Sensor proximity adalah untuk mendeteksi kedekatan



Mungkin masih ada diantara Anda yang belum tahu secara definisi atau fungsi apa itu sensor proximity. Disini Anda akan mengetahui bahwa sensor proximity adalah sebuah sensor yang memungkinkan layar ponsel menjadi mati ketika hp ditempelkan ke telinga atau suatu benda tertentu yang menempel dibagian atas hp.

Jadi, fungsi sensor proximity adalah untuk membuat layar smartphone yang tadinya dalam kondisi nyala kemudian redup atau mati dengan sendirinya begitu bagian depan-atas ponsel ditempelkan ke benda tertentu.

Apa itu sensor proximity

sensor proximity iphone

Sensor Proximity atau Proximity Sensor adalah suatu perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk mendeteksi perubahan jarak suatu benda terhadap sensor tersebut, dan umumnya Proximity dapat bekerja dengan sensitifitas perubahan jarak yang sangat kecil, sekitar 1 mm.

Fungsi sensor proximity

Sensor proximity di smartphone Android ataupun iOS memiliki fungsi untuk pengaman layar sentuh dari sentuhan yang tidak disengaja. Ini sangat berguna ketika kamu sedang melakukan panggilan di telepon. Untuk menghindari sentuhan saat ponsel menempel di telinga Anda, sensor ini akan mematikan fungsi touchscreen secara otomatis.

Simbol sensor proximity

Dibawah ini adalah gambar simbol sensor proximity. Terdapat sensor proximity induktif dan sensor proximity kapasitif.

Simbol sensor proximity

Penjelasan lengkap tentang sensor proxymity

Sensor Proximity mampu mendeteksi kedekatan (jarak) benda yang terbuat dari berbagai bahan, baik Logam maupun Non logam.

Proximity umum digunakan untuk sistem otomatisasi diberbagai industri-industri, karena memiliki tingkat keakuratan dan sensitifitas sensor yang sangat baik.

Sedikit saja terjadi pergeseran atau Perubahan jarak suatu benda dari sensor Proximity, maka sensor Proximity akan bekerja dan mengirimkan sinyal yang dihubungkan dengan berbagai sistem otomatisasi.

Sensor Proximity hanya digunakan untuk mendeteksi atau mengetahui keberadaan suatu objek atau benda, dan bukan untuk melakukan pengukuran dan sebagainya.

Contoh penggunaan sensor proximity


Contoh penggunannya adalah sensor proximity di hp Android dimana pada Ponsel pintar berbasis android dan Layar sentuh, sudah dilengkapi dengan sensor kedekatan (Proximity), saat ponsel tersebut menerima atau melakukan panggilan, layar masih terbuka sampai kita dekatkan ke telinga maka ponsel akan terkunci secara otomatis.

Proximity yang biasa digunakan pada smartpone Android yaitu jenis Ultrasonic (Photo-electric) Proximity.

Jenis-jenis sensor proximity

Berdasakan prinsip kerja Proximity dan jenis bahan yang disensor, Proximity Sensor terbagi dalam tiga jenis, yaitu:

1.Proximity Inductive

Sensor Proximity jenis ini memiliki sensor yang bekerja berdasarkan induksi magnetik, saat area sensing terdapat benda sejenis logam, maka induksi magnetik dari sensor akan mengalami perubahan, perubahan nilai induksi inilah yang akan menyatakan perubahan jarak benda yang terjadi pada area Sensing.

Proximity sensor Inductive hanya mendeteksi perubahan jarak objek yang berbahan logam, Sehingga sensor masih dapat bekerja meski logam tersebut terhalang benda yang Non logam.

Proximity ini biasa dipakai untuk Logam Detektor, dan sebagainya.

Sebagai contoh, Suatu Sensor proximity yang sudah dipasang sedemikian rupa, dengan diletakkan benda sejenis logam dengan jarak tertentu dari Sensor.

Proximity akan mengirimkan sinyal ke sistem kontrol atau otomatisasi, jika terjadi perubahan nilai induksi magnetik, yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

  • Benda logam yang diletakkan sebelumnya, mengalami pergeseran jarak, bertambah jauh atau bertambah dekat.
  • Terdapat benda logam lainnya, yang masuk ke area sensing alat proximity tersebut.


2.Proximity Capacitive

Proximity jenis ini dapat digunakan untuk mendeteksi jarak atau kedekatan berbagai objek dengan bahan dari Logam maupun Non Logam (Kayu, Plastik, Beton, Kaca, dan lain sebagainya).

3.Photo-Electric Proximity

Proximity ini dapat digunakan untuk mendeteksi jarak (kedekatan) benda dari berbagai bahan jenis padat, baik Logam maupun Non-Logam.

Selain itu, Sensor jenis Photo-Electric dapat digunakan untuk sensor benda yang berada atau memiliki jarak cukup jauh dari posisi sensor, bahkan dapat mendeteksi perubahan jarak benda sejauhu belasan Meter.


Penutup

Demikian penjelasan tentang fungsi dan cara kerja dari perangkat yang disebut dengan Proximity. Pengguna bisa mengembangkan penggunaannya untuk berbagai kebutuhan, sesuai dengan kreatifitas dan kebutuhan yang bersangkutan.



Next Post Previous Post