Cara Cek History Pengguna WiFi

WiFi atau Wireless Fidelity merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan pengguna smartphone atau komputer untuk terhubung ke jaringan internet melalui Hotspot.

Seperti diketahui, sekarang ini banyak sekali tempat-tempat yang menyediakan WiFi, baik yang gratis maupun yang berbayar. Di tempat cafe misalnya, pelanggan bisa menikmati WiFi gratis.

Adapun dalam hal penggunaan WiFi, cepat-lambatnya koneksi WiFi tentunya dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Beberapa diantaranya adalah besaran bandwidth, dan yang kedua adalah seberapa banyak jumlah penggunanya.

Semakin banyak jumlah pengguna WiFi dalam waktu yang bersamaan, maka semakin berat pula loading atau kecepatan koneksinya. Nah, bagi Anda yang memiliki WiFi, Anda mungkin tertarik untuk cek history pengguna WiFi.

Cara Cek History Pengguna WiFi

Bagi Anda yang ingin melihat history pengguna WiFi ada beberapa cara yang bisa Anda pilih. Dibawah ini dijelaskan beberapa cara untuk cek riwayat pengguna WiFi.

1. Cara Cek History WiFi di Android dan Komputer


Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda pilih untuk melihat aktivitas pengguna WiFi adalah dengan menggunakan fitur history pada browser yang digunakan.

Ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara melihat history WiFi pada gadget anak dibawah umur sehingga jadi lebih terpantau. Berikut langkahnya:

Cara Cek History Pengguna WiFi

  1. Silahkan Anda buka aplikasi browser yang terinstal di Android atau PC.
  2. Masuk ke menu Settings.
  3. Lalu pilih opsi menu History.

Anda juga bisa menggunakan shortcut tombol Ctrl + H untuk mengakses fitur History secara lebih mudah dan praktis.

2. Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna WiFi dengan Custom Firmware pada Router

Cara Mengetahui Aktivitas Pengguna WiFi dengan Custom Firmware pada Router

Router
merupakan hardware yang dipakai untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik jaringan yang sama maupun berbeda. Dengan setting router WiFi, Anda bisa mendapatkan koneksi internet yang kencang dan stabil.

Agar bisa berfungsi dengan baik, router memiliki sebuah firmware atau sistem operasi di dalamnya. Firmware tersebut sudah didesain dan di-install oleh perusahaan produsen router ketika Anda membelinya.

Namun, Anda masih bisa melakukan kustomisasi firmware, geng. Jika router yang Anda gunakan mendukung hal ini, maka Anda bisa mencari custom firmware yang memiliki fitur URL logging sebagai cara melihat history WiFi.

Kamu bisa menggunakan OpenWrt sebagai custom firmware untuk router. Cara kerja OpenWrt juga sudah banyak dibahas di internet, sehingga kamu bisa mencari tahu lebih lanjut.

3. Cara Mengetahui Apa Saja yang Dibuka Pengguna WiFi

Cara melihat history WiFi berikutnya yakni dengan menggunakan transparent proxy server, yaitu server yang dapat mengarahkan traffic web melalui proxy yang Anda buat.

Dengan menggunakan konfigurasi jaringan seperti itu, Anda bisa melihat history web para pengguna WiFi karena alamat URL dari setiap traffic yang melalui proxy buatanmu akan terlihat melalui log.

Anda bisa mencoba proxy server Squid sebagai cara melihat history WiFi melalui transparent proxy server. Selain mendukung HTTP dan HTTPS, Squid juga kompatibel dengan banyak sistem operasi, seperti Windows dan Linux, sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Next Post Previous Post