Cara Mengatasi Cas HP Asus Lama



HP Asus di cas lama cukup mungkin terjadi ketika smartphone tersebut mengalami sejumlah kendala. Salah satu penyebab HP Asus di cas lama adalah dikarena sebelumnya HP tersebut sempat terjatuh dari ketinggian yang terbilang lumayan tinggi.

Selain itu, faktor masuknya air ke dalam perangkat Anda juga sangat mungkin menjadi penyebabnya. Jika air telah mengenai bagian komponen dalam smartphone Asus Anda, maka hal ini cukup mungkin untuk membuat HP menjadi sangat laam saat di lakukan charging baterai.

Untuk Anda yang notabene merupakan pengguna HP Asus Zenfone yang mendapati smartphone Asus milik Anda secara tiba-tiba membutuhkan waktu terlalu lama saat di isi ulang baterai, kali ini kita akan membahas solusinya.

Penyabab HP Asus di Cas Lama


Cara Mengatasi Cas HP Asus Lama

Seperti disebutkan di paragraf awal, ada banyak hal yang memicu HP Asus Zenfone di cas lama sekali. Adapun beberapa penyebab umun dari gejalan kerusakan tersebut antara lain adalah seperti dijelaskan dibawah ini.

  • HP Pernah Jatuh - Jika smartphone Asus Zenfone Anda pernah jatuh dari ketinggian yang terbilang cukup tinggi, maka hal tersebut dapat memicu terjadinya kerusakan komponen ponsel sehingga membuat HP Asus lama saat di cas baterainya.
  • Kemasukan Air - Apabila ada genangan air atau sekedar percikan yang mengenai komponen dalam ponsel, maka hal ini dapat menyebabkan HP Anda mengalami masalah berupa sulit di cas atau butuh waktu hingga seharian penuh untuk sampai bisa di isi penuh.
  • Charger Rusak - Charger rusak juga seringkali menjadi penyebab HP Asus lama di cas yang mungkin saja sebelumnya sama sekali tidak Anda sadari. Penting untuk menggunakan charger HP Asli (bawaan) karena ukuran daya masuknya telah disesuaikan dengan spesifikasi perangkat smartphone Asus Anda.
  • Kerusakan Port USB - Bagian yang juga perlu Anda cek saat mendapati HP Asus lama di cas adalah port USB. Jika terdapat masalah pada sektor ini, maka sudah barang tentu proses isi ulang baterai HP Anda tidak akan berjalan dengan cepat atau secara normal sebagaimana biasanya.
  • Adaptor Rusak - Salah satu penyebab HP Asus lama di cas yang juga cukup umum terjadi adalah karena adanya masalah pada bagian adaptor. Anda perlu mengecek apakah adaptor cas HP Asus milik Anda masih berfungsi dengan baik. Jika memang sudah waktunya diganti, tentu Anda perlu mencari yang baru agar tidak mengganggu proses charging baterai HP Anda.

Penyebab baterai HP Asus Zenfone Max atau seri lainnya saat di charge tidak penuh-penuh sejatinya bisa disebabkan oleh banyak hal, dan pada kebanyakan kases adalah dikarenakan beberapa hal seperti disebutkan diatas.

Sebagai informasi, saya sendiri merupakan pengguna Asus Zenfone 3 Max. Pada awalnya tidak ada masalah apapun dengan charging baterai smartphone saya, hingga pada suatu malam smartphone saya terjatuh dalam poisisi berdiri dengan ketinggian sekitara 2 meteran.

Baca juga:


Tak hanya jatuh, smartphone tersebut juga kemasukan air karena jatuhnya memang tepat didalam bak air. Setelah itu, muncul gejala error yang terus berkelanjutan. Adapun yang paling mengganggu adalah setelah itu HP saya cas masuknya lama sekali, bahkan kadang tidak bisa di isi penuh.

Cara Mengatasi HP Asus di Cas Lama Atau Tidak Terisi


Bagi Anda yang dihadapkan dengan masalah mengisi baterai HP Asus yang terlalu lama, Anda bisa menerapkan langkah perbaikan sebagaimana diulas berikut ini. Dibawah ini dijelaskan cara mengatasi HP Asus Android tidak bisa di cas atau saat di cas masuknya lama sekali. Silahkan dicoba pada HP Asus milik Anda, semoga dapat mengatasi masalah yang muncul.

  • Update Firmware - Apabila Anda baru saja upgrade Sistem Operasi melalui System Update dan mengalami baterai yang cepat terkuras habis atau proses charging yang lama, maka itu berarti OS yang baru terkena bug atau tidak kompatibel dengan tipe HP Asus milik Anda. Solusinya, silahkan melakukan downgrade versi Android ke versi sebelumnya atau tunggu hingga bug-nya berhasil diatasi.
  • Ganti Kabel USB - Banyak sekali kasus isi baterai kelamaan lantaran kabel penghubung antara micro USB dan perangkat yang sebenarnya merupakan sumber masalahnya. Kabel ini akan kehilangan efisiensinya seiring berjalannya waktu dan pada akhirnya tidak bisa menyediakan cukup ampere untuk mengisi daya baterai smartphone. Jadi, gantilah kabel penghubung micro USB. Anda bisa beli kabel yang baru atau meminjam kabel yang digunakan untuk perangkat lain. Apabila ternyata proses charging berubah menjadi cepat, maka yang menjadi masalah adalah kabel charger-nya. Saat Anda membeli kabel, carilah yang sedikit lebih tebal karena dapat mentransfer arus tinggi tanpa macet.
  • Restart Smartphone - Ketika terjadi error, silakan dicoba untuk melakukan restart terlebih dulu. Ada kalanya setelah restart, smartphone akan kembali menjadi normal. Anda perlu mencoba restart terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan langkah perbaikan lanjutan.
  • Cas Dalam Kondisi Off - Matikan smartphone Anda, lalu colokkan kabel cas ke smartphone. Biarkan selama beberapa detik-menit, amati apakah terjadi pengisian daya pada baterai. Opsi ini patut Anda coba untuk mengetahui solusi yang lainnya manakala HP Asus Anda tetap gagal melakukan pengisian ulang baterai.
  • Lakukan Factory Reset - Jika semua cara diatas sudah Anda coba dan hasilnya tetap tidak memberikan solusi, selanjutnya Anda bisa mencoba untuk melakukan reset HP Android ke setelan pabrik. Umumnya dengan melakukan factory reset smartphone akan kembali jadi normal, kecuali memang ada permasalahan fatal pada bagian hardware.
  • Ganti Baterai - Jika HP Asus Anda telah berusia cukup lama, dan baterainya cepat terkuras setelah melalui proses charging yang lumayan lama, maka ada kemungkinan jika baterai HP Anda sudah mulai hampir habis jatah pemakaiannya. Untuk itu, Anda perlu mengganti baterai dengan yang baru menggunakan baterai asli buatan Asus. Pilih baterai asli OEM (Original Equipment Manufacturer).

Penutup


Demikian cara mengatasi cas HP Asus lama yang diharapkan depat memberikan solusi bagi perangkat Anda. Dan sebagai catatan, baterai merupakan salah satu komponen smartphone yang mudah mengalami kerusakan, oleh sebab itu adalah sangat penting untuk menjaga pola isi pengisian daya agar baterai memiliki life time yang lebih lama.


Next Post Previous Post