Pengertian Refresh Rate Adalah



Pengertian refresh rate adalah salah satu knowledge tentang smartphone yang perlu dipahami, khususnya bagi kalian yang demen mengikuti perkembangan teknologi smartphone, seperti smartphone Android atau iPhone.

Guna dapat menyempurnakan kinerja suatu smartphone, banyak bermunculan teknologi atau fitur-fitur canggih yang dihadirkan oleh produsen smartphone papan atas, baik itu Xiaomi, OPPO, Samsung, Huawei, maupun produsen smartphone kelas atas lainnya.

Bahasan kita kali ini adalah mengenai apa itu refresh rate di Android atau smartphone lainnya yang mana setiap smartphone high-end keluaran terbaru telah dibekali fitur ini, mulai refresh rate 60 Hz, refresh rate 90 Hz, hingga refresh rate 120 Hz.

Pengertian Refresh Rate Pada Smartphone


Refresh Rate Adalah

Pengertian refresh rate di HP adalah suatu fitur yang biasanya disematkan pada smartphone flagship dimana refresh rate merupakan suatu spesifikasi pada komponen panel yang mengukur seberapa sering sebuah frame (gambar) pada layar dapat diperbarui atau di refresh disetiap detiknya.

Lebih mudah untuk memahaminya, layar 60 Hz mampu menampilkan 60 gambar setiap detiknya, begitu juga layar 90 Hz dan 120 Hz, yang masing-masing mampu menampilkan gambar 90 dan 120 frame dalam setiap detik.

Jadi, semakin tinggi angka refresh rate, maka semakin mulus pula gambar yang ditampilkan oleh smartphone, hal ini karena gambar yang ditampilkan setiap detik, meski tidak terlihat secara kasat mata.

Perbedaan Refresh Rate dan Frame Rate


Refresh rate dan frame rate mungkin terkesan sama, namun sebenarnya berbeda. Meskipun terdengar sama, refresh rate sendiri sejatinya berbeda dengan frame rate atau lumrah disebut frames-per-second (fps) yang biasa ditemui di spesifikasi video.

Dan sebagaimana disebutkan tadi, refresh rate merupakan teknologi di dalam layar, sementara fps merupakan spesifikasi dari gambar atau video yang ditampilkan.

Jika video 120 fps dimainkan di layar 60 Hz, maka layar sejatinya bakal menyesuaikan video tersebut supaya bisa diputar dalam mode 60 fps. Berbeda dengan layar 120 Hz yang mampu menampilkan video 60 fps, 90 fps, hingga 120 fps.

Penutup

Refresh rate tinggi memberikan kenyamanan tersendiri bagi pemilik smartphone tersebut, karena kemampuannya me-refresh gambar hingga berkali-kali hanya dalam sedetik.

Namun, untuk diketahui bahwa adanya fitur refresh rate ini membuat konsumsi baterai semakin tinggi. Jadi, idealnya hp yang sudah dilengkapi fitur refresh rate harus memiliki kapasitas baterai yang relatif besar.



Next Post Previous Post