Cara Mengatasi HP Android Sering Macet Atau Hang



Setiap perangkat elektronik termasuk smartphone pasti akan memperlihatkan gejala permasalahan tertentu yang dipicu oleh berbagai faktor, misalkan karena usia penggunaan yang sudah relatif lama.

Baik itu smartphone Samsung, Asus, Xiaomi atau merk yang lainnya, kemungkinan besar pernah terjadi secara tiba-tiba mengalami hang atau macet saat sedang digunakan.

Sebagai perangkat elektronik, smartphone hang bukanlah hal yang aneh, terlebih jika spek atau usia pemakaian smartphone tersebut memang sudah cukup lama.

Nah untuk mengatasi HP Android lag atau hang, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Jadi, Anda tidak perlu keburu terpikir untuk ganti HP baru.

Cara Mengatasi HP Android Sering Hang


Cara Mengatasi HP Android Sering Macet Atau Hang

Berikut ini diulas beberapa cara untuk mengatasi HP Android lag alias hang yang berpotensi memberikan solusi untuk masalah lag di smartphone Android milik Anda.

1. Upgrade Firmware


Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi Android hang adalah dengan meng-upgrade firmware.

Cara ini terbilang sangat efektif. Ketika hp Android lag saat digunakan untuk menjalankan aplikasi, ada kemungkinan aplikasi tersebut memang sudah tidak komaptibel dengan firmware yang lama. Jadi, Anda bisa mencoba meng-update firmware ke versi terbaru.

Selain untuk mengatasi lag, upgrade firmware juga akan memberikan Anda keuntungan dari segi fitur dan tampilan yang menjadi lebih menarik.

Baca juga:


2. Bersihkan Cache


Perlu diketahui bahwa ketika Anda menggunakan smartphone untuk bermain game atau membuka banyak aplikasi, setiap data akan diterima dan di simpan menjadi file temporer yang disebut cache.

Cache ini akan tersimpan di memori internal ponsel, dan ketika cache sudah menumpuk dalam jumlah yang sedemikian banyak, maka kemudian sistem operasi Android akan mengalami penurunan kinerja.

Jadi, jika Anda mendapati HP Android Anda tiba-tiba hang saat menjalankan aplikasi tertentu, ada kemungkinan hal tersebut dikarenakan masalah cache yang telah menumpuk.

Cara mengatasi Android sering hang pada poin ini tentu saja dengan membersihkan cache di HP Anda.

Untuk menghapus cache di Android bisa dilakukan secara manual, atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi pembersih cache seperti CCleaner yang bisa di unduh lewat Google Play.

3. Hapus Data Aplikasi yang Tidak Digunakan


Cara berikutnya untuk mengatasi Android hang yakni dengan membersihkan data aplikasi dan game yang sudah tidak Anda gunakan.

Agar smartphone tetap bisa bekerja dengan normal, ada baiknya Anda menghapus data aplikasi atau game yang tidak lagi terpakai agar dapat mengurangi beban smartphone.

Cara membersihkan data aplikasi di Android sebagai berikut:

  • Buka menu Settings / Pengaturan.
  • Pilih menu Aplication Manager
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda bersihkan datanya.
  • Tap pada Clear Data untuk membersihkan data log aplikasi tersebut.

4. Nonaktifkan Live Wallpaper


Live wallpaper terlihat lebih menarik, dimana smartphone menjadi tampak lebih hidup. Namun, hal ini dapat memperberat beban smartphone sehingga berpotensi membuat smartphone mengalami lag.

Ini sering terjadi pada smarthone dengan spek pas-pasan. Jadi, Anda perlu menghindari memasang live wallpaper jika spesifikasi smartphone Anda tergolong rendah.

Selain dapat memperberat beban ponsel, mengaktifkan live wallpaper juga dapat menguras daya baterai dengan lebih cepat. Sebaiknya tidak perlu memaksa untuk mengaktifkan live wallpaper jika performa smartphone sudah mulai menurun.

Jangan lewatkan:


5. Charging Baterai Secara Teratur


Daya baterai juga dapat mempengaruhi kinerja smartphone Anda. Oleh sebab itu, pastikan daya baterai smartphone selalu dalam kondisi yang cukup agar tidak terjadi gejala lag saat Anda menggunakan smartphone tersebut untuk membuka aplikasi.

Terlebih disaat Anda menggunakannya untuk menjalankan aplikasi berat, ketersediaan daya baterai menjadi sangat penting guna memastikan performa smartphone tetap optimal dan tidak macet.

Usahakan untuk melakukan isi ulang baterai secara teratur agar tidak mengganggu kinerja smartphone Anda, terlebih jika Anda menggunakannya untuk membuka banyak aplikasi.


Next Post Previous Post