Bokeh Hood

Dalam posting ini kita akan membahas tentang bokeh hood atau lebih tepatnya adalah lensa hood. Tudung lensa kamera dalam fotografi mungkin tampak sederhana, tetapi bisa sangat membingungkan bagi fotografer pemula.

Apakah Anda membutuhkannya? Tudung lensa apa yang harus Anda beli untuk lensa Anda? Untuk apa tudung lensa? Mengapa menggunakan tudung lensa? Kapan Anda menggunakannya?

Ini hanya beberapa pertanyaan yang kami ajukan. Jadi di sini, saya akan menjawab semua pertanyaan ini untuk Anda guna memastikan Anda mendapatkan hasil terbaik dalam fotografi Anda dan menggunakan yang benar untuk lensa Anda.

Bokeh Hood

bokeh hood

Dalam ulasan ini kita akan bergeser dari bokeh hood ke lensa hood yang mana pembahasan yang sebenarnya memang tentang lensa hood.

Kenapa menggunakan lensa hood?

Alasan utama Anda menggunakan tudung lensa adalah untuk menghentikan cahaya nyasar yang masuk ke lensa Anda yang dapat membuat lensa suar dan membuat gambar Anda kurang kontras. Ini biasanya terjadi saat memotret di bawah sinar matahari atau saat Anda memiliki sumber cahaya yang kuat di depan lensa.

Apa yang dilakukan oleh lensa hood?

Ini cukup menghalangi cahaya melewati elemen depan lensa Anda. Di bawah ini adalah gambar sederhana dari hal yang sama di tempat yang sama. Satu dengan tudung lensa di kamera, dan satu lagi tanpa tudung lensa. Gambar tanpa tudung lensa telah menyebabkan cahaya melewati bagian depan lensa dan membuat gambar kurang kontras dan menyebabkan apa yang disebut lensa suar.

Kapan saatnya menggunakan kamera lensa hood?

Anda harus memiliki tudung lensa setiap saat. Bahkan saat Anda berada di dalam atau di malam hari, Anda bisa mendapatkan cahaya nyasar melewati bagian depan lensa Anda yang akan mengurangi kontras gambar Anda. Bonus lain dalam menggunakan tudung lensa adalah akan melindungi bagian depan lensa Anda. Jika Anda mengayunkan kamera dan bagian depannya mengenai sesuatu, tudung lensa Anda yang akan pecah terlebih dahulu. Jauh lebih murah untuk mengganti daripada lensa!

Kiat lain di sini adalah selalu menjaga kebersihan lensa karena hal ini akan meningkatkan kontras dan juga menghindari suar lensa.

Tipe kamera lensa hood yang bisa Anda dapat

Tudung lensa kelopak memiliki sudut yang terpotong. Jenis tudung ini digunakan pada lensa zoom standar Anda dan lensa yang mengarah ke sudut yang lebih lebar. Ini karena jika Anda tidak memotong sudutnya, Anda akan benar-benar melihat tudung lensa pada gambar pada sudut lebar. Anda akan melihat hitam di sudut gambar Anda, yang tidak terlihat bagus!

Untuk mengujinya, lakukan ini – perbesar lensa Anda ke sudut terlebar, lihat melalui jendela bidik dan gerakkan tangan Anda ke depan berdekatan dengan lensa dan Anda akan melihat tangan muncul di sudut.

Kemudian Anda memiliki tudung lensa silinder, dan ini adalah silinder sempurna tanpa potongan apa pun. Mereka dibuat untuk lensa rentang fokus tetap (lensa prima) dan lensa telefoto. Mereka berbentuk seperti ini karena lensa prima tidak memperkecil, lensa ini ditetapkan pada panjang fokus tertentu sehingga tudung dapat dibuat ke titik yang tepat di mana tidak akan terlihat pada gambar. Lensa telefoto, lensa yang digunakan untuk fotografi olahraga dan alam liar, juga dapat memiliki tudung lensa silinder. Ini karena lensa ini tidak mengarah ke sudut lebar, oleh karena itu tudung lensa tidak akan terlihat.

Penutup

Apakah satu ukuran cocok untuk semua skenario? Jawaban sederhananya adalah tidak, satu ukuran tidak cocok untuk semua. Anda harus mendapatkan tudung lensa untuk lensa khusus Anda. Misalnya, saya memiliki lensa zoom kanon 24-105 dan lensa zoom 16-35 dan keduanya membutuhkan tudung lensa yang berbeda. Alasannya adalah lingkar depan lensa berbeda, satu 77mm dan 82mm. Rentang zoom juga berbeda artinya bit yang dipotong harus berbeda. Semakin lebar sudut pandang semakin jauh ke belakang potongan harus berada di tudung lensa kelopak.

Sekarang Anda tidak perlu mendapatkan tudung lensa bermerek untuk lensa Anda, tetapi harap hindari tudung lensa apa pun yang menyatakan bahwa tudung lensa bersifat universal. Mereka tidak akan berfungsi sebaik yang dibuat khusus untuk lensa Anda.

Untuk mengetahui lensa apa yang Anda miliki, cukup lihat bagian depannya dan baca apa yang tertulis di dalamnya. Misalnya, gambar di bawah ini menunjukkan bagian depan lensa canon dan menyatakan 'Canon zoom Lens EF 24-105mm'. Ini adalah nama lensa itu. Cukup ketik yang diikuti oleh tudung lensa ke dalam bilah pencarian dan tudung lensa untuk lensa itu akan muncul. Semudah itu!

Next Post Previous Post