Cara Mudah Meningkatkan Sinyal WiFi yang Lemah



Meningkatkan sinyal wifi yang lemah secara mudah perlu dipahami, khususnya bagi Anda yang sering dihadapkan dengan masalah signal wifi tidak maksimal.

Seperti diketahui, speed dan stabilitas koneksi internet melalui jaringan wifi ditentukan oleh kekuatan sinyal yang ditangkap perangkat Anda.

Apabila Anda sering menjumpai sinyal wifi lemah di perangkat Anda, dibawah ini diulas mengenai beberapa cara meningkatkan signal wifi Android maupun perangkat lainnya yang bisa diterapkan dengan mudah.

Saat ini masyarakat semakin dimudahkan untuk mendapatkan akses internet. Jika dulu harus pergi ke warnet atau berlangganan internet rumah, maka kini kita bisa mengakses internet cukup dengan berbekal smartphone.

Untuk dapat mengakses internet, pengguna smartphone diharuskan mengaktifkan layanan data terlebih dahulu pada smartphone mereka.

Baca juga:

Dan selain melalui layanan data seluler, pengguna juga dapat mengakses internet lewat jaringan hotspot menggunakan koneksi WiFi (Wireless Fidelity).

Tentang Jaringan WiFi

Cara Mudah Meningkatkan Sinyal WiFi yang Lemah

WiFi merupakan teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi tinggi. Dengan adanya WiFi, kita dapat terhubung ke internet baik menggunakan smartphone, notebook, maupun perangkat komputer lainnya yang telah dilengkapi WiFi Card.

WiFi kini tidak lagi asing di telinga masyarakat Indonesia. Ada banyak tempat dimana kita bisa menemukan WiFi baik yang gratis maupun yang berbayar. Hanya saja ketika mengakses internet melalui koneksi Wi-Fi terkadang terbentur dengan masalah internet lemot.

Sinyal WiFi yang lemah akan membuat aktivitas internetan kita terganggu, apalagi urutan kecepatan internet di Indonesia sejauh ini bisa dibilang masih cukup buruk.

Cara Meningkatkan Sinyal Wifi yang Lemah

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat sinyal WiFi. Dengan cara-cara berikut ini, Anda bisa memperkuat sinyal wifi yang bisa diaplikasikan pada smartphone Android, laptop, dan gawai berbasis komputer lainnya.

Anda mungkin penasaran bagaimana cara meningkatkan sinyal WiFi. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan sinyal WiFi yang lemah agar lebih kuat serta stabil.

1. Gunakan Teknologi WiFi Paling Mutakhir

Saat ini ada empat jenis teknologi wireless yang tersedia, yaitu A, B, G, dan N. Teknologi A, B, dan G adalah teknologi lama yang mempunyai kecepatan lambat.

Sedangkan N merupakan teknologi terbaru dan tercepat dalam hal kecepatan. Jadi, selalu gunakan versi N agar Anda bisa mendapatkan kecepatan yang maksimal.

2. Temukan Posisi Terbaik

Sinyal WiFi tentu tidak dapat dilihat secara kasat mata, tapi sinyal tersebut dapat terhalang jika ada banyak tembok di sekitar router-nya.

Jadi, selalu cari posisi bebas dari penghalang agar Anda dapat mengakses internet dengan nyaman.

3. Jauhi Perangkat Elektronik Lain

Tidak hanya router lain yang dapat mengganggu kualitas sinyal, namun beberapa perangkat elektronik lain seperti microwave juga bisa menjadi penyebabnya.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menjauhkan berbagai perangkat elektronik tersebut dari router.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan router dual band agar dapat memindahkan frekuensinya dengan mudah.

4. Gunakan Channel yang Kosong

Jika di wilayah Anda terdapat banyak orang yang menggunakan router WiFi, maka bisa jadi Anda berada pada channel yang sama dengan router tersebut sehingga kualitas sinyalnya menurun.

Jadi, pilihlah channel WiFi yang kosong atau yang sedikit penggunanya agar tidak terjadi gangguan sinyal. Anda dapat menggunakan aplikasi inSSIDer untuk melakukan trik ini.

5. Upgrade Sistem Keamanan

Anda telah menggunakan paket internet yang cepat, namun masih saja lambat saat diakses. Kemungkinan ada orang lain yang menggunakan koneksi WiFi tersebut tanpa sepengetahuan Anda.

Untuk mencegahnya, gunakan password yang rumit serta gunakan enkripsi WPA2.

6. Kontrol Penggunaan Bandwidth

Jika Anda tidak sendiri saat menggunakan WiFi, pasti akan lambat saat browsing. Anda dapat mengatur penggunaan bandwidth agar orang lain tidak terjadi kebocoran bandwidth yang bisa mengakibatkan koneksi lemot.

7. Gunakan Kaleng Bekas

Sinyal WiFi menggunakan udara sebagai penghantarnya, agar sinyalnya tidak menyebar kemana-kemana, Anda bisa memanfaatkan kaleng bekas untuk menentukan tujuan sinyal tersebut.

Selain dengan kaleng, Anda juga bisa menggunakan panci atau aluminium foil.

8. Gunakan WiFi Repeater

Repeater merupakan sebuah alat untuk menerima sinyal WiFi kemudian memancarkan kembali sinyal tersebut dengan lebih kuat.

Alat ini sangat cocok untuk Anda yang penerimaan sinyal WiFi-nya buruk.

9. Reboot Secara Berkala

Tidak jauh beda dengan smartphone dan PC. Router akan sering mengalami masalah saat digunakan dalam waktu yang lama.

Untuk menghindarinya, silahkan Anda reboot router secara rutin agar kondisi router tersebut menjadi lebih segar dan siap digunakan kembali.

Penutup

Sinyal wifi lemah merupakan satu kondisi yang sering dijumpai oleh pengakses internet, dan saat Anda dihadapkan dengan masalah tersebut ada baiknya Anda terapkan beberapa kiat diatas.

Demikianlah info untuk meningkatkan sinyal WiFi yang lemah. Dengan menerapkan trik diatas, kemungkinan Anda tidak akan mengeluhkan sinyal WiFi lemah lagi.



Next Post Previous Post