Cara nonton video youtube yang dikenai batasan usia



Video yang bisa ditonton di YouTube dikenakan batasan usia, artinya terdapat video tertentu yang mengharuskan user telah mencapai usia yang ditentukan oleh pihak YouTube untuk dapat menontonnya.

Namun, bagi sejumlah pengguna, mereka mungkin kurang menyukai ketentuan tersebut karena sekalipun telah memenuhi klasifikasi dari sisi usia, user tetap diharuskan untuk login menggunakan akun Google terlebih dahulu untuk bisa nonton video tersebut, dan sepertinya hal ini dianggap lumayan mengganggu - misalnya karena si user lupa akun Google miliknya.

YouTube adalah sebuah platform streaming video terbesar dan gratis yang dikembangkan dan dikelola oleh raksasa web, Google. Dengan setiap orang memiliki akses ke platform, YouTube memiliki beberapa kebijakan yang harus diikuti secara ketat oleh semua orang.

Adapun salah satu kebijakan tersebut adalah bahwa tidak ada yang dapat memposting konten yang dianggap tidak sesuai dengan kebijakan Google di YouTube.

YouTube sebenarnya mengizinkan memposting video yang sedikit bebas, namun YouTube menempatkan pesan peringatan konten yang meminta konfirmasi usia kepada pengguna sebelum menonton video tersebut.

Jika Anda sudah masuk dengan akun Google, maka Google akan secara otomatis mengumpulkan informasi terkait usia Anda dari akun Anda, tetapi jika Anda tidak login terlebih dahulu, maka YouTube akan meminta Anda login untuk mengonfirmasi usia Anda dan kemudian Anda dapat menonton video tersebut.

Tentunya untuk login ke YouTube, Anda harus memiliki akun Google. Jika Anda tidak memiliki akun Google, proses login ke YouTube akan memakan waktu yang lumayan lama karena Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Nah, pada kondisi tersebut, Anda mungkin terpikir mengenai cara nonton video YouTube yang dikenai batasan usia.

Cara nonton video youtube yang dikenai batasan usia tanpa sign in

Cara nonton video youtube yang dikenai batasan usia

Apabila Anda kepikiran untuk mencari tahu cara nonton video YouTube yang dikenai batasan usia, maka Anda dapat menggunakan beberapa metode sebagaimana yang akan dibahas disini.

Terdapat beberapa cara atau metode untuk melewati batasan usia di YouTube secara mudah. Tentunya, Anda tidak perlu login agar bisa nonton video yang ingin Anda tonton.

1. Lewati Age Restriction YouTube dengan Kode Embed

Ini adalah salah satu cara termudah untuk melewati batasan usia pada video YouTube karena dalam metode ini, Anda hanya perlu mengubah beberapa huruf URL untuk mengubahnya menjadi tautan yang disematkan. Setelah URL video dengan batasan usia diubah menjadi tautan tersemat, video akan mulai diputar karena tautan tersemat tidak memiliki batasan usia yang terkait dengannya.

Untuk melewati batasan usia menggunakan tautan tersemat, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka video YouTube yang memiliki batasan usia saat ingin diputar.
  • Klik tautan URL video dan periksa URL video yang dibatasi. Misalnya:  https://www.youtube.com/watch?blablablaaa
  • Sekarang, untuk melewati batasan usia, hapus ?v= dari URL dan ganti dengan embed/. Sekarang, URL Anda akan terlihat seperti:
  • https://www.youtube.com/embed/blablablaaa
  • Setelah melakukan perubahan seperti di atas, tekan tombol Enter di keyboard atau tombol smartphone dan video akan mulai diputar.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, batasan usia untuk video yang dipilih akan dihapus dan video bisa mulai diputar.

2. Mengatasi Batasan Usia di YouTube Menggunakan Situs Web Proxy

Dimungkinkan untuk melihat video YouTube dengan batasan usia menggunakan situs proxy. Karena sepertinya tergolong kurang aman, metode ini umumnya tidak disarankan untuk melewati batasan usia. Namun, jika Anda ingin menggunakan metode ini, ada banyak situs proxy yang dengannya Anda dapat dengan mudah melewati batasan usia di YouTube.

Untuk melewati batasan usia di YouTube menggunakan situs web proxy, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka video YouTube yang memiliki batasan usia.
  • Klik tautan URL video dan periksa URL video yang dibatasi. Sebagai contoh: https://www.youtube.com/watch?v=bliibliibliii
  • Sekarang, buka tab baru di browser yang sama dengan mengklik icon +
  • Ketik URL berikut: https://www.proxysite.com/ lalu tekan Enter.
  • Sekarang, salin tautan URL video yang dibatasi dari tab sebelumnya dan paste ke dalam kotak Enter URL situs web proxy di tab baru.
  • Selanjutnya klik tombol Go.
  • Video akan mulai diputar.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, video dengan batasan usia akan mulai diputar tanpa meminta batasan usia.

3. Lewati Batasan Usia di YouTube dengan Mengunduh Video

Jika Anda tidak ingin menggunakan salah satu metode dari dua metode sebelumnya, untuk melewati batasan usia YouTube, maka cara lain yang juga bisa digunakan adalah mengunduh video yang dikenai batasan usia. Dengan mengunduh video, Anda dapat menontonnya kapan saja tanpa ada masalah batasan usia.

Anda dapat mengunduh video apa pun yang dibatasi usia menggunakan perangkat lunak atau situs web pengunduh YouTube. Anda hanya perlu menginstal perangkat lunak atau mengunjungi situs web seperti clipconverter.cc atau yang lainnya.

Anda bisa masukkan URL video yang dibatasi usia, dan klik tombol unduh. Video akan diunduh dan Anda dapat menontonnya kapan saja dengan mudah.

Penutup

Itulah beberapa cara nonton video di YouTube yang dikenai batasan usia. Dan untuk dipahami, tentunya kebijakan berupa pembatasan usia yang diberlakukan pihak YouTube memiliki dasar yang jelas, dan metode cara buka YouTube tanpa dikenai batasan usia seperti dijelaskan diatas hanya sebuah langkah bypass jika memang Anda merasa kelamaan saat ingin nonton video tertentu.



Next Post Previous Post