Cara Membuka dan Pasang Baterai Tanam HP

Baterai tanam dalam beberapa tahun terakhir ini mulai disematkan pada smartphone, baik itu untuk Samsung, OPPO, vivo, Xiaomi, Huawei maupun merk smartphone lainnya.

Penggunaan baterai tanam pada HP sebenarnya menawarkan kelebihan tersendiri, mulai bobotnya yang relatif ringan, praktis, dan relatif awet dari terjadinya penggelembungan.

Namun demikian, salah satu kesulitan yang mungkin dialami pemilik adalah ketika baterai tanam telah rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

Cara melepas dan pasang baterai hp tanam jelas berbeda dengan baterai non-tanam. Kalau untuk baterai biasa, kita tinggal lepas casing. Sementara untuk baterai tanam, kita perlu melepas casing, baut, dan juga konektor.

Nah disini kita akan share cara melepas dan memasang baterai hp tanam Samsung yang juga dapat Anda praktekkan pada brand smartphone lainnya, termasuk juga Apple iPhone.

Cara Membuka dan Pasang Baterai Tanam HP

Untuk melepas dan pasang baterai hp tanam, Anda membutuhkan beberapa peralatan ringan. Selengkapnya bisa Anda simak cara membuka baterai tanam hp dan memasangnya kembali seperti dijabarkan dibawah ini.

Untuk memulai, berikut beberapa peralatan yang perlu Anda persiapkan:

  1. Ejector kartu SIM.
  2. Obeng kecil untuk membuka baut hp.
  3. Double tip untuk merekatkan baterai dengan body hp.
  4. Kartu atau benda tipis keras untuk membuka casing baterai hp tanam.tanam.
  5. Baterai tanam baru. Harga baterai tanam hp tergantung tipe dan kualitasnya, saat ini paling murah dikisaran 30 ribuan.

Langkah - 1 - Matikan smartphone Anda.

Cara Buka Baterai Tanam HP

Langkah 2 - Buka slot kartu SIM menggunakan ejector kartu SIM.

Cara Membuka dan Pasang Baterai Tanam HP
 
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka slot kartu SIM menggunakan SIM Card ejector.

Langkah 3 - Membuka casing hp menggunakan kartu atau benda tertentu yang tipis dan memiliki permukaan lembut namun keras.

Cara Membuka Baterai HP Tanam
 
Silahkan gerakkan agar pengait casing bisa lepas. Saat membuka casing hp, pastikan Anda lebih hati-hati agar tidak merusak komponen penting hp.
 
Jika casing telah terbuka, selanjutnya Anda bisa melepas baterai tanam hp Anda.

Langkah 4 - Membuka baterai tanam hp.

Cara Pasang Baterai Tanam HP Samsung

Untuk membuka baterai tanam hp Anda, silahkan lepas terlebih dahulu baut yang ditandai lingkaran berwarna oren.

Setelah itu, lepas secara perlahan kabel fleksibel yang menempel pada ponsel Anda. Congkel baterai menggunakan kartu atau benda tipis yang lembut dan keras sampai baterai bisa dilepas. 

Cara Pasang Baterai HP Tanam

Langkah 5 - Memasang baterai tanam yang baru.

Apabila baterai tanam yang lama telah berhasil dilepas, selanjutnya silahkan pasang baterai tanam yang baru dan jangan lupa untuk memasang kembali kabel konektor baterai agar baterai tersebut berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

Dan jika Anda masih mengalami kesulitan, silahkan tonton video cara membuka dan pasang baterai tanam hp Xiaomi berikut ini.

Cek Baterai Tanam Sesudah Diganti

Setelah selesai memasang baterai tanam, silahkan cek terlebih dahulu sebelum memasang casing belakang hp.

Hidupkan smartphone Anda, coba lakukan charging dan perhatikan indikator baterai. Jika mengisi, itu artinya pemasangan baterai tanam telah Anda lakukan dengan sebagaimana mestinya.

Baca juga:

Penutup

Demikian tutorial membuka dan memasang baterai tanam hp Samsung dan hp lainnya. Langkah-langkahnya sangat mudah, hanya saja Anda perlu sedikit berhati-hati saat melepas casing dan baterai agar tidak merusak komponen lainnya.

Next Post Previous Post