Cara Membuat Soal Online Dengan Google Drive dan Form Builder (Bisa di HP)



Cara membuat soal online sekarang ini bisa dilakukan dengan sangat mudah mengingat ada banyak sekali tools online yang bisa digunakan secara gratis. Anda bisa membuat soal online dengan waktu lewat Google Drive atau Google Form, maupun dengan tools gratis lainnya.

Membuat soal online bahkan tidak harus dengan komputer. Anda bisa membuat soal online di HP atau tablet jika memang tidak memiliki laptop. Untuk yang merasa membutuhkan, cara membuat soal seperti UNBK dapat Anda lakukan dengan begitu mudah hanya dalam beberapa klik saja.

Dalam kesempatan ini, saya akan bagikan kepada Anda beberapa cara membuat contoh soal online melalui berbagai tools. Nantinya Anda bisa pilih salah satu darinya yang dirasa paling mudah. Tak perlu khawatir mengalami kesulitan karena prosesnya cukup cepat dan saya rasa Anda tidak akan kesulitan untuk membuatnya.

Cara Membuat Soal Online di HP


Fungsi dan fitur smartphone sekarang ini seperti diketahui bak tidak ada bedanya lagi dengan perangkat komputer. Itu artinya smartphone bisa digunakan untuk berbagai keperluan layaknya fungsi komputer.

Baca: Cara Mengubah Kuota Ruangguru ke Reguler

Jadi, Anda juga bisa membuat soal online dengan HP, baik itu platform Android maupun iOS. Intinya, Anda hanya perlu menemukan layanan yang menawarkan fitur pembuatan berbagai pola form sehingga memungkinkan Anda untuk membuat soal online mudah dan praktis.

Cara Membuat Soal Online dengan Waktu


Anda kenal dengan Google Drive? Pastinya! Nah, Anda dapat memanfaatkan tools Google Drive untuk membuat soal online dengan batasan waktu. Silahkan disimak panduan membuat soal online dengan waktu lewat Google Drive.

  • Masuk ke Google Drive.
  • Gunakan akun Google Anda untuk login.
  • Jika sudah masuk di Google Drive, klik tombol Baru > Lainnya > Google Formulir.
    Cara Membuat Soal Online
  • Tulis judul soalnya, lalu dibagian pojok kanan-atas silahkan klik Setelan > klik tab menu Kuis > aktifkan fitur Jadikan ini sebagai Kuis.
    Cara Membuat Soal Online di HP
  • Kemudian ketikkan soal sesuai keperluan Anda, bisa membuat pilihan ganda. Klik Kunci Jawaban untuk memasukan kunci jawaban dan jumlah skor di setiap soal.
    Cara Membuat Soal Online dengan Google Drive
  • Anda bisa memasukkan nilai skor di tiap soal, selanjutnya klik pada opsi pilihan ganda yang menjadi kunci jawaban.
  • Sampai disini Anda sudah berhasil membuat soal online dengan Google Drive.
    Cara Membuat Soal Online dengan Google Form
  • Nah untuk memberikan batasan waktu pengerjaan soal, Anda bisa menggunakan script yang telah dibuat pihak ketiga dan tersedia di daftar add-ons (pengaya) Google.
    cara membuat soal online di google form
  • Temukan FormLimiter, lalu klik untuk proses pemasangan ke akun Google Anda.
    cara membuat soal online dengan waktu
  • Silahkan klik Izinkan untuk memasang script ke akun Google Anda.
    contoh soal online
  • Setelah selesai dipasang, lalu akan muncul jendela disebelah kanan soal yang berisi pengaturan tanggal dan waktu. Anda bisa atur tanggal dan waktu akhir dari pengerjaan soal online tersebut. Pastikan Anda klik tombol Save and enable.
    cara membuat soal online mudah
  • Ketika soal online tersebut telah berjalan sampai dengan batasan waktunya, hasil dari contoh soal online tsersebut akan terlihat seperti SS berikut ini.
    cara membuat form soal online
  • Selamat mencoba!

Baca: Cara Mengubah Paket Edukasi Menjadi Paket Internet Reguler

Itulah langkah-langkah membuat soal dengan waktu batas pengerjaan menggunakan Google Drive dengan memanfaatkan add-ons pengatur batasan waktu.

Cara Membuat Soal Online dengan Form Builder


Cara Membuat Soal Online dengan Form Builder

Cara membuat soal online berikutnya bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan form builder Jetform. Di website ini Anda bisa membuat form online seperti halnya Anda membuat soal online dengan Google Form.

Lihat: 10 Aplikasi Belajar Gratis Tanpa Bayar Offline & Online

Jetform merupakan salah satu form builder online yang menyediakan layanan untuk membuat berbagai macam form, termasuk form survey tentunya. Layanan mereka ada yang premium dan ada juga yang gratis.

Berikut panduan membuat soal online gratis dan mudah dengan form builder Jetform.

  • Silahkan masuk ke website Jetform
  • Kemudian Anda bisa login menggunakan akun Gmail Anda.
  • Silahkan Anda pilih versi Gratis (FREE).
  • Klik tombol Create a Form lalu pilih Start From Scratch, kemudian pilih Classic Form.
  • Dibagian kolom Heading dapat Anda ganti dengan judul soal atau tes, misalkan saja mengenai penilaian akhir bahasa Indonesia SMA.
  • Silahkan drag fitur FULL NAME atau Short Text Entry yang ada disebelah kiri, lalu simpan di bawah HEADING. Ganti First Name dengan nomor Peserta Ujian, dan Last Name dengan Nama Peserta. Anda juga bisa memilih fiture Short Text Entry lainnya dengan cara lakukan drag sesuai tempat yang Anda inginkan.
  • Drag fiture TEXT yang ada disebelah kiri, simpan di bawah FULL NAME atau Pada kolom Drag Questions, drag atau pindahan fiture Text yang ada di sebelah kiri. Selanjutnya isi kolom teks itu dengan pertanyaan dan pilihan jawaban.
  • Drag LONG TEXT ENTRY, simpan dibawah fitur TEXT (fitur ini berguna input jawaban bagi siwa).
  • Dan untuk membuat soal lainnya Anda tinggal klik ADD NEW PAGE HERE.
  • Jika sudah selesai, Anda hanya perlu mengubah SETTING sebagai tempat menyimpan Jawaban Siswa. Caranya klik pada SETTING yang ada disebelah BUILD and PUBLISH, lalu pilih EMAIL, selanjutnya klik tanda (+). Apabila tidak ada perubahan Email atau Jawaban siswa akan masuk ke Email yang Anda gunakan untuk login, klik SAVE.
  • Klik PUBLISH, copy URL soal Anda untuk Anda bagikan ke siswa (DIRECT LINK OF YOUR FORM). Bisa juga memilih embed untuk diselipkan di situs web.

Demikianlah tutorial membuat soal online dengan form builder Jetform. Untuk mempersingkat waktu, saya memang tidak menyertakan gambar mengingat panduan semacam ini membutuhkan banyak gambar. Namun, jika Anda mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, Anda tidak akan menemui kesulitan.

Simak juga: Paket Internet Termurah

Penutup


Membuat soal online di HP atau komputer bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan berbagai tools online yang dapat digunakan secara gratis. Selain Google Drive atau Google Form dan Jetform, sebenarnya masih banyak tools sejenis lainnya yang juga menawarkan kemudahan yang sama.


Next Post Previous Post