Cara Transkrip Video YouTube



Untuk kepentingan tertentu, tidak menutup kemungkinan Anda ingin mengetahui cara transkrip video YouTube yang kemudian bisa di ubah ke bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, tentunya sesuai dengan keperluan.

Transkrip video adalah melakukan convert video menjadi teks. Cara transkrip video sebenarnya juga bisa dilakukan di HP Android dengan memanfaatkan aplikasi traskrip video yang bisa ditemukan dengan mudah diluar sana. Namun, kali ini saya akan bagikan cara transkrip video di YouTube.

Baca: Cara Mengatasi Lupa Password Windows 10

Cara merubah video di YouTube menjadi teks yang dijabarkan dibawah ini tidak jauh berbeda dengan cara merubah suara video menjadi teks di Android, intinya kita akan merubah konten video jadi teks dengan berbagai tools yang tersedia, atau langsung melalui menu yang tersedia di YouTube.

Cara Transkrip Video YouTube


Langkah-langkah berikut ini memungkinkan Anda untuk merubah video YouTube menjadi teks cukup dengan menggunakan tools transkrip yang ada di YouTube. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi convert YouTube to text.

  • Pertama, silahkan buka video di YouTube yang ingin Anda download transkripnya.
  • Dan dalam panduan ini saya memilih video how to transcript video on YouTube... dari channel Drost Video.
    Cara Transkrip Video YouTube
  • Silahkan klik titik tiga horizontal yang terletak dibawah video, kemudian akan muncul tombol Open Transcript.
    Cara Transkrip Video YouTube 2
  • Silahkan klik tombol Open Transcript untuk mendapatkan transkrip video tersebut, dan akan muncul jendela transkrip yang terletak disamping kanan video.
    Cara Transkrip Video YouTube 3
  • Selesai. Anda bisa menggunakan transkrip video tersebut sesuai keperluan.

2. Cara Merubah Transkrip Video ke Bahasa Indonesia


Seperti terlihat, transkrip video YouTube diatas dalam versi bahasa Inggris, lalu bagaimana jika kita ingin merubahnya ke bahasa Indonesia?

WhatsApp Custom? Download YoWhatsApp Apk Terbaru Anti Ban

Mudah saja, Anda bisa menggunakan bantuan tools translate yang disediakan Google. Caranya sebagai berikut:

  • Copy transkrip video yang ada di YouTube tadi.
  • Buka tab browser baru, lalu ketik English to Indonesian translates, sehingga akan muncul jendela terjemah seperti berikut ini.
    Cara Translate Transkrip Video
  • Kemudian paste teks transkrip pada kolom Enter Text.
    Cara Translate Transkrip Video ke Bahasa Indonesia
  • Seperti terlihat diatas, teks hasil transkrip video di YouTube dalam bahasa Inggris telah diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

Baca: Cara Mempercepat Mozilla Firefox

3. Cara Download Transkrip Video YouTube


Jika Anda ingin download transkrip video YouTube dengan lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan tools transkrip video online gratis yang pilihannya juga lumayan banyak. Salah satunya adalah tools yang disediakan 360converter.

Jika memilih transkrip video dengan metode ini, berikut caranya:

  • Copy URL video di YouTube yang ingin Anda dapatkan transkripnya.
  • Kemudian silahkan masuk ke web tools 360converter.
    Cara Download Transkrip Video YouTube
  • Paster URL video YouTube pada kolom Input YouTube video URL.
    Cara Download Transkrip Video YouTube 5
  • Silahkan pilih Bahasa, kemudian tentukan waktu durasi transkrip (bisa disesuaikan dengan panjang durasi videonya). Jika sudah, klik tombol Start Conversion.
    Cara Download Transkrip Video YouTube 6
  • Tunggu selama beberapa waktu sampai proses konversi video ke teks selesai dilakukan. Lama dan cepatnya proses converting tergantung dari seberapa banyak orang yang menggunakan tools tersebut pada saat itu.

Kesimpulan


Cara mendapatkan transkrip video YouTube sangatlah mudah sebagaimana dijelaskan langkah-langkahnya diatas. Anda bisa mencobanya jika merasa membutuhkan.

Baca juga: Kode Rahasia Paket Murah XL

Selain dengan mendapatkan transkrip langsung lewat YouTube, Anda juga bisa download transkrip video YouTube dengan aplikasi atau tools online.

Software Youtube Video to Text Converter pilihannya cukup banyak. Cara mengubah suara menjadi teks online sangatlah mudah.


Next Post Previous Post