Cara Mengembalikan Obrolan Chat WA yang Terhapus

Sebagian pengguna ponsel Android menggunakan aplikasi WhatsApp atau WA dalam sehari-hari mereka.

Dengan kondisi yang demikian itu, maka tentunya tak jarang dalam sehari-hari ada berbagai konten obrolan atau chat WA yang sebenarnya penting.

Lalu bagaimana jika pesan WA terhapus? bisakah mengembalikan pesan WA yang sudah terhapus? Disini kita akan ulas cara mengembalikan chat WA yang terhapus secara mudah.

WhatsApp tak hanya sekedar untuk berkomunikasi biasa, WhatsApp juga digunakan untuk berdiskusi mengenai hal-hal penting yang berkaitan dengan urusan pekerjaan.

Bisa Anda bayangkan kehilangan chat di WA yang berupa pesan-pesan penting yang berkaitan dengan bisnis, sudah pasti Anda dibuat sangat bingung. 

Nah, dalam artikel ini saya akan memberikan informasi cara membaca isi WA yang sudah terhapus baik secara sengaja maupun tanpa disengaja.

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus


Penting untuk Anda ketahui bahwa chat di WhatsApp yang sudah dihapus dapat dikembalikan lagi dengan catatan sebelumnya chat tersebut sudah di backup ke Google Drive. 

Cara Mengembalikan Chat WA Terhapus

Chat notifikasi cadangkan ke Google Drive biasanya muncul di layar smartphone ketika Anda pertama kali mengkofigurasi WhatsApp.

Sehingga dengan demikian, maka chat WhatsApp yang sebelumnya tidak di backup di Google Drive tidak dapat dikembalikan lagi. Tentu ini menjadi masalah besar bagi Anda jika sebelumnya Anda tidak melakukan backup.

Jadi, sebagai langkah berjaga-jaga untuk menghindari chat WhatsApp Anda dapat dikembalikan lagi walau sudah dihapus, pastikan Anda melakukan backup ke Google Drive. Ini bisa Anda lakukan secara gratis, jadi Anda tidak perlu khawatir akan dikenai biaya.

Cara Backup Chat WA ke Google Drive Agar Bisa Dikembalikan Setelah Terhapus


  1. Silahkan buka aplikasi WhatsApp di HP Android milik Anda, lalu pilih menu Setelan.
    Cara Mengembalikan Obrolan Chat WA yang Terhapus
     
  2. Ada beberapa menu lainnya yang muncul, Anda perlu memilih menu Chat.
    Cara Mengembalikan Obrolan Chat WA yang Terhapus
  3. Silahkan memilih menu Cadangkan chat.
    Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus
  4. Lalu tap pada tombol Cadangkan. Anda juga akan melihat berapa ukuran keseluruhan chat yang ada di akun WhatsApp Anda yang didalamnya berisi chat, foto, dan file video.
    Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus
  5. Jika Anda belum pernah menghubungkan WhatsApp dengan akun Google Drive, maka Anda akan diminta untuk memasukkan password Google Drive. Berikutnya proses backup akan segera berlangsung, silakan ditunggu sampai prosesnya selesai.
    Cara Mengembalikan Pesan Chat WhatsApp yang Sudah Terhapus 5
  6. Nah, sekarang proses backup WhatsApp ke Google Drive telah selesai, jadi Anda sudah memiliki chat cadangan yang bisa Anda kembalikan kapanpun Anda menginginkannya. Dan untuk selanjutnya proses mencadangkan chat WA akan terjadi secara otomatis.

Cara Mengembalikan Chat WA Terhapus dengan Google Drive


Diatas sudah dijelaskan langkah-langkah untuk melakukan backup WhatsApp ke Google Drive, jadi sekarang Anda tinggal mengembalikannya jika ada chat WA yang menurut Anda penting namun sudah terlanjur Anda hapus dari aplikasi WhatsApp.

  1. Silahkan dibuka menu Setelan, pilih Aplikasi, pilih WhatsApp, lalu tap tombol HAPUS PENYIMPANAN. Langkah ini akan membuat Anda keluar dari aplikasi WA.
  2. Selanjutnya silahkan buka aplikasi WhatsApp lalu login menggunakan nomor HP Anda.
  3. Anda perlu mengikuti langkah-langkahnya sampai Anda kembali masuk di WhatsApp.
  4. Pada langkah yang terakhir, akan muncul pilihan untuk mengembalikan chat yang sudah di backup di Google Drive.
  5. Silahkan Anda tap tombol Restore. agar seluruh pesan yang dihapus dapat dikembalikan seperti semula.
  6. Kemudian login menggunakan akun Google Drive tempat Anda menyimpan backup chat WhatsApp.
  7. Harap ditunggu, proses restore chat akan selesai dalam beberapa detik-menit (tergantung banyaknya data di akun WhatsApp Anda).
  8. Sekarang Anda bisa mencoba cek obrolan WA yang tadinya sudah Anda hapus, chat tersebut dapat Anda bisa baca kembali.

Kesimpulan


Sangat penting bagi pengguna WhatsApp untuk mencadangkan isi chat WhatsApp agar jika terjadi ketidaksengajaan menghapus pesan nantinya dapat Anda di-restore. 

Demikianlah info untuk cara mengembalikan chat WA yang sudah terhapus, semoga informasi ini berguna.

Next Post Previous Post