Cara Mempercepat Mozilla Firefox - Garansi Lebih Cepat



Mozilla Firefox merupakan salah satu web browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer dan perangkat mobile. Firefox menawarkan sederet kelebihan sehingga tidak mengherankan jika browser ini menjadi pilihan utama sebagian user PC dan smartphone. Namun, terkadang Firefox sangat lambat dan diperlukan upaya untuk mempercepat Firefox agar tetap optimal dari sisi pemuatan.

Loading Firefox lambat bisa dipicu berbagai hal, termasuk adanya pemasangan add-on atau ekstensi browser yang memeberatkan, versi sudah usang, atau bisa juga karena masalah infeksi virus pada komputer. Namun, biasanya penyebab Firefox lambat adalah dikarenakan pengaruh ekstensi atau add-on tertentu yang terpasang di browser ini.

Cara Mempercepat Mozilla Firefox 100x Lebih Cepat


Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mempercepat Mozilla Firefox. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar bisa mempercepat loading Firefox hingga memiliki kecepatan waktu muat yang optimal.

1. Reset Add-on Firefox dan Pengaturan


Jika Anda mengalami masalah loading lambat dengan Firefox, melakukan refresh dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Menyegarkan Firefox dapat memperbaiki banyak masalah dengan mengembalikan Firefox ke keadaan semula, sambil menyimpan informasi penting Anda seperti bookmark, kata sandi, dan tab terbuka.

Baca:


Catatan: Refresh Firefox akan menghapus add-on dan pengaturan lainnya, seperti ekstensi, data ekstensi, serta konfigurasi preferensi. Jika sebelumnya Anda telah membuat penyesuaian aksesibilitas ke Firefox, selanjutnya Anda perlu menambahkannya kembali setelah melakukan refresh. Sebelum melakukan refresh, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Firefox Safe Mode terlebih dahulu untuk memecahkan masalah loading lambat atau masalah lainnya.

Cara Refresh Firefox


  1. Silahkan klik tombol Refresh Firefox ini secara langsung, jika Anda melihat halaman ini di Firefox. Harap dicatat, ini tidak akan berfungsi jika Anda menggunakan browser atau perangkat seluler yang berbeda.
  2. Anda juga dapat menemukan tombol Refresh Firefox di bagian atas Firefox - Tentang: mendukung halaman Informasi Pemecahan Masalah.
  3. Untuk melanjutkan, klik Refresh Firefox di jendela konfirmasi yang terbuka.
  4. Firefox akan menutup untuk refresh. Setelah selesai, sebuah jendela akan mencantumkan informasi yang Anda impor. Klik Finish dan Firefox akan terbuka.

Apa terjadi setelah melakukan Refresh?


Firefox menyimpan semua pengaturan dan informasi pribadi Anda di folder Profil. Fitur refresh membuat folder profil baru dan menyimpan data penting Anda.


Baca juga:


Fitur refresh menghapus add-on yang biasanya disimpan di dalam folder profil Firefox (seperti ekstensi dan tema ). Pengaya yang disimpan di lokasi lain tidak dihapus (meskipun preferensi yang dimodifikasi diatur ulang).

Firefox akan menyimpan hal-hal berikut ini:

  1. Bookmark
  2. Menjelajah dan mengunduh riwayat
  3. Kata sandi
  4. Buka jendela dan tab
  5. Kue
  6. Formulir informasi pengisian-otomatis web
  7. Kamus pribadi

Dan item serta pengaturan berikut ini akan dihapus:

  1. Ekstensi dan tema
  2. Izin situs web
  3. Preferensi yang dimodifikasi
  4. Mesin pencari ditambahkan
  5. Penyimpanan DOM
  6. Sertifikat keamanan dan pengaturan perangkat
  7. Tindakan unduhan
  8. Kustomisasi bilah alat
  9. Gaya pengguna (subfolder krom yang berisi userChrome dan / atau file CSS userContent , jika dibuat sebelumnya.) 


Catatan: Refresh akan menempatkan profil Firefox lama Anda di desktop di folder bernama "Data Firefox Lama". Jika Anda tetap menjumpai masalah loading lambat ataupun masalah yang lainnya, Anda dapat mengembalikan sebagian informasi yang hilang dengan menyalin file ke profil yang baru dibuat . Jika Anda tidak lagi memerlukan folder ini, hapus folder tersebut karena mengandung informasi yang sensitif.

2. Update Mozilla Firefox


Cara berikutnya untuk mempercepat Mozillan Firefox 100x lebih cepat yakni dengan meng-update versi Firefox yang telah usang. Ini merupakan salah satu opsi yang direkomendasikan oleh pihak Mozilla sendiri ketika user mendapati browser yang mereka gunakan terkesan lambat.

Cara Update Firefox


Secara default, Firefox sebenarnya akan melakukan updates secara otomatis. Namun demikian, Anda juga bisa melakukan update secara manual jika memang diperlukan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melakukan update Firefox secara manual:

  1. Silahkan klik tombol menu, lalu klik tombol About Firefox / Tentang Firefox.
  2. Kemudian jendela Tentang Mozilla Firefox akan terbuka. Selanjutnya Firefox akan melakukan update dan mengunduh file update secara otomatis.
    Cara Mempercepat Mozilla Firefox
  3. Jika unduhan telah selesai, silahkan restart Firefox untuk melakukan update.
    Cara Mempercepat Mozilla Firefox 100x Lebih Cepat
  4. Selamat menggunakan Firefox versi terbaru dengan kecepatan yang lebih baik tentunya.

Catatan: Jika pembaruan tidak dimulai, tidak selesai atau ada masalah lain, Anda bisa masuk ke halaman Sistem & Bahasa untuk mengunduh dan menginstal versi terbaru Firefox untuk sistem dan bahasa Anda.

3. Gunakan Ekstensi Untuk Meningkatkan Speed


Nah cara berikutnya untuk mempercepat Firefox 100x lebih cepat adalah dengan memasang ekstensi untuk meningkatkan loading Firefox. Beberapa ekstensi speed Firefox yang bisa Anda coba diantaranya adalah berikut ini.

  • Faster Pageload - Muat laman web lebih cepat dengan preloading laman berikutnya melalui skrip instant.page dan lazy load gambar. Dengan memasang ekstensi ini Anda akan merasakan bagaimana browser yang Anda gunakan menjadi lebih cepat.
    Cara Mempercepat Mozilla Firefox dengan Faster Pageload
  • Speed Tweaks - Speed Tweaks adalah add-on yang membantu Anda mempercepat Firefox dengan menggunakan tujuh tweak yang berbeda. Cukup buka UI popup bilah alat dan tandai item yang diinginkan.
    Cara Mempercepat Mozilla Firefox dengan Speed Tweaks
  • Speed Page - Ekstensi ini mengukur kinerja halaman untuk perangkat seluler dan perangkat desktop. Mengambil url dua kali, sekali dengan agen pengguna seluler, dan sekali dengan agen pengguna desktop.
    Cara Mempercepat Mozilla Firefox dengan Speed Page
  • Yang lainnya bisa di cari di halaman addons.mozilla.org


Demikianlah beberapa cara mempercepat Mozilla Firefox hingga 100 kali lebih cepat. Dan dari beberapa cara yang dijelaskan diatas, saya menyarankan Anda untuk melakukan Refresh jika memang sering bermasalah di kecepatan Firefox saat Anda menggunakannya.

Simak juga: Foto wanita cantik berhijab syari

Sebagai tambahan, selain menggunakan metode diatas, sebenarnya Anda juga bisa mempercepat browsing Firefox melalu menu about config.


Next Post Previous Post