Cara Mengatasi Wifi IndiHome Lemot



Wifi IndiHome lemot jelas merupakan sebuah kondisi yang sangat mengganggu bagi Anda para pelanggan internet rumah IndiHome. Dan disini kita akan mengulas cara mengatasi Wifi IndiHome lambat dengan langkah yang mudah.

Sebagian masyarakat yang membutuhkan koneksi internet untuk keperluan akses internet di rumah banyak yang memilih berlangganan internet IndiHome yang notabene merupakan layanan dari perusahaan raksasa, Telkomsel.

Dalam dunia telekomunikasi, Telkom memang sangat digdaya. Perusahaan ini membawahi sekian banyak anak perusahaan yang namanya cukup dikenal diseluruh pelosok wilayah Indonesia. Apakah Anda menjumpai Wifi IndiHome lelelet?

Penyebab Wifi IndiHome Lemot


Penyebab Wifi IndiHome Lemot

Seperti halnya jaringan Wifi atau internet pada umumnya, banyak yang menyebabkan akses internet menjadi lambat. Internet lemot tidak hanya disebabkan oleh satu faktor. Banyak hal yang memicu lambatnya sebuah koneksi internet.

Berikut ini diulas beberapa penyebab Wifi IndiHome lemot yang penting untuk diketahui sebagai pelanggan internet IndiHome.

1. Mencapai FUP


FUP adalah Fair Usage Policy atau batas pemakaian wajar. Ketika penggunaan Anda telah mencapai FUP, maka speed internet IndiHome akan diturunkan secara signigikan. Hal ini jelas sangat mempengaruhi tingkat kecepatan jika dibandingkan dengan sebelum memasuki FUP.

Baca: Cara Reset FUP IndiHome dan Baypass

2. Terjadi Trouble


Setiap jaringan internet tidak selamanya berada pada performa terbaiknya. Ada kalanya jaringan internet mengalami trouble atau gangguan teknis tertentu. Jika masalahnya adalah karena trouble jaringan, maka tidak ada cara lain selain menunggu jaringan IndiHome normal kembali.

3. Wifi Dibobol


Saat Anda mendapati Wifi IndiHome yang Anda gunakan terkesan sangat lambat dan tidak seperti biasanya, maka patut dicurigai adanya aktivitas pembobolan. Mungkin saja Wifi IndiHome Anda di hack seseorang dan password Wifi Anda digunakan oleh banyak orang dalam waktu bersamaan sehingga menjadi sangat lemot.

Baca: Cara Bobol Wifi dengan HP

4. Kebanyakan Pengguna


Menggunakan Wifi secara bersamaan jika jumlahnya terlalu banyak akan menyebabkan koneksi Wifi IndiHome lemot. Ini tidak hanya berlaku pada jaringan Wifi IndiHome tetapi juga untuk provider internet apapun. Membatasi jumlah pengguna dirasa perlu jika kuota bandwidth yang Anda dapat relatif rendah.

Baca: Cara Daftar IndiHome Internet Only (Single Play)

5. Signal Lemah


Penyebab Wifi IndiHome lemot yang juga kerap terjadi adalah karena faktor cover signal yang tidak maksimal. Agar dapat mengatasi Wifi IndiHome lemot, pastikan bahwa signal yang ditangkap oleh perangkat Anda maksimal. Dengan begitu, speed Wifi IndiHome bisa berada pada level optimal.

Cara Mengatasi Wifi IndiHome Lemot


Cara Mengatasi Wifi IndiHome Lemot

Diatas telah diulas beberapa hal yang dapat menyebabkan Wifi IndiHome lemot. Sekarang kita akan bahas solusinya.

Dalam artikel ini tidak akan diulas hal-hal yang terlalu teknis yang mungkin sulit untuk Anda terapkan sebagai pengguna awam. Berikut ini beberapa cara mudah untuk mengatasi Wifi IndiHome lemot yang bisa Anda praktikkan.

1. Pastikan Tidak Mencapai FUP


Sebagaimana disebutkan sebelumnya, jika Anda telah mencapau FUP maka wifi IndiHome akan diturunkan kecepatannya, jadi dalam hal ini Anda perlu mengantisipasi dari awal supaya jumlah penggunaan data Anda tidak mencapai FUP.

2. Batasi Pengguna


Agar Wifi Anda tidak kebocoran, ada baiknya Anda memproteksinya menggunakan password. Selain itu, Anda juga perlu mengganti password secara berkala (misalkan 2 minggu sekali) dengan tujuan untuk memastikan tidak ada banyak pengguna Wifi IndiHome Anda.

3. Tingkatkan Bandwidth


Jika ukuran kebutuhan data Anda memang tergolong besar, Anda dapat mempertimbangkan untuk upgrade IndiHome menggunakan bandwidth yang lebih besar. Dengan demikian, Anda tidak akan dihadapkan dengan koneksi lemot meskipun digunakan banyak orang secara bersamaan.

Simak: Cara Membayar Deposit IndiHome

4. Cari Signal Terkuat


Lemot atau cepat internet ditentukan oleh cover jaringan. Jika memang signal yang ditangkap perangkat tidak maksimal, bagaimana mungkin speed internet bisa maksimal. Cari lokasi sinyal paling bagus di tempat Anda agar kecepatan akses senantiasa stabil.

5. Restart Router Wifi


Router Wifi jelas bekerja dengan sangat keras. Untuk mengatasi Wifi IndiHome lemot, Anda juga direkomendasikan untuk melakukan restart pada perangkat router. Reboot router Wifi termasuk salah satu cara yang cukup efektif untuk mengatasi internet IndiHome lemot.

Baca: Cara Mematikan Wifi IndiHome Lewat HP

6. Setting DNS


Pengaturan DNS yang tepat dapat meningkatkan kecepatan koneksi. Anda bisa menentukan setelan DNS Wifi IndiHome yang paling sesuai agar kecepatan akses dapat ditingkatkan serta memiliki stabilitas yang baik, khususnya pada saat Wifi digunakan oleh banyak orang. Pilih pengaturan DNS IndiHome yang paling cepat dan stabil.


Next Post Previous Post