Cara Mengatasi Memori Android Penuh

Menyimpan data dengan jumlah terlalu besar dapat menyebabkan kapasitas memory smartphone Android Anda full yang pada akhirnya akan memberikan masalah bagi Anda.

Seperti diketahui, berbagai komponen penting yang ada di dalam perangkat smartphone yang menjadi penentu performa smartphone diantaranya adalah processor, memori internal, RAM, dan beberapa komponen terkait lainnya.

Memori internal merupakan tempat penyimpanan bawaan yang digunakan untuk menyimpan data sistem dan beberapa aplikasi atau file lainnya. Sedangkan memori eksternal merupakan memori tambahan yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam file, mulai lagu, video, atau dokumen tertentu.

Ukuran kapasitas memori internal dan eksternal tiap smartphone berbeda-beda. Bahkan terkadang ada beberapa smartphone yang tidak menyediakan slot memori eksternal.

Adapun salah satu masalah yang paling sering dialami oleh para pengguna smartphone yaitu munculnya notifikasi Storage space running low atau yang dimaksud adalah Memori smartphone penuh.

Memory penuh di HP Android atau smartphone lainnya kerap terjadi pada smartphone seri low-end dengan kapasits memori yang memang sangat terbatas.

Namun begitu, tidak sedikit juga kejadian memori penuh pun dialami oleh smartphone seri high-end yang memang tidak memiliki slot memori eksternal.

Jadi, apa yang harus dilakukan ketika memori penyimpanan smartphone habis? Berikut ini diulas beberapa tips dan trik untuk mengatasi memori Android penuh.

Penyebab Memori Android Penuh


Smartphone atau tablet Android yang kita miliki sebenarnya dilengkapi dengan sebuah fitur standar yang dapat kita manfaatkan untuk memeriksa dan membersikan memori penyimpanan smartphone.

Caranya dengan masuk ke menu Settings > Storage, kita akan menemukan informasi detail mengenai penggunaan memori pada smartphone Android kita yang terbagi atas beberapa bagian, diantaranya sebagai berikut:

  • Total Kapasitas: Jumlah kapasitas memori keseluruhan yang bisa digunakan dalam smartphone biasanya dalam ukuran standar muali dari 8GB, 16GB, 32GB, dll. Yang dikurangi dengan software standar bawaan smartphone atau ROM.
  • Memori yang tersedia: Menunjukkan jumlah memori kosong yang tersisa dalam smartphone
  • Aplikasi (Apps): Jumlah memori yang digunakan untuk aplikasi yang kita intal dan penyimpanan data file dari aplikasi tersebut.
  • Pictures, Videos: Informasi mengenai kapasitas memori yang digunakan untuk menyimpan data hasil kamera baik itu foto maupun video. Dan kita juga harus ingat masih ada beberapa file foto yang tersimpan diluar folder Camera atau DCIM yang tidak tampil di daftar ini
  • Audio: berisikan informasi mengenai kapasitas memori yang digunakan untuk menyimpan file Audio dan musik dalam smartphone kita baik itu lagu, ringtone, streaming musik, voice recording dan lain sebagainya.
  • Downloads: Menunjukkan informasi kapasitas memori folder download.
  • Cached data: merupakan informasi jumlah data yang disimpan oleh aplikasi dan browser. File data tersebut tersedia jika sewaktu-waktu dibutuhkan daripada harus mengunduh ulang. Misalnya, jika kita mengunjungi website yang pernah kita datangi sebelumnya browser tersebut akan menyimpan berbagai cached data tampilan website tersebut baik itu gambar, banner, logo jadi proses loading lebih cepat dan sistem tak perlu mendownload ulang setiap kali kita mengunjungi website tersebut.
  • : Menunjukkan sisa memori penyimpanan di perangkat Android, termasuk semua folder dan semua konten didalamnya. Informasi ini juga menunjukkan data detail yang mencakup semua file yang tidak berada di dalam folder Pictures, Videos atau Audio.
Cara Mengatasi Memori Android Penuh

Cara Mengatasi Memori Android Penuh


Setiap kali memori smartphone Android mulai terisi berbagai file data yang baru, kita juga bisa melakukan proses pembersihan kapasitas memori sekaligus supaya tersedia ruang kosong baru dengan cara berikut ini:

  • Silahkan tap pada Data Cached, lalu bersihkan semua file cached. File ini akan dibuat terus selama kita mengoperasikan smartphone dan tidak semua file tersebut berguna jadi bisa dibersihkan tanpa khawatir.
  • Kemudian, periksa folder Download, dan pastikan menghapus file yang tidak kita butuhkan lagi.
  • Pilih menu Apps,  dan perhatikan aplikasi yang paling banyak menguras kapasitas penyimpanan (biasanya yang memiliki ukuran file sangat besar), jika kebetulan aplikasi tersebut sudah tidak pernah kita gunakan lagi (segera lakukan uninstall), atau jika masih ingin disimpan namun jarang digunakan lakukan Clear data dan Clear cache pada aplikasi tersebut.
  • Terakhir, silahkan coba melacak isi dari setiap folder media dan memeriksanya dari file-file yang sudah tidak dibutuhkan lagi lalu menghapusnya.

Alternatifnya, apabila Anda tidak ingin susah-susah melacak berbagai file dan khawatir salah hapus malah merusak kinerka smartphone, Anda bisa memanfaatkan bantuan dari aplikasi pembersih yang banyak tersedia, seperti aplikasi Clean Master atau CCleaner yang memiliki berbagai fungsi pembersih yang menyeluruh untuk smartphone Android.

Simak juga:


Penutup


Demikianlah info untuk cara mengatasi memori Android yang penuh dan solusinya. Selain cara diatas, terdapat satu cara lagi untuk  mengatasi memori internal yang penuh, yakni dengan menghapus aplikasi bawaan dari vendor.

Untuk melakukannya, caranya Anda bisa masuk ke menu Settings > Application Manager > All > lalu pilih aplikasi bawaan yang ingin Anda hapus > pilih Disable.

Demikian, semoga ulasan mengenai memori Android ini bermanfaat dan dapat membantu Anda terhindar dari dibuat pusing oleh memori yang penuh.
Next Post Previous Post