Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu



Xiaomi merupakan sebuah brand smartphone dan peralatan alektronik lainnya asal China yang saat ini kian mendapat tempat dihati konsumen, khususnya untuk produk smartphone berbasis Android.

Bagi Anda berencana membeli smartphone Xiaomi, Anda perlu sedikit waspada. Jangan sampai terjebak dengan produk palsu, KW atau replika yang sejauh ini telah banyak beredar di pasar.

Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial yang digarap oleh vendor smartphone mengacu pada patokan besarnya penduduk Indonesia. Indonesia saat ini adalah pasar smartphone terbesar di Asia Tenggara.

Lembaga riset IDC menyebutkan, pasar smartphone di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 29 persen dari tahun ke tahun.

Adapun negara tetangga yang terus menempel Indonesia adalah Thailand dan Filipina yang masing-masing mencatatkan pertumbuhan 22 persen dan 14 persen.

Besarnya potensi pasar smartphone di Tanah Air membuat banyak vendor smartphone tertarik memasarkan produknya di Indonesia, dan salah satunya adalah vendor Xiaomi.

Sebagai vendor yang sebenarnya masih relatif baru di industri smartphone Indonesia, nama Xiaomi semakin hari semakin tenar. Pasalnya, vendor asal Tiongkok ini menawarkan smartphone dengan banderol murah namun spesifikasinya diatas rata-rata untuk ukuran perangkat dikelas yang sama.

Popularitas Xiaomi ini pun dimanfaatkan oleh sejumlah pihak tertentu yang ingin mencari keuntungan dengan cara yang sangat berpotensi merugikan konsumen. Salah satunya adalah dengan membuat dan menjual smartphone Xiaomi tiruan.

Perlu diketahui, HP Xiaomi Android replika tersebut benar-benar mirip dengan aslinya. Memang ada beberapa perbedaan minor di antara keduanya. Namun, jika dilihat secara sepintas, sangat sulit untuk membedakan antara yang asli dan palsu.

Cara Cek HP Xiaomi Asli Atau Palsu


Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu

Cara paling mudah untuk mengecek keaslian HP Xiaomi adalah dengan menggunakan tools atau aplikasi pengecekan buatan Xiaomi sendiri. Anda hanya perlu masuk ke situs https://jd.mi.com melalui browser di ponsel Anda.

  • Silahkan download file APK yang sudah tersedia di situs tersebut.
  • Setelah itu, pasang aplikasi tersebut di ponsel Xiaomi yang ingin dicek keasliannya dan jalankan setelah proses instalasi selesai.
  • Sebagai catatan, Anda perlu mengaktifkan mode instalasi aplikasi dari sumber di luar Google Play Store. Di perangkat Xiaomi, mode itu bisa ditemukan pada bagian Settings > Additional Settings > Privacy > lalu pilih Unknown Sources.
  • Refresh situs https://jd.mi.com, kemudian arahkan ponsel ke kode QR. Arahkan hingga proses pemeriksaan selesai. 
  • Setelah itu, situs web akan memberikan informasi apakah ponsel Xiaomi yang diuji asli atau palsu.
  • Tools ini sebenarnya sangat berguna, namun sayangnya hanya bekerja untuk ponsel Xiaomi terbaru saja.

Cara Alternatif Cek HP Xiaomi Asli Atau KW


Anda tak perlu panik, karena masih ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menguji keaslian HP Xiaomi. Ada beberapa langkah mudah untuk mengecek keaslian HP Xiaomi.

Cara pertama adalah dengan melakukan factory reset atau menghapus semua data yang ada. Tampaknya, si peniru perangkat berhasil membuat software yang "bisa" menipu aplikasi benchmark, seakan produk ini menggunakan spesifikasi yang sama dengan aslinya.

Dengan factory reset, software tersebut akan terhapus dan aplikasi-aplikasi benchmark dapat mengenali dan mengidentifikasi hardware sebenarnya. Setelah itu, gunakan tiga aplikasi benchmark ini, yakni Antutu, CPU-Z, dan Sensor Box.

Perhatikan secara mendetail, apakah spesifikasi yang dibekali di perangkat benar-benar sama dengan aslinya atau tidak. Pastikan juga jumlah sensor yang dimiliki benar.

Cara lainnya adalah dengan mengecek versi sistem operasi. Biasanya, perangkat Xiaomi dirilis menggunakan MIUI, nama tampilan antarmuka buatan Xiaomi, versi stabil. Jika ditulis masih Beta, ada kemungkinan itu perangkat palsu.

Pengguna juga bisa melakukan pencarian di internet, versi MIUI yang tercantum di perangkat. Jika tidak ditemukan, bisa jadi produk tersebut palsu.

Anda juga bisa mengecek hasil foto, resolusi, dan apertur dari kamera yang ada di perangkat Xiaomi. Pastikan sesuai dengan spesifikasi resmi perangkat. Satu hal yang harus diingat, meski perangkat mampu menghasilkan gambar yang baik, belum tentu produk tersebut asli.

Satu hal yang tidak kalah penting, cek IMEI dan serial number. Pastikan kedua informasi tersebut sesuai dengan kotak penjualan.

Penutup


Demikian informasi cara cek HP Xiaomi asli atau palsu dengan langkah-langkah yang mudah untuk dilakukan. Pastikan Anda mengecek perangkat Anda guna mengetahui keasliannya.

Saat ingin membeli HP, pastikan Anda lebih detail dalam melakukan pengecekan, dan tidak serta-merta tergoda dengan harga yang murahnya jauh dari harga pasaran.


Next Post Previous Post