8 Macam Program Aplikasi Pengolah Angka



Tanpa disadari, sebenarnya dalam sehari-hari Anda sering menggunakan program aplikasi pengolah angka. Dan jika Anda ditanya, apa saja program pengolah angka, bisakah Anda menjawabnya?

Progam pengolah angka atau disebut juga Spreadsheet, adalah sebuah program yang berfungsi untuk mengolah angka. Apakah Anda mengenal Microsoft Excel? Saya yakin Anda mengenalnya. Dan program tersebut merupakan salah satu contoh program aplikasi pengolah angka di komputer.

Selain Excel, tentu masih banyak lagi program aplikasi pengelolah angka lainnya yang dapat ditemui, baik yang berbasis Windows maupun Linux ataupun Android. Seperti yang Anda lihat di berbagai situs tempat download aplikasi, ada sekian banyak program aplikasi pengolah angka yang bisa Anda gunakan.

Pengertian Program Pengolah Angka


  • Perangkat lunak pengolah angka adalah program aplikasi yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kegunaannya diantaranya adalah untuk membuat tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.
  • Pengolah angka atau Spreadsheet, merupakan aplikasi yang memiliki lembar kerja (worksheet) berupa kolom (column) dan baris (row). Pengisian atau pengetikannya dilakukan pada sel (potongan kolom dengan baris). Aplikasi ini dapat digunakan untuk data dalam bentuk tabel, perhitungan bilangan, laporan keuangan, termasuk penerapan rumus atau formula.
  • Aplikasi pengolah angka adalah sebuah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini mencakup pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain sebagainya.

Macam - macam Program Aplikasi Pengolah Angka


  1. Microsoft Excel
    Program Aplikasi Pengolah Angka 1
    Progam aplikasi pengolah data yang paling populer adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel atau Ms Excel atau Excel adalah software pengolah angka yang dikembangkan oleh Microsoft dalam kategori Microsoft Office. Software saudaranya Word ini memiliki fungsi yakni mengumpulkan data-data dalam bentuk tabel yang dimaksud dengan spreadsheet.  Excel mulai pertama rilis pada tahun 1985 dengan nama Multiplan dan sampai sekarang dengan nama Excel 2016 atau 365. Excel tidak hanya tersedia untuk Windows saja tetapi tersedia untuk MacOS, iOS, dan juga Android.
  2. WPS Office
    Program Aplikasi Pengolah Angka 2
    WPS Office merupakan sebuah software yang berisi tiga macam aplikasi didalamnya, yaitu Word, Presentation, dan Spreadsheet. Untuk kali ini kita membahas Spreadsheet. Software Spreadsheet ini fungsinya sama seperti software pengolah angka lainnya yakni mengolah dokumen dalam bentuk angka. Software ini cukup populer dan memang banyak pengguna yang suka memakai software besutan Kingsoft Office ini karena memang memiliki menu dan desain yang sederhana nan ramah.
  3. KSpread
    Program Aplikasi Pengolah Angka 3
    Perangkat lunak pengelolah angka yang berikutnya ada KSpread. Software KSpread ini adalah software spreadsheet yang dikembangkan KDE dan termasuk bagian dari keluarga KOffice. Software saudaranya KWord ini dirilis pertama kali pada Juni 2005 yang dikhususkan kepada pengguna Windows dan Linux. Sama seperti KWord, KSpread ini memiliki ketersediaan 99+ bahasa. KSpread memiliki beberapa fitur yakni; beberapa lembar kerja dalam satu dokumen, beragam kemungkinan pemformatan, dukungan lebih dari 100 fungsi, template, diagram, pemeriksa ejaan, hyperlink dan pengurutan data. KSpread juga memiliki banyak pengguna juga selain Excel.
  4. Lotus 123
    Program Aplikasi Pengolah Angka 4
    Lotus 123 merupakan sebuah software pengolah angka yang cukup populer pada zamannya. Aplikasi ini digunakan sekitar tahun 80-an. Software ini dikembangkan oleh Lotus Software dan sekarang bagian dari IBM. Aplikasi ini dulunya adalah aplikasi yang bermanfaat pada dulu serta memiliki sejarah yang panjang dan harus tahu asal usulnya agar paham. Saya tidak akan menceritakan sejarahnya karena butuh waktu untuk kalian pahami. Jadi kalian searching dulu di google pasti banyak. Lotus 123 sekarang memang sudah tiada orang yang memakai aplikasi ini.
  5. OpenOffice Calc
    Program Aplikasi Pengolah Angka 5
    OpenOffice Calc merupakan salah satu software pengolah angka yang dikembangkan oleh OpenOffice. Software ini bersifat open source (sumber terbuka). OpenOffice Calc mendukung standar ODF (Open Document Format) untuk pertukaran data sebagai standar format file. Software ini juga bisa mengenali berbagai macam jenis format dari beberapa software pengolah angka. Software ini juga tak kalah banyak peminat juga dengan Microsoft Excel atau KSpread.
  6. Abacus
    Program Aplikasi Pengolah Angka 6
    Kemudian ada Abacus, yaitu sebuah software pengolah angka yang awalnya dikembangkan sebagai proyek dari mahasiswa asal IST, Portugal. Selanjutnya software dikembangkan menjadi software spreadsheet yang bisa digunakan oleh beberapa pengguna. Abacus ini membutuhkan memori yang kecil serta mudah digunakan baik oleh pengguna yang lama maupun yang baru.
  7. WingZ (Spreadsheet)
    Program Aplikasi Pengolah Angka 7
    Software spreadsheet berikutnya adalah WingZ. WingZ merupakan aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform artinya banyak digunakan di beberapa platform. Software ini juga free meski dibatasi hanya untuk penggunaan non komersial. WingZ bukan aplikasi biasa. WingZ adalah aplikasi pengolah angka yamg dilengkapi dengan perangkat alat bantu untuk menganalisis data dinamis dengan fungsi-fungsi lengkap dalam bidang statistik, rekayasa, keuangan, serta dengan adanya ketersediaan matriks lembaran kerja multiplayer.
  8. Xess
    Program Aplikasi Pengolah Angka 8
    Software aplikasi pengolah angka yang lainnya adalah Xess. Xess adalah sistem spreadsheet yang dikembangkan oleh AIS (Applied Information System). Xess bersifat multiplatform. Xess merupakan software spreadsheet yang memiliki beberapa versi untuk penggunaannya yaitu Enterprise dan juga Lite. Enterprise digunakan untuk kalangan perusahaan sedangkan Lite untuk perorangan. Xess memiliki harga yang bagi saya sangat mahal. Bahkan lebih mahal daripada Microsoft Excel.

Penutup


Itulah beberapa software aplikasi pengolah angka. Dan sebagai catatan, selain kedelapan software aplikasi pengolah angka yang disebutkan diatas, sebenarnya masih ada beberapa software sejenis lainnya yang tidak disebutkan dalam ulasan ini.


Next Post Previous Post