple tidak menyediakan pengisi daya cepat dengan banyak iPhone-nya, Apple menjual pengisi daya cepat dalam bentuk kabel baru dan blok pengisi daya untuk perangkat Anda. Ini jauh dari pilihan yang paling murah, tetapi jika Anda senang menghabiskan uang untuk mendapatkan pengisi daya langsung dari Apple, inilah yang Anda butuhkan.

Kabelnya


Anda harus menggunakan koneksi USB-C untuk opsi pengisian cepat ini di iPhone Anda. Namun, bahkan iPhone terbaru tidak dilengkapi dengan port USB-C (setidaknya, belum). Jadi, jika Anda ingin mulai menikmati waktu pengisian daya yang lebih cepat ini, langkah pertama Anda adalah mendapatkan adaptor kabel USB-C ke Lightning.

Seperti yang kami sebutkan di atas, semua model iPhone Apple saat ini dikirimkan dengan kabel adaptor jenis ini. Namun, jika Anda memiliki iPhone yang lebih lama, Anda selalu dapat membeli kabel seperti itu langsung dari Apple. Mereka dijamin berfungsi dengan iPhone Anda dan tersedia dalam opsi panjang 1 atau 2 meter.

Adaptor daya


Selain kabel pengisian cepat, Anda memerlukan blok pengisi daya tertentu, karena apa artinya produk Apple tanpa banyak periferal? Ini adalah adaptor 20 watt dengan port USB-C daripada port USB-A standar. Jika Anda hanya ingin mengisi daya iPhone dengan cepat, maka adaptor daya USB-C 20 watt resmi seharga $29 adalah yang Anda butuhkan.

Jika Anda memiliki MacBook yang lebih baru, Anda mungkin sudah memiliki adaptor daya yang dapat menangani semua kebutuhan pengisian cepat Anda. Banyak MacBook — khususnya model 2015 dan yang lebih baru — menggunakan blok pengisi daya yang kompatibel dengan USB-C, dan Anda dapat menggunakan salah satunya untuk mengisi daya iPhone dengan cepat saat digabungkan dengan kabel USB-C ke Lightning. Yang paling umum adalah adaptor daya USB-C 30W resmi , dan dapat dengan mudah menarik tugas ganda jika diperlukan.

Jika Anda menggunakan MacBook Pro , Anda mungkin memiliki pengisi daya yang bahkan lebih bertenaga daripada varietas 29W atau 30W. Apple telah mengkonfirmasi bahwa bahkan versi 61W dan 87W aman digunakan dengan iPhone 8 Anda atau model yang lebih baru. Ingat, jumlah daya yang digunakan diatur oleh telepon Anda, sehingga tidak akan pernah menarik lebih dari yang dapat ditangani dan merusak dirinya sendiri — dan pengisi daya tidak dapat memaksa telepon Anda untuk menerima watt yang terlalu tinggi untuk ditangani.

Catatan: Jika Anda membeli adaptor hanya untuk pengisian cepat, tidak perlu membeli adaptor yang lebih kuat dari 20W; iPhone hanya dapat menangani pengisian daya 20W, jadi pengisi daya yang lebih kuat hanya akan menghabiskan lebih banyak uang dan tidak menawarkan manfaat tambahan apa pun. Namun, itu akan menambah pemeriksaan di masa depan jika Anda khawatir tentang itu. IPhone yang lebih baru mengangkat batas pengisian cepat dari 18W menjadi 20W, jadi jelas Apple senang untuk terus meningkatkan kecepatan pengisian cepat.

Pilihan alternatif


Apple tidak memonopoli pengisi daya cepat iPhone, dan Anda akan menemukan alternatif di tempat lain yang akan memberikan kinerja yang sama dengan harga yang jauh lebih rendah atau dengan daya tahan atau fitur tambahan.

Catatan:  Meskipun kami telah berusaha untuk hanya memilih merek terbaik dan produk yang direkomendasikan, kami belum menguji produk di bawah ini, jadi gunakanlah dengan risiko Anda sendiri, dan ketahuilah bahwa jarak tempuh Anda mungkin berbeda.

Kabel pengisian alternatif


Sangat sulit untuk menemukan kabel USB-C-ke-Lightning yang tidak berasal dari Apple, dan itu karena Apple sangat ketat tentang siapa yang dapat menjualnya. Salah satu dari sedikit produsen yang diizinkan untuk membuat kabel seperti itu adalah pembuat aksesori kasar Nomad, dan meskipun mahal, kabel USB-C-ke-Lightning Nomad adalah pilihan tepat jika Anda membutuhkan kabel yang lebih keras.

