Cara Mengatasi Tri 3 Lemot dan Tidak Stabil



Tri merupakan perusahaan telekomunikasi yang menyediakan layanan internet untuk pelanggannya. Namun, tak jarang pengguna yang mengeluhkan internet Tri lemot.

Internet Tri lambat dalam hal ini sebenarnya dipicu oleh berbagai faktor, khususnya kualitas jaringan 3 yang memang masih terbilang buruk.

Kecepatan akses internet ditentukan berbabagai faktor. Kualitas jaringan dengan jumlah BTS yang masih sangat terbatas menjadikan koneksi internet 3 lemot.

Ini adalah sebuah kondisi yang dari awal perlu Anda sadari jika menggunakan kartu Tri jika Anda tinggal di wilayah pedesaan yang masih jauh dari BTS.

Lihat: Paket Internet 3 Unlimited Murah

Anda mungkin sering menjumapi gangguan jaringan 3, jaringan hilang muncul lalu muncul kembali, dan bahkan mungkin penah mengalami internet 3 menjadi begitu lelet.  

Namun begitu, ada beberapa cara meningkatkan kecepatan internet Tri. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa diterapkan agar bisa mengatasi internet Tri lemot atau cenderung tidak stabil.

Cara Mengatasi Tri Lemot


Anda perlu menerapkan beberapa hal agar bisa membuat internet Tri stabil dan memiliki kecepatan akses yang lebih baik.

Berikut cara mengatasi 3 lemot yang bisa diterapkan dengan mudah yang memungkinkan Anda untuk dapat meningkatkan speed internet Three.

1. Setel Jaringan ke Auto


Cara Mengatasi Tri 3 Lemot dengan setting jaringan

Mengapa perlu menyetel jaringan 3 menggunakan mode auto? Seperti disebutkan sebelumnya, jaringan Tri masih cukup terbatas jika dibandingkan XL, Indosat, apalagi Telkomsel.

Simak: Cara Mengatasi FUP 3 Unlimited

Dengan memilih set-up network auto, maka ketika jaringan 4G tidak stabil, akan berpindah secara otomatis ke jaringan 3G, sehingga Anda tetap bisa mengakses internet dengan kecepatan yang masih tergolong baik.

Ketika Anda mengaktifkan mode jaringan 4G Only atau hanya di 4G LTE, maka saat sinyal 4G tidak dijangkau, secara otomatis Anda tidak bisa mengakses internet.

Cara Setting Jaringan di Android:

  • Dial kode berikut: *#*#4636#*#* atau *#*#2263#*#* jika menggunakan HP Samsung.
  • Pilih Phone Information.
  • Pilih menu Jenis Jaringan.
  • Aktifkan tipe jaringan AUTO.

2. Restart Smartphone


Cara Mengatasi Tri 3 Lemot lewat restart

Restart smartphone memang tidak menjamin internet 3 bisa jadi cepat, namun setidaknya Anda perlu mencobanya karena dengan melakukan restart, maka smartphone akan terjadi "refresh', termasuk refresh jaringan.

Restart juga bertujuan untuk memastikan tidak ada yang salah dari sisi perangkat (ponsel). Ketika dilakukan restart, system akan memulai dari awal dalam kondisi yang lebih optimal untuk menjalankan seluruh fungsinya.

3. Gunakan APN Tri Tercepat


Cara Mengatasi Tri 3 Lemot dengan APN Tercepat

Salah satu cara yang sangat familiar dikalangan pegguna smartphone untuk mengatasi internet lambat adalah dengan menggunakan APN 4G tercepat. Anda juga bisa mencoba metode ini pada kartu Tri.

Baca juga: Nomor Call Center Tri 24 Jam

Config APN yang tepat berpotensi untuk meningkatkan kecepatan internet dan menjadi lebih stabil dari sebelum-sebelumnya saat user masih menggunakan konfigurasi APN default (bawaan).

Berikut APN Tri tercepat yang bisa Anda coba:

  • Nama: hutchison
  • APN: hutchison
  • Proxy: Kosongkan
  • Port: Kosongkan
  • Username:Kosongkan
  • Password: Kosongkan
  • Server: Kosongkan
  • MMSC: Kosongkan
  • MMS Proxy: Kosongkan
  • MMS Port: Biarkan kosong
  • MCC: 510
  • MNC: 89
  • Authentication Type: Pap Or Chap
  • APN Type: default, supl
  • APN Protocol: Ipv4
  • APN Roaming Protocol: Ipv4
  • Bearer: Unsepecified
  • MVNO Ttype: None

Setting parameter APN Tri diatas merupakan APN Tri paling kencang yang dapat Anda coba terapkan di smartphone Anda.

4. Aktikan Mode Pesawat Secara Berulang


Cara Mengatasi Tri Lemot

Ini merupakan solusi jangka pendek untuk mengatasi internet 3 lemot, baik itu untuk paket internet reguler maupun paket internet unlimited.

Saat Anda mendapati internet 3 sangat lambat, silahkan aktifkan mode pesawat, lalu matikan kembali. Lakukan hal ini secara berulang sampai koneksi berjalan dengan cepat dan stabil.

Metode ini biasanya membantu, meskipun tidak selalu membuahkan hasil. Anda dapat mencobanya jika sering dihadapkan dengan masalah internet Tri lambat disaat Anda sedang asyik-asyiknya internetan.

5. Gunakan SSH


Cara Mengatasi 3 Lemot dengan SSH

Salah satu penyebab internet Tri lambat adalah karena terjadi limit kuota akses jejaring sosial dan sejumlah situs lainnya. Untuk mengatasinya, menggunakan SSH bisa jadi memberikan solusi.

Dengan bantuan SSH atau aplikasi Virtual Private Network yang tidak membutuhkan inject sehingga bisa digunakan secara mudah, Anda mungkin akan sedikit terbantu dalam  upaya untuk meningkatkan speed internet Tri.

6. Cari Cover Jaringan Paling Kuat


Cara Mengatasi 3 Lambat karena sinyal lemah

Pastinya Anda sudah menyadari bahwa cover jaringan atau kekutan signal itu bisa sangat berbeda meskipun hanya berbeda beberapa meter. Nah, dalam hal ini Anda perlu mencari titik cover jaringan paling kuat agar koneksi cenderung stabil.

Ingat, cepat dan leletnya internet ditentukan kekutan sinyal di perangkat Anda. Jika sinyal ditempat Anda tinggal tergolong sulit didapat, usahakan untuk mencari titik sinyal yang paling kuat dengan cara meletekkan ponsel dari satu titik ke titik lainnya.

Penutup


Itulah beberapa trik mengatasi internet Tri lemot yang dapat Anda coba. Silahkan dicoba sekarang, dan semoga dapat memberikan solusi bagi Anda yang sering terganggu dengan speed internet lelet.


Next Post Previous Post