Perbedaan Save dan Save As di Komputer

Penjelasan mengenai perbedaan Save dan Save As di komputer akan dibahas dalam artikel ini. Diharapkan ulasan ini akan memberikan masukan berguna bagi Anda yang belum memahaminya.

Seperti diketahui, di komputer saat kita ingin menyimpan suatu file dengan nama tertentu, kita diberikan pilihan berupa Save dan Save As

Meskipun sama-sama bertujuan untuk menyimpan, namun ada fungsi tertentu yang perlu diketahui dibalik tersedianya fitur penyimpanan Save dan Save As tersebut.

Perbedaan Save dan Save As

Perbedaan Save dan Save As

Untuk sekedar menyimpan saja, maka Anda cukup memilih Save. Namun, jika misalkan Anda ingin menyimpan dalam format tertentu, maka Anda dapat memilih Save As.

Misalkan, file gambar sebenarnya dalam format JPG, kemudian Anda buka dengan foto editor dan kemudian ingin menyimpannya dalam format PNG, maka Anda bisa menggunakan Save As > PNG.

Pengertian Save Pada Program Komputer

Mengacu pada ilmu komputer, menu Save merupakan pilihan menyimpan dokumen atau file yang sudah tersimpan sebelumnya. 

Misalkan Anda pernah menyimpan file office dengan nama file “KEUANGAN” kemudian beberapa hari Anda membuka file tersebut dan menambahkan data maka ketika Anda akan menyimpan cukup dengan klik menu Save. 

Pada saat Anda menjalankan program pertama kali kemudian menyimpannya, Anda bebas memilih Save atau Save As untuk menyimpan. Dengan demikian, untuk jenis file baru perbedaan Save dan Save As sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. 

Saat pertama kali ini Anda dianjurkan untuk sering menyimpan file supaya tidak hilang, karena bisa saja komputer mengalami crash atau mati dengan sendirinya, misalkan karena listrik tiba-tiba mati. 

Pengertian Save As Pada Program Komputer


Apabila menu Save merupakan pilihan menyimpan pada file yang sudah pernah dibuka, maka untuk menu Save As merupakan kebalikan dari Save. 

Saat Anda membuka program dan memulai membuat dokumen maka pada saat Anda akan menyimpan data pilihan menu yang muncul adalah menu Save As. 

Pilihan Save As inilah yang mengharuskan Anda untuk mengisi nama file dengan nama yang sesuai keinginan Anda, kemudian klik tombol OK untuk menyimpan. 

Anda perlu ingat nama file yang Ada simpan supaya Anda mudah membuka kembali ketika Anda akan menambahkan data atau file lama Anda. 

Save As juga bisa digunakan untuk menyimpan data lama kemudian diberi nama file baru.

Nah sesuai dengan pengertian diatas, sekarang Anda bisa mengetahui perbedaan Save dan Save As di komputer sesuai dengan fungsi dari Save dengan Save As tersebut. 

Secara garis besar perbedaan Save dan Save As adalah:

  • Save merupakan pilihan menyimpan file atau dokumen untuk file yang telah tersimpan
  • Save As merupakan pilihan menyimpan pada lembar kerja dokumen baru. 

Penutup

Nah itulah ulasan sinkat mengenai perbedaan Save dan Save As di PC. Untuk cara memilih Save dan Save cukup mudah sekali, klik menu utama maka akan muncul pilih Save atau Save As. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jalan pintas (short code) pada keyboard dengan tombol Ctrl + S. Ini menjadi lebih praktis saat proses penyimpanan file di komputer.

Next Post Previous Post