Ukurannya 1,5 meter, jadi sedikit lebih panjang dari kabel standar Apple, tetapi keajaiban sebenarnya ada pada ketangguhannya. Ini dilindungi oleh jalinan Kevlar yang dililit rapat dan memiliki perlindungan tambahan di sekitar konektor, sehingga memastikan kabel dapat bertahan bahkan dari hukuman terburuk. Ini mahal, ingatlah, tetapi didukung oleh garansi lima tahun Nomad sebagai lawan dari garansi terbatas satu tahun Apple, yang agak mengganggu.

Adaptor daya alternatif


Anda dapat mengambil adaptor daya apa pun dengan port USB-C dan daya yang cukup, tetapi pastikan adaptor tersebut mendukung Pengiriman Daya USB (USB-PD), dan tetap berpegang pada merek terkemuka.

adalah alternatif yang sangat baik jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat yang membutuhkan pengisian cepat, berkat port USB-C kembar dan total daya 36W yang ditawarkan. Ini kompak dan mudah dibawa-bawa, dan pinnya terlipat ke bawah, sehingga tidak tersangkut. Ini adalah pilihan yang bagus untuk pelancong atau siapa saja yang perlu mengisi dua perangkat sekaligus.

Lihat ibu, tidak ada kabel


Sebagai penutup, Anda mungkin ingin mempertimbangkan bantalan pengisi daya nirkabel. Pengisi daya nirkabel mengisi daya pada kecepatan yang wajar, tetapi pengisi daya masih mengisi daya perangkat Anda lebih lambat daripada pengisi daya kabel dalam daftar.

Aukey Aircore 15W


Jika Anda memiliki iPhone 12 atau model yang lebih baru, Anda juga dapat memanfaatkan fitur MagSafe baru Apple, yang memungkinkan kecepatan pengisian hingga 15W — dua kali lipat dari pengisi daya non-MagSafe.

Pengisi daya ini terpasang secara magnetis ke bagian belakang iPhone 12 atau lebih baru dan menampilkan cincin animasi di layar iPhone untuk mengonfirmasi bahwa Anda memanfaatkan kecepatan pengisian daya MagSafe tercepat.

Berhati-hatilah saat berbelanja pengisi daya MagSafe. Banyak pembuat aksesori pihak ketiga telah menambahkan cincin magnet ke pengisi daya Qi standar sehingga mereka akan terpasang dengan baik ke iPhone, dan mereka terkadang mengiklankannya sebagai "kompatibel dengan MagSafe." Namun, hanya pengisi daya MagSafe asli yang disertifikasi oleh Apple yang akan memberikan kecepatan 15W lebih cepat. Anda akan baik-baik saja jika tetap menggunakan merek mitra Apple yang mapan seperti Belkin , Mophie , atau Scosche . Perusahaan-perusahaan ini memang menjual pengisi daya magnetik Qi biasa, tetapi mereka berhati-hati untuk menghindari kata "MagSafe" untuk kasus ini, jadi Anda akan selalu yakin dengan apa yang Anda dapatkan

Pengisi Daya MagSafe Apple Pengisi daya BoostCharge Pro 3-in-1 dari Belkin


Anda juga dapat menggunakan pengisi daya bersertifikat MagSafe dengan model iPhone lama, tetapi pengisi daya tersebut akan berfungsi seperti pengisi daya lain yang kompatibel dengan Qi. Menghabiskan uang ekstra adalah cara yang baik untuk bersiap saat Anda memperbarui ke iPhone 12 atau lebih baru, tetapi tidak ada keuntungan menggunakan pengisi daya MagSafe dengan iPhone non-MagSafe.

Lihat daftar  pengisi daya nirkabel terbaik kami untuk beberapa opsi pengisian daya nirkabel hebat lainnya. Kami juga memiliki kumpulan aksesori MagSafe terbaik untuk iPhone 12 atau iPhone 13 Anda, yang mencakup pengisi daya dan dudukan bersertifikat MagSafe, kasing, dudukan mobil, dan bahkan paket baterai yang dapat memanfaatkan pemasangan magnetis pada model iPhone yang lebih baru.

Kiat pengisian akhir


Apa pun pengisi daya yang Anda beli, pastikan untuk mengikuti tip kecepatan dan keamanan berikut:

  • Jangan pernah mengisi daya di dekat pemanas, sinar matahari langsung, atau sumber kehangatan lainnya. Panas, yang tidak sesuai untuk baterai Anda, dapat merusaknya saat mengisi daya dan menyebabkan peningkatan waktu pengisian daya.
  • Anda selalu dapat memasukkan iPhone ke Mode Pesawat untuk membantunya mempercepat waktu pengisian daya. Atau, jika memungkinkan, matikan sama sekali.
  • Umumnya, stopkontak dinding atau soket ekstensi akan mengisi daya lebih cepat daripada komputer.

Itulah trik charging iPhone secara cepat bagi Anda yang menggunakan smartphone besutan Apple. Anda bisa praktikkan cara diatas jika selama ini merasa membutuhkan waktu lebih lama untuk pengisian daya.



Next Post Previous Post