Cara Mudah Mengatasi Android Lemot



Pernahkah Anda dihadapkan dengan kondisi dimana smartphone Android yang Anda gunakan serasa cukup lemot?

Salah satu hal yang cukup mengganggu ketika kita menggunakan smartphone adalah saat dihadapkan dengan masalah loading lambat alias lemot.

Tentu saja dalam hal ini Anda perlu mencari cara mengatasi Android lemot demi kenyamanan Anda dalam menggunakan gawai pintar yang satu ini.

Bagi para pengguna Android dengan spek perangkat yang pas-pasan, pastinya pernah menjumpai waktu muat ponsel berjalan dengan sangat lambat, dan hal tersebut sudah pasti sangat tidak mengenakkan.

Selain spek yang tergolong rendah, pada prinsipnya ada beberapa hal yang menyebabkan HP Android lemot.

Nah, agar masalah Android lelet yang Anda alami tidak berlarut-larut, dibawah ini bisa Anda simak beberapa cara mengatasi Android lemot yang segera bisa Anda terapkan pada smartphone Android milik Anda.

Cara Mengatasi Android Lemot Saat Digunakan

Supaya tidak terganggu loading lambat saat menggunakan hp, silahkan disimak dan diterapkan beberapa cara mengatasi Android lambat seperti dijabarkan dibawah ini.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mengatasi hp Android lemot yang tentunya bisa dengan mudah Anda terapkan.

1. Bersihkan Cache di Smartphone

Cara Mudah Mengatasi Android Lemot

Apa itu cache? Secara sederhana, cache merupakan data yang disimpan sementara pada sistem penyimpanan internal smartphone. Cache akan mencatat segala aktivitas yang digunakan pada sebuah aplikasi Android.

Kenyataannya data-data yang berukuran kecil namun berjumlah banyak ini sudah cukup untuk membuat HP menjadi lemot loh. Maka dari itu Anda harus membersihkan cache yang tersimpan dalam smartphone Android dengan cara sebagai berikut.

2. Matikan Animasi Penyebab Android Lemot

Pada beberapa perangkat Android lawas, animasi yang ditampilkan pada layar membuat performa smartphone melambat karena mengharuskan melakukan banyak proses.

Dibanding Anda harus memaksakan menampilkan animasi, lebih baik Anda menonaktifkannya untuk mengatasi HP lemot semakin menjadi-jadi. Berikut cara mudahnya.

  • Masuk ke menu Settings dalam HP Android.
  • Aktifkan Developer options dengan pergi ke menu System > About phone > tap Build Number sebanyak 7 kali
  • untuk mengaktifkan.
  • Pergi kembali ke Developer options > Drawing > Windows animation scale.
  • Pilih Animation off dan lakukan langkah yang sama pada Transition animation scale serta Animator duration scale.

3. Hapus Pre-installed Apps di Android

Tidak jarang smartphone Android yang bahkan baru Anda beli sekalipun sudah memiliki banyak bloatware alias pre-installed apps yang mungkin kurang berguna bagi Anda. Sebenarnya Anda bisa saja menghapus aplikasi bloatware
.
Dibanding membuat HP Android lemot, Anda bisa menonaktifkan hinggan uninstall bloatware di Android dengan cara sebagai berikut.

  • Masuk ke menu Settings.
  • Pilih Apps > cari aplikasi Android yang hendak dihapus.
  • Selanjutnya tinggal tap Uninstall/Disabler untuk menghapus aplikasi Android.

4. Hapus Widget yang Tidak Berguna

Smartphone Android pun menyediakan berbagai widget yang bakal mempermudah Anda dalam mengakses sebuah aplikasi. Widget dapat Anda letakkan pada homescreen dan dapat Anda akses dengan cepat.

Tapi jika And  menginginkan performa smartphone Android semakin cepat, Anda bisa menghapus dan menonaktifkan sebagian widget yang nggak diperlukan.

  • Pilih widget yang hendak Anda hapus, kemudian tap dan tahan.
  • Drag widget ke arah Remove untuk menghapusnya dari tampilan layar utama.

5. Optimalkan Google Chrome

Sistem operasi Android yang kini dikembangkan oleh Google membuat para penggunanya tentu menggunakan Google Chrome sebagai aplikasi browser bawaan yang memang disediakan.
Selain performa HP Android selama penggunaan, Anda juga wajib memperhatikan kemampuannya selama berselancar di dunia maya.

Nah berikut adalah cara mengatasi HP lemot saat sedang menggunakan Google Chrome di Android yang tentunya juga bakal menghemat kuota internet Anda.

  • Pergi ke aplikasi Google Chrome.
  • Tap ikon tiga titik dan pilih menu Settings.
  • Pada tab Advanced pilih Data Saver.
  • Aktifkan toogle Data Saver ke arah On untuk menghemat data.

Penutup

Demikianlah info cara mudah mengatasi hp Android lambat, semoga berguna dan dapat memberikan solusi untuk smartphone Android milik Anda.

Supaya kinerja smartphone Android Anda tetap optimal, pastikan Anda membersihkan cache secara berkala. Jangan hanya digunakan saja, Anda perlu menjaga ponsel Anda.



Next Post Previous Post