Tips beli mobil murah tapi bagus

Cara beli mobil harga murah tapi kualitas masih bagus akan kita share dalam postingan ini. Silahkan disimak, barangkali berguna bagi Anda yang berencana untuk membeli mobil second dengan anggaran yang terbilang terbatas.

Bagi konsumen, mereka diberikan dua pilihan ketika ingin memiliki mobil. Pilihan yang pertama adalah membeli mobil baru di dealer, dan yang kedua adalah membeli mobil bekas di showroom mobil bekas atau beli di pengguna.

Baik beli mobil dalam kondisi bekas maupun baru tentunya masing-masing memiliki sisi kelebihan dan kekurangan. Kelebihan membeli mobil baru yakni Anda akan mendapatkan unit dalam kondisi tanpa cacat sedikitpun layaknya barang yang baru datang dari pabrik.

Sementara itu, kekurangan membeli mobil baru adalah terletak pada harga jual baliknya. Ketika Anda sudah merasa bosan, tidak menutup kemungkinan Anda ingin ganti mobil lain, dan jika sebelumnya Anda membeli mobil baru, maka akan ada banyak kerugian karena nilai jual balik mobil selisih jauh harganya dibanding saat membeli kendaraan tersebut. Namun, itulah konsekuensi membeli barang baru kemudian menjualnya di lain waktu.

Adapun kelebihan membeli mobil bekas yakni kita tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar. Dan kekurangannya adalah tidak semua unit bekas masih bagus adanya. Jadi, sebagai konsumen yang ingin mendapatkan mobil bekas masih bagus, Anda perlu lebih cermat saat memilih.

Cara bisa beli mobil harga murah masih bagus


Tips beli mobil murah tapi bagus

Pertanyaan yang barangkali hinggap dipikiran Anda adalah bagaimana cara beli mobil bekas dengan harga murah namun kualitasnya masih prima? Nah, artikel ini dibuat untuk memberi masukan berguna bagi Anda berkaitan dengan hal tersebut.

Setidaknya ada beberapa trik untuk bisa membeli mobil bekas dengan harga termurah namun disisi lain kualitasnya masih bagus. Dibawah ini diuraikan lebih lanjut.

1. Beli di Pengguna


Jika Anda perhatikan iklan jual beli mobil bekas di internet, Anda akan mendapati label penjual berupa Dealer/Showroom dan Individu. Agar Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga miring, sebaiknya fokuskan mencari mobil yang dijual oleh pengguna - bukan showroom atau dealer.

Kenapa?

Meskipun hal ini tidak bisa dijadikan patokan untuk mengukur harga mobil second, namun setidaknya peluang untuk mendapatkan harga mobil termurah lebih terbuka ketika Anda memilih beli mobil bekas dari pengguna. Anda tahu, buat showroom itu butuh modal besar dan resikonya juga besar - dengan kondisi tersebut, adalah sebuah hal yang wajar dan realistis ketika showroom menjual mobil dengan harga yang lebih mahal.

Baca juga:


2. Beli mobil non-pasaran


Ada banyak jenis mobil yang menguasai pasar. Jika Anda ingin harga yang lebih miring namun dengan kelas yang sama, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas non-pasaran.

Misalkan untuk mobil bekas pasaran level bawah ada Toyota Avanza, sedikit diatasnya ada Honda Jazz, mobil kelas menengah keatas ada Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Kesemua mobil tersebut merupakan mobil pasaran sehingga harga jual baliknya terbilang masih tinggi.

Padahal, tidak sedikit pilihan lain yang sebenarnya dari sisi fitur juga menyerupai namun harganya cukup terjangkau. Jika Anda suka Honda Jazz, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk membeli City Car produksi KIA, Chevrolet atau yang lainnya. Dan jika suka Fortuner, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memilih Nissan Xtrail atau yang lainnya.

3. Beli mobil bekas Eropa


Rerata harga jual mobil bekas produksi negara-negara Eropa lebih murah dibanding brand asal Jepang. Kalau urusan fitur, pastinya mobil Eropa jauh lebih lengkap serta memiliki desain interior yang lebih elegan. Namun, resiko yang perlu ditanggung adalah biaya pembelian sparepart yang masih diatas mobil Jepang.

Selain mahal di perawatan serta harga sparepart, kekurangan mobil Eropa lainnya bagi konsumen dengan ekonomi rendah yakni terletak pada pajak. Rerata mobil produksi Eropa memiliki biaya pajak tahunan yang tidak murah. Namun, dalam hal ini masih tergantung dari tipe mobil Eropa yang dimaksud.

Intinya, untuk opsi nomor 3 ini saya tidak merekomendasikan. Namun, jika Anda tertarik Anda bisa mempertimbangkannya.

Simak juga:


4. Beli mobil bekas Taxi


Pilihan mobil murah berikutnya adalah mobil bekas Taxi yang mayoritas merupakan mobil produksi Toyota. Mobil bekas Taxi yang cukup populer di Indonesia adalah Toyota Vios. Ini bisa menjadi opsi jika Anda ingin membeli mobil bekas harga murah.

Adapun cara membeli mobil bekas Taxi yang masih bagus yakni dengan:

  • Pilih penjual terpercaya.
  • Anda harus sangat teliti saat memilih.
  • Pastikan ODO meter atau kilometernya masih wajar - Pastikan kilometer asli dan bukan putaran.


Penutup


Seiring dengan menjamurnya mobil bekas, harga yang ditawarkan pun semakin terjangkau. Namun, membeli mobil bekas diperlukan ketelitian agar tidak merugikan Anda nantinya. Jika masih minim pengetahuan tentang mesin mobil, Anda bisa mengajak teman atau seseorang yang dirasa dapat mengidentifikasi kondisi mobil masih bagus atau sudah waktunya perawatan.

Demikian, semoga informasi ini berguna bagi Anda. Akhir kata, pastikan Anda membeli mobil sesuai dengan ukuran keuangan Anda karena kendaraan itu butuh biaya perawatan yang tidak murah.

Next Post Previous Post