Fitur Rahasia Telegram Jadi Lebih Aman



Telegram merupakan salah satu aplikasi messaging yang banyak digunakan selain WhatsApp. Sebagai salah satu aplikasi populer, aplikasi Telegram jelas menawarkan berbagai fitur menarik untuk penggunanya.

Nah, disini kita akan bahas mengenai 5 fitur rahasia Telegram yang perlu kalian ketahui. Lebih tepatnya adalah fitur keamanan Telegram yang akan sangat berguna jika Anda ketahui.

Apakah Anda termasuk salah satu pengguna setia aplikasi Telegram? Jika benar, maka ada baiknya Anda simak beberapa fitur keamanan Telegram berikut ini agar tidak ketinggalan.

Fitur Rahasia Telegram

Dan sebagaimana disebutkan diatas, fitur rahasia yang di share kali ini adalah mengenai fitur keamanan Telegram.

Fitur Rahasia Telegram Jadi Lebih Aman

Apa saja fitur keamanan Telegram yang perlu kalian tahu?

1. Mengirim pesan rahasia dengan fitur Secret Chat


Mau berkirim pesan rahasia ke sahabat? Kalian bisa menggunakan fitur Secret Chat di Telegram. Melalui fitur ini kalian bisa mengirim pesan rahasia ke siapapun yang kalian inginkan. Fitur Secret Chat pada aplikasi Telegram bersifat end-to-end encrypted sehingga tidak ada pihak ketiga yang bisa melihat pesan yang kalian kirim.

Lalu, bagaimana untuk mengaktikan fitur Secret Chat ini? Caranya sangat sederhana, kalian cukup klik kontak orang yang ingin dikirimi pesan. Selanjutnya, klik namanya, kemudian klik Start Secret Chat pada ikon More. Selamat mencoba fitur ini jika memang kalian punya obrolan yang orang lain tidak perlu tahu.

2. Mengunci pesan dengan fitur Lock Chat


Kalian mungkin pernah merasa risih saat sedang chatting di tempat umum atau di sekitar teman-teman karena khawatir isi pesan akan dilirik oleh orang lain. Tenang saja, sebagai pengguna Telegram kalian bisa memanfaatkan fitur Lock Chat agar isi pesan yang ada tidak diketahui oleh orang lain.

Caranya, kalian cukup klik tombol “Setting – Privacy and Security – Passcode and Touch ID – Pasang PIN atau Touch ID – Selesai”. Pesan kalian akan secara otomatis terkunci setelah aplikasi tidak digunakan selama beberapa menit atau kalian bisa klik ikon Lock Chat pada bagian atas aplikasi Telegram untuk mengaktifkan fitur ini kapan saja.

3.  Menghapus Salah Kirim

Seringkali kita terlalu asyik chatting hingga keliru ketika mengirim pesan. Seharusnya kirim ke teman, tapi malah salah sasaran. Kalau hal ini terjadi, tidak perlu khawatir dan panik, karena di aplikasi Telegram kalian bisa menghapus pesan yang sudah terkirim.

Lebih menariknya lagi, berbeda dengan aplikasi pesan instan lainnya, kalian juga bisa menghapus pesan yang sudah terkirim kapan pun dan tanpa ada batas waktu. Jadi, kalau ingin menghapus pesan yang sudah terkirim sebulan lalu, kalian masih bisa melakukannya.

4. Lebih aman dengan fitur Two-Step Verification


Saat ini sudah ada banyak aplikasi yang menggunakan fitur Two-step Verification untuk meningkatkan keamanan penggunanya, tak terkecuali Telegram. Apabila diaktifkan, fitur ini mengharuskan pengguna untuk memasukkan password setiap kali masuk ke akun Telegram pribadi melalui perangkat yang baru maupun lama.

Password ini dibutuhkan sebagai pelengkap dari OTP (one-time password) yang muncul ketika pengguna memasang akun Telegram di perangkat yang baru. Fitur ini sangat berguna untuk melindungi akun pengguna aplikasi dari para pencuri identitas yang mengetahui password dan berusaha untuk meretas akun Telegram mereka.

5. Support server proxy


Selain ketiga fitur di atas, Telegram juga mendukung server proxy. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan IP Address dengan cara mengkoneksikan akunnya ke sebuah server proxy khusus. Untuk mengaktifkan fitur ini kalian bisa mengakses menu “Settings – Data and Storage – Proxy Settings”. 

Penutup

Nah itulah beberapa fitur rahasia Telegram untuk lebih aman dalam menggunakan aplikasi yang cukup populer yang satu ini. Seperti diketahui, Telegram memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak.



Next Post Previous Post