4 Cara Mengembalikan File Terhapus di Android



Smartphone Anda mungkin berisi berbagai macam file penting. Dan Anda akan dihadapkan dengan masalah manakala salah satu dari file penting tersebut terhapus.

Untuk Anda yang memiliki file penting di hp dan terlanjur kehapus, baik dengan atau tidak disengaja, silahkan baca panduan cara mengembalikan file di Android yang terhapus seperti dijabarkan dibawah ini.

Smartphone kini telah menjadi media penyimpanan file yang bisa diandalkan. Terlebih dengan kapasitas memori internal super besar yang ditawarkan smartphone keluaran terbaru, tentunya menyimpan banyak file seperti foto dan video di smartphone menjadi pilihan banyak orang.

Namun dibalik kemudahannya, kelalaian diri sendiri kadang membuat kita secara tidak sengaja menghapus foto atau video yang sebenarnya tidak ingin dihapus. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang sudah dihapus di Android.

Cara Mengembalikan File Terhapus di Android

Cara mengembalikan file terhapus di Android

Bagi Anda yang kehilangan file penting di hp, nyatanya Anda masih bisa mengembalikan foto-foto atau video berharga milik Anda yang sebelumnya dengan tidak sengaja dihapus.

Berikut ini di share cara mengembalikan file yang terhapus di Android secara permanen, dan bisa Anda lakukan tanpa harus melakukan root.

Ada empat metode yang bisa Anda pilih untuk mengembalikan file yang telah terhapus di Android, terutama foto dan video, yang sudah terhapus secara permanen.

1. Mengembalikan File Terhapus dengan Recuva File Recovery

Silahkan manfaatkan aplikasi ini. Anda dapat memulai dengan cara menyambungkan perangkat Android kalian dengan komputer menggunakan kabel USB.

Selanjutnya Anda dapat memilih jenis file apa yang ingin dikembalikan ke memori Android. Jika bingung, Anda cukup pilih pilihan All Files agar semua file yang terhapus dikembalikan seluruhnya.

Kemudian, pilih lokasi terakhir file sebelum terhapus atau hilang. Setelah menentukan lokasinya, klik tombol OK untuk memulai proses pencarian.

Aplikasi akan melakukan scanning dan mencari file Anda yang terhapus. Tunggu hingga proses selesai, nantinya file Anda yang terhapus bisa di restore.

2. Mengembalikan File yang Dihapus dengan Wondershare MobileTrans

Silahkan Anda install Wondershare MobileTrans di komputer milik Anda. Lalu sambungkan perangkat Android ke komputer menggunakan kabel USB.

Sebelumnya harap mengaktifkan mode USB debugging di smartphone Android Anda.

Di tahap ini, smartphone Android Anda sudah terhubung dengan aplikasi. Anda tinggal memilih file jenis apa yang ingin dikembalikan.

Setelah memilih, aplikasi secara otomatis akan melakukan scanning dan memunculkan kembali file-file yang hilang. Klik Recover ketika sudah menentukan file mana saja yang ingin Anda kembalikan.

3. Mengembalikan File Terhapus dengan Aplikasi "Sampah"

  • Dumpster - Recycle Bin

Dumpster adalah aplikasi yang bisa Anda install melalui Google Playstore secara gratis. Aplikasi ini berguna untuk membuat semacam recycle bin yang biasanya ada di PC. Saat ini telah tersedia untuk smartphone Android.

Jadi, kapanpun Anda dengan secara tidak sengaja menghapus file berharga, Anda bisa langsung mengembailkannya karena file itu masih ditampung di recycle bin.

  • Es File Explorer

Agak berbeda dari Dumpster, aplikasi yang satu ini sejatinya adalah aplikasi yang mengatur dan merapikan file. Namun, aplikasi ini juga punya salah satu fitur yang menyerupai recycle bin sehingga memungkinkan file yang terhapus untuk dikembalikan.

4. Mengembalikan Data Terhapus di Android dengan MobiKin Doctor

Anda juga bisa menggunakan MobiKin Doctor di PC Anda guna bisa mengembalikan data terhapus di smartphone Android Anda.

Sambungkan ponsel Android ke PC, lalu aktifkan mode USB debugging di smartphone. Nantinya akan muncul tampilan perangkat telah terhubung.

Setelah itu, Anda dapat memilih file apa yang ingin dikembalikan. Misalkan Anda memilih Photos, maka file yang dimunculkan nantinya adalah berupa file foto yang terhapus. Untuk mengembalikan foto terhapus tersebut, silahkan klik tombol Recover.



Next Post Previous Post