Cara mengatasi HP tidak keluar suara



Salah satu masalah yang sering terjadi pada ponsel adalah hp tidak ada suara. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalkan karena hp sempat terjatuh, hp kemasukan air atau karena adanya penyebab fatal lainya.

Disini kita akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi hp tidak ada suara tanpa mempermasalahkan apa penyebabnya. Intinya, dengan berbagai solusi yang dijabarkan dibawah ini diharapkan Anda dapat mengatasi hp tidak keluar suara.

Sebelum masuk ke teknis, sebenarnya cara mengatasi hp tidak keluar suara itu tidaklah sulit. Jadi, Anda bisa mengatasinya sendiri tanpa perlu membawanya ke tukang servis. Namun, jika ada komponen yang rusak, pastinya Anda tetap perlu menggantinya.

Namun, untuk diketahui bahwa hp tidak mengeluarkan suara itu tidak melulu karena perangkat speaker pada hp tersebut rusak. Bisa juga karena salah di pengaturannya. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Cara mengatasi HP tidak ada suara

Cara mengatasi HP tidak keluar suara

Saat Anda mendapati ponsel Anda tiba-tiba tidak mengeluarkan suara atau suara media tidak keluar seperti biasanya, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil sesuai dengan kondisi ponsel Anda.

Seringkali bagi pengguna pemula yang tidak bisa mengatur volume hp sehingga hp tersebut tidak mengeluarkan suara nada dering panggilan ataupun suara media saat memuta musik.

1. Cek Volume Suara

Suara tidak keluar bisa juga karena pengaturan volume yang diatur dalam mode diam atau sangat kecil. Entah sengaja atau tidak, namun hal ini perlu Anda pastikan terlebih dahulu sebelum ke tindakan lainnya.

Dan dalam hal ini bisa juga tombol volume hp rusak sehingga tidak bisa menambah suara yang semestinya bisa lebih keras.

2. Cek Level Suara Media

Apabila Anda masih tidak mendengar apa pun, mungkin saja volume media mati atau terlalu rendah. Masuk ke menu Settings - ketuk Sound and Vibration - ketuk Volume - geser indikator volume media ke kanan untuk menaikkan volume. Setelah itu, harusnya suara media di hp Anda sudah terdengar lebih keras dari sebelumnya.

3. Setelan Headset

Penyebab hp tidak keluar suara yang berikutnya bisa juga karena setelan headset masih aktif. Kondisi ini terjadi setelah Anda melepas headset namun icon headset masih muncul di layar ponsel.

Dalam kondisi ini, ponsel terdeteksi masih terhubung dalam mode headset sehingga suara tidak keluar dari speaker.

4. Fitur Do Not Disturb aktif

Jika Anda pengguna hp Android, pada platform Android tersedia fitur Do Not Disturb aktif yang mana ketika fitur ini dalam kondisi aktif, maka hp tidak bisa mengeluarkan suara apapun.

Fitur yang satu ini bisa jadi penyebab speaker hp tidak bisa mengeluarkan suara. Untuk menonaktifkan sistem pengaturan ini, masuk ke menu Settings dan matikan tombol Do Not Disturb.

5. Speaker Rusak

Speaker surak bisa jadi karena berbagai hal, misalkan karena hp pernah terjatuh atau hp pernah kemasukan air. Benturan dan genangan air sangat potensial untuk menyebabkan kerusakan pada komponen speaker, jadi Anda perlu mengeceknya.

  • Rusak karena terjatuh: Jika sudah dalam kondisi rusak parah, maka Anda perlu mengganti speaker ponsel Anda.
  • Kemasukan air: Speaker kemasukan air biasanya akan mengeluarkan suara krek krek atau kresek kresek atau suara yang kurang bersih. Solusinya, buka casing hp lalu bersihkan air yang menempel pada speaker.

6. Reboot ponsel

Jika Anda mendapati ponsel Anda tiba-tiba tidak mengeluarkan suara, Anda juga bisa mencoba melakukan restatrt. Jika tidak ada masalah yang lebih serius, restart ponsel dapat me-refresh sistem yang dapat menghilangkan berbagai bugs pada ponsel Anda.
 

7. Bersihkan cache

 
Cara ini memang tidak menjamin dapat mengatasi hp tidak keluar suara di Samsung atau merek hp lainnya. Namun, tumpukan cache pada ponsel Anda juga bisa menyebabkan berbagai kendala. Sebelum melangkah ke langkah perbaikan lainnya, ada baiknya Anda coba bersihkan cache terlebih dahulu untuk mengetahui hasilnya apakah bisa menormalkan kembali hp Anda.

8. Kerusakan pada Sistem

Apakah Anda pernah software ulang atau flashing hp Anda? Flashing ulang, seperti kalian ketahui, dapat menimbulkan berbagai gejala permasalahan pada sistem apabila ada cacat pada sektor firmware. Ada kalanya LCD blank atau tampilan kurang jelas, fitur tertentu tidak berfungsi secara normal, hingga masalah pada sektor suara. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan firmare resmi yang kompatible dengan tipe perangkat Anda sebelum memulai flashing.

9. Reset ponsel

Sebelum mengambil pilihan ini, pastikan Anda melakukan backup terhadap seluruh data-data penting di ponsel Anda. Apakah hp tidak keluar suara bisa diatasi dengan cara reset pabrik?

Jawabannya tergantung masalah pada ponel Anda. Jika permasalahannya ada pada setelan, maka reset dapat mengatasinya. Namun, apabila masalahnya terletak pada komponen keras (hardware), maka dipastikan tidak bisa.

Baca juga:

 

Tutorial Mengatasi HP Android Tidak Keluar Suara

 
Bagi Anda yang menggunakan hp Android, tonton video tutorial mengatasi hp Android tidak keluar suara berikut ini.
 

Penutup

Itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi hp tidak keluar suara. Pertama, pastikan Anda melakukan pengecekan pada fitur Suara, lalu coba lakukan langkah-langkah perbaikan sesuai yang Anda curigai.

Demikian, semoga beberapa cara mengatasi hp tidak ada suara diatas berguna bag Anda. Sampai ketemu di tutorial tentang ponsel berikutnya.



Next Post Previous Post