Cara Mengatasi Wifi Sering Putus Nyambung



Membuka internet melalui jaringan wifi merupakan kebiasaan sebagian masyarakat. Dan saat menggunakan internet lewat wifi acap kali kita menjumpai kondisi wifi sering putus nyambung.

Penyebab wifi putus nyambung cukup beragam, pun demikian dengan kondisi tidak bisa konek ke wifi.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan munculnya permasalahan tersebut. Nah kali ini saya akan bahas cara mengatasi wifi putus nyambung di HP Android.

Jika Anda punya pertanyaan kenapa Wifi sering putus nyambung atau bahkan tidak bisa connect saat ingin digunakan di Android atau iPhone, terdapat sejumlah hal yang menjadi pemicunya.

Baca: Cara Pasang Wifi Dirumah Tanpa Batasan Kuota

Untuk mengatasi wifi sering tidak bisa konek atau putus nyambung, berikut ini diulas lebih lanjut mengenai masalah koneksi wifi.

Penyebab Wifi Sering Putus Nyambung


Penyebab Wifi Sering Putus Nyambung

Dari sekian banyak penyebab wifi putus nyambung, dibawah ini dijabarkan beberapa penyebab umum dan yang paling sering terjadi.

Baca: Cara Bobol Wifi Tetangga Dengan Laptop dan HP

Beberapa hal yang menyebabkan wifi sering putus sambung di Android yang patut Anda ketahui, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Kualitas Jaringan Buruk


Jika jaringan tidak tidak cukup bagus, maka kasus wifi sering putus nyambung menjadi sebuah kondisi yang tidak bisa dielakkan.

Upaya apapun yang akan Anda lakukan sepertinya sulit untuk mengatasi masalah tersebut karena letak permasalahan utamanya ada di jaringan.

2. Cover Jaringan di Perangkat Rendah


Penyebab wifi sering putus nyambung berikutnya adalah karena perangkat yang Anda gunakan (smartphone) tidak memiliki cover jaringan yang baik.

Jadi, sinyal hotspot/wifi yang ditangkap ponsel Anda relatif rendah sehingga mengakibatkan wifi putus nyambung.

3. Akibat Rekondisi Perangkat


Di iPhone kita mengenal yang namanya jailbreak, dan di Android kita sangat familiar dengan istilah root.

Tujuan dari dilakukannya root pada Android adalah untuk memberikan hak 'super user' kepada pemilik ponsel.

Baca juga: Cara Melihat Password Wifi di Android dan Laptop

Namun, root juga memberikan dampak lain dimana tidak menutup kemungkinan smartphone menjadi sulit untuk menangkap sinyal wifi setelah dalam kondisi rooted.

4. Masalah Kondisi Perangkat


Smartphone dilengkapi hardware untuk menangkap jaringan wifi. Dan seiring usia pemakaian, cukup besar kemungkinan perangkat keras tersebut mengalami kerusakan.

Ketika hardware tersebut sudah tidak dalam kondisi bagus, maka kemudian dapat menyebabkan kemampuan perangkat menjadi lebih sulit untuk dihubungkan dengan jaringan wifi terdekat.

5. Masalah System di Android


Kemungkinan lain penyebab wifi sering putus nyambung di Android adalah dikarenakan adanya kendala dari sisi sistem di ponsel.

Jika belum terlalu buruk, Anda dapat mengatasinya dengan melakukan restart atau menghapus jaringan lalu menghubungkannya kembali.

Cara Mengatasi Wifi Sering Putus Nyambung


Diatas sudah disebutkan beberapa hal yang menjadi penyebab koneksi wifi tidak stabil atau putus nyambung. Dan berikut ini adalah solusinya.

Jika Anda sering menjumpai koneksi wifi di HP sering mati sendiri, beberapa hal berikut ini dapat Anda terapkan agar bisa mendapatkan koneksi yang stabil atau normal.

1. Lupakan Koneksi


Cara Mengatasi Wifi Sering Putus Nyambung 1

Lupakan koneksi wifi yang saya maksudkan disini adalah menghilangkan koneksi wifi tersebut di smartphone Anda untuk sementara waktu, dan kemudian Anda bisa menghubungkannya kembali.

Biasanya hal ini dapat memberikan solusi jika memang tidak terjadi kendala atau permasalahan koneksi lainnya.

2. Restart Smartphone


Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah mencoba restart smartphone Anda. Dengan melakukan restart, smartphone akan kembali dalam kondisi fresh.

Simak: Cara Mengubah Kuota Malam Indosat Menjadi Kuota Utama

Hal ini biasanya dapat mengatasi wifi sering putus nyambung. Anda perlu mencoba metode ini sebelum mencoba menggunakan metode lainnya.

3. Matikan Batasan Wifi Aktif


Cara Mengatasi Wifi Sering Putus Nyambung 3

Di smartphone Android terdapat fitur untuk mengatur berapa menit atau jam batasan waktu pemakaian wifi.

Saya pernah mencoba mengaktifkan fitur batasan waktu di smartphone Asus milik saya, dan saya mendapati koneksi sering putus nyambung.

Kemudian saya nonaktifkan fitur batasan waktu tersebut, dan setelah itu saya tidak lagi menjumpai ada masalah tidak bisa konek atau putus nyambung.

4. Update System


Cara Mengatasi Wifi Sering Putus Nyambung 4

Sistem atau firmware di smartphone Anda mungkin menyisakan bug tertentu yang menyebabkan smartphone tersebut sulit bisa dihubungkan ke wifi.

Simak: Cara Flash OPPO r1001 (Find Joy)

Dalam hal ini tentu saja Anda perlu mempertimbangkan untuk update system smartphone Anda. Cara update system di Android sangat mudah, Anda cukup masuk ke menu Setting > About phone > System updates.

5. Unroot Smartphone


Seperti disebutkan diatas, penyebab hp tidak bisa konek wifi atau sering terjadi putus sambung adalah dikarenakan smartphone telah di root.

Saat ponsel sudah dalam kondisi rooted, ada kalanya terdapat beberapa fungsi atau fitur yang tidak berjalan secara normal sebagaimana saat ponsel tersebut belum dilakukan root.

Apabila Anda telah menempuh berbagai upaya perbaikan dan masalahnya masih tetap muncul, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan unroot.

6. Restart Router Wifi


Terdapat kemungkinan masalah wifi sering putus nyambung adalah dikarenakan router, oleh sebab itu Anda bisa mencoba melakukan restart pada router.

Cara restart router wifi sendiri sangat mudah, jadi tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya saat mendapati wifi tidak normal.

Kesimpulan


Terdapat sekian hal yang berpotensi menjadi penyebab wifi sering putus nyambung di HP, dan jika Anda sering menjumpai kendala ini, maka Anda dapat menerapkan kiat diatas.


Next Post Previous Post