5 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek ke WiFi



Bagi Anda yang memiliki masalah laptop tidak bisa terhubung dengan WiFi, silahkan disimak ulasan cara mengatasi laptop tidak bisa konek ke WiFi sebagaimana dijabarkan dibawah ini.

Anda mungkin pernah mengalami saat ingin membuat tugas sekolah atau kampus tiba-tiba WiFi di laptop Anda tidak bisa terhubung alias mati. Padahal koneksi WiFi yang ada di laptop teman Anda bisa tergsambung dengan normal.

Pasti hal tersebut membuat Anda merasa kesal. Permasalahan semacam ini terjadi karena beberapa hal, seperti keteledoran pemakaian sebelumnya atau masalah sistem WiFi tersebut.

Dalam kondisi latop tidak bisa konek ke Wifi pastinya Anda ingin tahu cara mengatasi masalah tersebut. Nah, berikut ini ulasan mengenai beberapa cara mengatasi laptop tidak bisa terkoneksi ke Wifi.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek Dengan WiFi


Banyak hal yang bisa menjadi penyebab laptop tidak bisa mendeteksi Wifi, dan masalah yang Anda temui kemungkinan dikarekan salah satu dari beberapa permasalahan dibawah ini.

Silahkan periksa beberapa kemungkinan yang disebutkan dibawah ini agar laptop bisa konek ke Wifi secara normal seperti sebelum-sebelumnya.

1. Aktifkan Adaptor WiFi di Laptop


Cara yang pertama untuk mengatasi laptop yang tidak bisa konek dengan WiFi adalah dengan mengaktifkan adaptor WiFi di laptop Anda.

Biasanya hal berikut ini disebabkan oleh kebiasaan pengguna itu sendiri yang lupa untuk menghidupkan kembali pengaturan WiFi di laptop miliknya.

Cara mudahnya adalah dengan menekan tombol keyboard kombinasi Fn+F3. Kalau cara ini tidak bisa, maka Anda bisa mencoba cara berikut ini.

  • Masuk ke Control Panel, lalu pilih “Network and Internet”.
  • Selanjutnya pilih “Network and Sharing Center”.
  • Kemudian klik “Change Adapter Settings”.
  • Jika sudah, klik kanan pada pilihan WiFi, lalu klik “Enable”.

2. Install Ulang Driver WiFi di Laptop


Driver adalah sebuah software yang sangat penting di laptop atau komputer yang berfungsi untuk mengendalikan komponen yang terhubung dengan laptop atau komputer tersebut.

Jika driver yang diperlukan tidak terinstal, maka komponen yang ada di laptop atau komputer Anda tidak dapat bekerja dengan sebagaimana mestinya.

Oleh sebab itu, jika WiFi yang ada di laptop Anda mati, kemungkinan driver dari WiFi teradapat masalah.

Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal ulang driver. Caranya yakni dengan masuk ke Control Panel > Hardware and Sound > Lalu klik Device Manager.

Setelah itu, silahkan Anda cari driver WiFi laptop Anda.

Related Post:


3. Setel Ulang IP Address


Cara berikutnya adalah dengan melakukan setting ulang IP Address di laptop Anda. Caranya hampir sama dengan langkah yang nomor 1. Namun, saat ini Anda klik kanan pada pengaturan WiFi > lalu pilih Properties > jika sudah, pilih Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4) > setelah itu pilih Obtain an IP address automatically > Obtain an DNS server address automatically.

4. Restart Laptop


Apabila semua cara diatas tidak dapat memberikan solusi, cara selanjutnya adalah dengan mencoba melakukan restart laptop terlebih dahulu.

Diharapkan dengan melakukan restart tersebut kemudian semua sistem akan berjalan secara normal kembali.

5. Restart Router


Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek ke WiFi

Cara yang ini perlu untuk dilakukan manakala semua cara sebelumnya tetap saja gagal. Silahkan Anda coba restart router WiFi yang Anda gunakan.

Laptop tidak bisa konek ke Wifi cukup mungkin disebabkan adanya permasalahan pada sisi router-nya. Jadi, untuk memastikannya, coba untuk restart router terlebih dahulu.


Next Post Previous Post