Cara mengetahui Aki soak atau tidak



Aki merupakan komponen penting pada kendaraan dimana tanpa adanya aki kendaraan Anda tidak bisa dihidupkan melalui double starter. Aki berfungsi untuk menyuplai kebutuhan listrik ke kendaraan Anda, termasuk untuk kebutuhan lampu dan juga klarkson.

Sekarang ini ada banyak pilihan aki yang bisa Anda pilih, mulai aki basah hingga yang terbaru yaitu aki kering. Varian lain dari pilihan aku adalah termasuk aki gel. Sekarang tidak sedikit pilihan aki motor gel yang dapat dibeli dengan harga yang dapat disesuaikan dengan kantong Anda.

Ketika aki telah rusak atau soak, Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Ciri-ciri aki motor soak diantaranya adalah tidak bisa menghidupkan kendaraan, lampu kurang terang, dan selebihnya akan dibahas dibawah.

Penyebab aki soak bisa karena pemilik kendaraan dalam waktu yang lama tidak menghidupkan kendaraannya sehingga aki tidak mendapat aliran daya yang dibutuhkan. Untuk itu, ketika motor Anda dalam kondisi nganggur, sebaiknya jangan lupa untuk memanasi mesin.

Cara mengetahui Aki soak

Cara mengetahui Aki soak atau tidak

Kembali ke inti pembahasan yaitu cara mengetahui aki soak atu tidak.  Cara menguaknya sebenarnya sangat mudah sekali. Sekalipun Anda seseorang yang awam dibindang otomatis, Anda bisa membedakannya dengan sangat mudah.

Pada umumnya tanda aki motor soak bisa Anda ketahui dengan beberapa kondisi seperti dijelaskan dibawah ini.

1. Tidak bisa menghidupkan kendaraan

Jika motor Anda hidupkan menggunakan double starter tidak bisa (serasa seperti tidak ada strum), maka itu artinya aki motor soak sudah. Ini adalah cara paling mudah untuk mengetahui aki motor soak atau tidak.

2. Lampu kendaraan menjadi redup

Jika aki masih dalam kondisi bagus atau layak pakai, maka lampu kendaraan Anda akan terlihat terang. Dan jika aki sudah soak yang menyebabkan lampu terlihat redup, maka Anda perlu untuk mengganti aku baru karena aki soak pada umumnya sudah tidak bisa dipakai lagi (kecuali Anda bisa melakukan perbaikan sendiri - sepertinya sedikit orang yang punya keahlian ini). Kalaupun Anda charge, hal ini tidak akan berguna.

3. Bunyi clarkson tidak kuat

Ciri-ciri aki soak juga bisa dikenali dari bunyi klarkson. Jika suara carkson tidak sekenceng biasanya, maka itu menandakan bahwa aki sudah soak. Anda mungkin pernah mendapati ketika memencet tombol clarkson bunyinya seperti tidak maksimal, nah itu adalah gejalan aki sudah soak.

Setidaknya dengan empat cara diatas Anda bisa mengetahui aki masih bagus atau sudah soak. Caranya sangat mudah sehingga Anda yang awam dengan dunia mekanik motor atau mobil tidak perlu menanyakannya ke bengkel.

4. Cek tegangan dengan Multimeter

Jika Anda mendapati aki Anda sudah tidak berfungsi normal, Anda bisa mengecek volt atau tegangan pada aki tersebut menggunakan alat multimeter. Apabila saat dicek volt yang muncul dibawah 10, maka Anda perlu beli aki baru. Sementara itu, apabila volt aki masih diatas 10, itu artinya Anda masih bisa menggunakannya. 

Tentang jenis aki motor

Seperti sudah dijelaskan, saat ini Anda diberikan pilihan berupa aki basah atau aki kering. Adapun jika Anda ingin mengetahui aki kering soak atau tidak, Anda juga bisa menggunakan indikator yang disebutkan diatas.

Untuk mengetahui aki soak, baik itu aki basah maupun aki kering bisa dengan menggunakan empat indikator yang sudah dijelaskan diatas. Dan jika memang sudah soak, sebaiknya silahkan langsung diganti.

Penutup

Itulah beberapa cara mengetahui aki motor soak atau tidak. Sekarang Anda sudah tidak perlu bertanya-tanya lagi untuk mengetahui ciri ciri aki motor matic soak, baik untuk aki kering ataupun untuk aki basah.



Next Post Previous Post